OUR NETWORK

Kiprah Manchester United Melawan Klub Asal Jerman

Setelah lima tahun akhirnya Manchester United kembali bertemu dengan kesebelasan asal Jerman. Tengah pekan nanti, Setan Merah akan memainkan laga kandang pertamanya di Eropa musim ini dengan melawan RB Leipzig. Laga ini akan sangat menarik mengingat kedua kesebelasan sama-sama meraih kemenangan pada pertandingan pertamanya.

Ole menjadi manajer kedua pada era setelah Sir Alex Ferguson yang melawan klub Jerman. Louis van Gaal adalah yang terakhir ketika United bermain melawan Wolfsburg pada fase grup Liga Champions 2015/2016. Jerman menjadi tim ketiga setelah Spanyol dan Italia yang paling sering dilawan United pada kompetisi Eropa yaitu 33 kali dan RB Leipzig akan menjadi klub ketujuh yang mereka lawan.

Berikut rekam jejak Setan Merah ketika menghadapi negara pemenang Piala Dunia enam tahun lalu.

Borussia Dortmund

Pemenang Liga Champions 1997 ini merupakan tim Jerman pertama yang dilawan United pada ajang Eropa. United memiliki catatan bagus dengan meraih tiga kemenangan dan satu kali imbang dari enam pertemuan melawan mereka. Akan tetapi, catatan tidak terkalahkan itu terjadi saat Setan Merah masih dilatih Matt Busby. United menang agregat 3-2 pada babak pertama Piala Champions 1956/1957 dan 10-1 pada babak kedua Piala Fairs 1964/1965.

Dua kekalahan yang didapat United terjadi di era Sir Alex Ferguson pada semifinal Liga Champions 1996/1997. Ambisi ke final Liga Champions sejak 1968 musnah setelah dalam dua pertemuan, mereka kalah dengan skor identik 1-0. Pada leg pertama, United punya banyak peluang sebenarnya namun kecolongan melalui gol Rene Tretschok. Pada leg kedua, giliran Lars Riccken yang membuat Old Trafford senyap. Dortmund sendiri menjadi juara Liga Champions pada akhir musim sekaligus menjadi tim Eropa terakhir yang dilawan oleh Eric Cantona.

Bayer Leverkusen

Sama seperti Dortmund, United juga sudah enam kali bertemu dengan Bayer Leverkusen. Mantan klub Dimitar Berbatov ini menjadi klub Jerman yang paling sering mereka kalahkan yaitu empat kali. Meski begitu, dua pertemuan awal United dengan mereka berakhir mengenaskan. Semifinal Liga Champions 2002, United kalah agregat gol tandang 3-3 karena hasil imbang 2-2 di Old Trafford. Dua kali United unggul, dua kali pula disamakan. Leverkusen melaju ke semifinal namun kalah oleh Real Madrid yang membuat mereka meraih treble runner-up pada akhir musim.

Sejak saat itu, United tidak pernah lagi kesulitan melawan mereka. Setan Merah dua kali menang pada fase grup musim berikutnya dengan skor 2-1 dan 2-0. Lalu pada 2013-2014, United menang 4-2 dan 5-0 di Bay Arena. Kemenangan terakhir menjadi kemenangan terbesar United pada era kepelatihan David Moyes.

Schalke 04

Inilah satu-satunya kesebelasan dimana rasio kemenangan United mencapai 100 persen. Maklum saja karena United baru bermain dua kali melawan mereka dan dua-duanya sukses dilewati United dengan kemenangan.

Semifinal Liga Champions 2010/2011 menjadi ajang pertemuan mereka. Bermain di Gelsenkirchen, United menang 2-0 melalui gol Wayne Rooney dan Ryan Giggs. Modal bagus di  laga tandang membuat Ferguson menurunkan pemain pelapisnya pada leg kedua. Meski begitu, United masih menang telak dengan skor 4-1 dengan Anderson membuat dua gol. Pertandingan ini juga menjadi ajang show seorang Manuel Neuer yang kemudian hijrah ke Bayern Munich semusim kemudian.

VFB Stuttgart

Sama seperti Schalke, United hanya dua kali melawan Stuttgart. Kejadiannya pada fase grup Liga Champions 2003/2004. United kalah 2-1 pada pertemuan pertama di Jerman yang menjadi satu-satunya kekalahan mereka pada fase grup. United kemudian membalasnya dengan kemenagan 2-0 pada matchday terakhir. Kedua tim ini sama-sama lolos sebagai juara dan runner-up grup dan sama-sama kalah pada babak 16 besar.

VFL Wolfsburg

Kiprah Wolfsburg pertama kali di Liga Champions langsung dipertemukan dengan Setan Merah pada fase grup musim 2009/2010. Meski tidak diunggulkan namun mereka memberi perlawanan sengit dan selalu unggul terlebih dahulu sebelum United membalikkan keadaan. Wolfburg juga menjadi satu-satunya tim yang bisa dijebol tiga kali oleh Michael Owen.

Dua pertemuan terakhir terjadi di era kepelatihan Louis van Gaal. Mereka menang 2-1 pada pertemuan pertama di Old Trafford yang diwarnai asis ciamik Juan Mata untuk gol Chris Smalling. Namun pada pertemuan di Jerman, mereka kalah 3-2 yang membuat United gagal lolos dari fase grup Liga Champions untuk pertama kali sejak 2005.

Bayern Munich

Inilah kesebelasan Jerman yang paling sering dilawan Manchester United. Tercatat sudah 11 kali keduanya bertemu sepanjang sejarah. Meski United hanya dua kali meraih kemenangan, namun catatan lima imbang menandakan kalau kedua kesebelasan sama-sama sulit untuk dikalahkan. Pertemuan terakhir terjadi pada perempat final musim 2013/2014. Setelah imbang 1-1 di Old Trafford, United punya kesempatan untuk membuat sejarah bersama David Moyes karena sempat unggul 1-0 selama beberapa menit. Sayangnya, United kena comeback dan justru kalah 3-1.

Meski hanya meraih dua kemenangan, namun satu kemenangan yang diraih terasa sangat spesial karena terjadi pada final Liga Champions 1998/1999. Kemenangan yang membawa United meraih trofi Liga Champions keduanya.

Note: Satu kesebelasan Jerman lainnya yang pernah dihadapi United adalah Vorwarts Berlin. Tim ini menjadi satu-satunya tim asal Jerman Timur yang pernah mereka lawan. United memenangi dua pertemuan pada babak pertama Piala Champions 1965/1966 dengan agregat 5-1. David Herd mencetak hat-trick pada leg kedua pertandingan tersebut.

Comments

Loading...