Foto: At The Races

Siapa yang sangka ternyata Sir Alex Ferguson sampai saat ini masih mendapatkan penghasilan dengan jumlah yang lumayan besar. Mungkin ia memang sudah pensiun dari dunia manajer sepakbola sejak tahun 2013. Tapi beberapa media mengungkap bahwa mantan bos Manchester United itu masih memperoleh 235.000 paun per minggu.

Pria asal Skotlandia itu sekarang berusia 80 tahun. Ia sudah banyak menikmati asam garam dunia manajer selama 26 tahun yang sarat trofi di Old Trafford. Setelah kariernya sebagai manajer itu berhenti, ia diangkat sebagai duta klub di United. Dan ternyata itulah pekerjaan yang masih membuatnya menerima penghasilan. Setidaknya 2 juta paun dalam 20 hari kerja per tahun.

Media The Sun bahkan menuturkan, bahwa penghasilan yang diterima oleh Sir Alex Ferguson ini kebanyakan langsung diinvestasikan. Sehingga jumlah uang dari total pendapatannya sekarang terbilang dapat menyaingi jumlah pendapatan pemain top dari Premier League.

Kabarnya jumlah pendapatan Ferguson menginjak sampai angka 12,2 juta paun di tahun lalu. Dengan nilai keseluruhan aset pribadinya naik menjadi sebesar kurang lebih 40 juta paun. Menurut angka terbaru dari perusahaannya yakni ACF Sports Promotions, asetnya sekarang juga naik dari 17,5 juta paun menjadi 26 juta paun pada 2021.

Selain total asetnya yang bernilai 39,2 juta paun di perusahaan yang terdaftar di Companies House itu, Fergie juga telah menikmati kesuksesan besar dari karya buku otobiografinya. Buku yang berjudul “Alex Ferguson: My Autobiography” merupakan sebuah buku yang telah terjual jutaan kopi di seluruh dunia sejak dirilis pada tahun 2013.

My Autobiography sendiri adalah otobiografi resmi kedua dari Sir Alex Ferguson, yang mencakup periode dari tahun 2000 hingga 2013. Di buku itu, ia berbicara tentang banyak hal selama kariernya. Termasuk soal hubungannya dengan Cristiano Ronaldo, lalu mantan anak asuhnya yang lain seperti David Beckham, Ryan Giggs, dan Roy Keane.

Salah satu yang lumayan ikonik dari buku ini adalah cerita tentang bagaimana Sir Alex Ferguson sangat berambisi untuk menghentikan Lionel Messi di Liga Champions. Fergie merasa Manchester United sangat sering dibuat kesusahan jika bertemu Barcelona karena ada La Pulga di sana.

“Anda membutuhkan bek tengah yang siap untuk turun tepat di atas Messi dan tidak khawatir tentang apa yang terjadi di belakang mereka. Dengan begitu dia (Messi) akan menjauh ke samping. Tidak apa-apa. Dia kurang menjadi ancaman di sisi sana daripada ketika dia datang dari sisi tengah,” tulis Fergie di buku otobiografinya.

“Setelah merencanakan rencana seperti ini, saya berkata pada diri sendiri: ‘Ketika United bermain melawan Barcelona di final Liga Champions, saya harus melakukannya. Saya harus menaruh Jones dan Smalling, atau Smalling dan Evans, tepat di atas Messi. Saya tidak akan membiarkan dia (Messi) menyiksa tim kami lagi’.”

Tidak cukup berhenti sampai di situ, The Sun juga mengklaim bahwa Sir Alex Ferguson mendapatkan tambahan pendapatan lain sebesar 100.000 paun per tahun dari training motivasi. Maka bisa dibilang Fergie adalah manajer pensiunan yang cukup kaya. Bahkan sekelas pemain pun jumlah pendapatannya ada yang tidak bisa menyamainnya.