OUR NETWORK

Mereka Yang Pergi Lalu Kembali

Sebelum menuntaskan pembelian Jadon Sancho, Manchester United lebih dulu mendapatkan pemain anyar untuk memperkuat skuadnya musim depan. Dia adalah Tom Heaton. 11 tahun sejak kepergiannya secara permanen, Tom memutuskan untuk kembali memperkuat Setan Merah. Ia dikontrak selama dua tahun hingga 2023 nanti dan mendapat opsi perpanjangan satu tahun.

Melihat kontraknya yang cukup panjang, besar kemungkinan dia akan dilibatkan dalam beberapa pertandingan. Bisa jadi ajang-ajang seperti Piala Liga atau ketika United bermain melawan tim di divisi yang berbeda menjadi panggung bagi Tom. Bahkan ia juga bisa menjadi kiper kedua seandainya David De Gea dijual mengingat Ole Gunnar Solskjaer tampaknya akan menjadikan Dean Henderson sebagai kiper utama.

Tom sendiri menjadi pemain keenam yang kembali ke Manchester United setelah sebelumnya meninggalkan klub tersebut. Dari enam pemain ini, beberapa diantaranya ada yang memiliki karier cukup baik namun ada juga yang pengaruhnya tidak terlihat sama sekali di dalam klub.

LES SEALEY

Mendiang Les Sealey direkrut oleh United dengan status pinjaman dari Luton Town pada 1990. Ia menjadi sosok vital bagi United yang sedang mencari pijakan untuk kembali sukses. Ia menjadi pilihan utama Sir Alex ketika United menjadi juara Piala FA 1990 dan Piala Winners 1991.

Masalah kontrak kemudian membuatnya hengkang ke Aston Villa setelah menjadi pahlawan United. Les berharap United mau memberinya kontrak dua tahun, namun manajemen hanya sanggup memberikan kontrak satu tahun. Inilah yang membuat ia kemudian hijrah ke aston Villa.

Dua tahun setelahnya, Les memutuskan kembali ke United. Akan tetapi, nasibnya kini berbeda. Ia tidak lagi menjadi pilihan utama di bawah mistar karena saat itu Peter Schmeichel sudah mengambil alih tugasnya untuk mengawal jala United. Dalam periode keduanya, ia hanya bermain dua kali bersama United.

MARK BOSNICH

Masih dari bawah mistar United. Kali ini ada nama Mark Bosnich. Penjaga gawang Australia ini sebenarnya sudah menjadi pemain United pada 1990 namun statusnya non kontrak. Ia kemudian tidak terpilih untuk menjadi kiper utama dan berkarier untuk klub Premier League lain, Aston Villa.

Sukses di Villa membuat United merekrutnya kembali pada 1999 untuk mengisi kekosongan posisi selepas hengkangnya Peter Schmeichel. Ia langsung menjadi kiper utama saat United menjadi juara liga pada 1999/2000.

Namun karier Bosnich terbilang singkat. Kedatangan Fabien Barthez membuat ia kehilangan tempat utama. Seakan nasib buruk belum mau pergi, ia juga kehilangan statusnya sebagai kiper utama timnas Australia karena kehadiran Mark Schwarzer.

MARK HUGHES

Setelah membuat 47 gol dalam 121 penampilan, Mark Hughes secara mengejutkan pindah dari United menuju Barcelona. Ia terpikat oleh Barcelona dan sosok Terry Venables di sana. Akan tetapi, kepindahannya tidak berjalan mulus. Ia gagal bersinar dan sempat dipinjamkan ke Bayern Munich.

United yang melihat situasi tersebut memanfaatkannya untuk kembali merekrut Hughes pada 1988. Perjudian mereka berhasil karena Hughes kembali tajam layaknya sebelum ia pindah ke Barcelona. Menurut Sir Alex Ferguson, kepindahan Hughes ke Barcelona adalah hadiah terbesar bagi para penggemar United.

PAUL SCHOLES

Satu lagi legenda klub yang kembali. Pada musim 2010/2011 Paul Scholes memutuskan untuk pensiun setelah menderita kekalahan dari Barcelona pada final Liga Champions. Tidak ada yang menyangka kalau kurang dari setahun sejak ia gantung sepatu, Scholes memutuskan kembali bersama Setan Merah.

Derby Manchester pada Piala FA 2011/2012 menjadi awal dari comeback Scholes ke lapangan hijau. Ia kemudian dipertahankan satu musim lagi dan kembali menjadi juara liga. Meski begitu, permainan dan kebugaran Scholes pada periode keduanya sudah berbeda dibanding 10 tahun sebelumnya.

PAUL POGBA

Sulit untuk tidak melupakan transfer ini karena United sampai harus memecahkan rekor transfer klub dan juga rekor dunia. Sukses bersama Juventus, membuat United tergiur untuk membawa pulang kembali Paul Pogba ke Old Trafford. Datang sebagai pemain hebat di dunia, Pogba mengisi lini tengah United selama lima musim dan telah mempersembahkan tiga gelar juara. Sayangnya, karier Pogba di periode keduanya di Manchester lebih banyak diisi pemberitaan negatif.

***

Sebenarnya ada dua nama lagi pemain yang sempat pergi sebelum akhirnya kembali ke United. Namun, dua pemain ini tidak hengkang ke klub lain melainkan vakum sementara. Yang pertama ada Zlatan Ibrahimovic. Cedera yang ia terima saat melawan Anderlecht pada 2017 membuat United ragu apakah mereka harus memberinya perpanjangan kontrak atau tidak mengingat Zlatan hanya dikontrak setahun.

United pada akhirnya memberi kontrak baru kepada Zlatan jelang musim 2017/2018 dimulai. Meski begitu penampilannya sudah tidak selincah seperti sebelum ia mengalami cedera.

Satu pemain lain adalah George Best. Penggawa legendaris ini sempat memutuskan untuk berhenti bermain pada 1972 sebelum akhirnya dia kembali turun bermain pada musim gugur 1973.

 

Comments

Loading...