OUR NETWORK

Cara Glazer Menekan Kritik

Co-chairman Manchester United, Joel Glazer, berjanji untuk terus mendukung Ole Gunnar Solskjaer di bursa transfer musim panas ini. Janji ini diucapkan Joel dalam forum suporter pada Jumat (4/6) kemarin.

Ini merupakan penampilan pertama Joel sepanjang 16 tahun rezim Glazer di Manchester United. Selain dukungan buat Ole, Joel juga menjanjikan investasi yang signifikan dalam peningkatan fasilitas di Old Trafford serta di Carrington.

Momen ini juga jadi ajang buat Joel untuk berkomunikasi dengan suporter United soal apa yang terjadi pada pembentukan European Super League. Soalnya, Joel dianggap sebagai pendiri ESL yang kemudian menghadirkan gelombang protes besar dari para penggemar.

Dalam diskusi itu juga ia mengusulkan untuk meningkatkan dialog dengan para penggemar.

“Tujuan kami adalah untuk memenangi setiap kompetisi yang kami ikuti dan kami akan berlanjut untuk berinvestasi pada akademi dan di bursa transfer untuk membantu manajer dalam upaya memenuhi tujuan klub,” kata Joel.

Menurut Joel, pihaknya telah menghabiskan banyak waktu dan sumber daya selama beberapa tahun terakhir, untuk mengembangkan jaringan socuting United secara global. Tujuannya adalah beradaptasi dengan lingkungan sepakbola modern. Hal ini pula yang disebut Joel sebagai fondasi kesuksesan jangka panjang di masa depan.

“Sebagai tambahan, seperti kalian semua tahu, kami juga fokus pada penumbuhandan pengembangan kesebelasan perempuan sejalan dengan tradisi dan nilai klub, dan kami berkomitmen untuk melanjutkan proses itu,” kata Joel.

Soal investasi di stadion, Joel menyebut kalau pihaknya telah menghabiskan lebih dari 100 juta paun selama 10 tahun terakhir untuk proyek infrastruktur.

“Kini, kami tengah mempercepat proses perencanaan dengan lebih banyak investasi yang signifikan dan peningkatan stadion. Yakinlah, kami akan berkonsultasi dengan para suporter selama proses ini agar berakhir dengan hasil yang bisa kita banggakan.”

“Hal yang sama juga berlaku buat tempat latihan kita. Perencanaan awal sudah dibuat dan akan ada dana signifikan yang tersedia untuk meningkatkan fasilitas kami dan memastikan akan berstandar dunia.”

Usulan untuk memperkuat kehadiran serta peran penggemar di United juga digaris bawahi. Ada beberapa poin yang akan dilakukan, yakni,

(1) Pembentukan Fan Advisory Board untuk berkonsultasi dengan pimpinan senior klubserta pemilik dalam menambah kekuatan forum penggemar.

(2) Dewan klub akan diisi perwakilan dari forum dan kelompuk utama suporter untuk memastikan pandangan suporter dimasukkan dalam proses pengambilan keputusan klub.

(3) United menginisiasi dialog langsung dengan MUST dengan tujuan mengidentifikasi Fan Share Scheme yang saling menguntungkan yang melibatkan kelas saham baru, yang masing-masing akan memiliki haksuara yang sama dengan saham yang dimiliki Keluarga Glazers. Ini akan membangun landasan buat suporter untuk membangun kepemilikan saham dengan menciptakan gairah dalam kemitraan baru dengan United.

Soal prestasi di atas lapangan juga dibicarakan. Joel ingin United selalu meraih kesuksesan dan mengangkat trofi. Namun, untuk mencapainya diperlukan investasi yang signifikan.

“Pertumbuhan komersial di klub telah membantu mendapatkan pemasukan yang pada akhirnya, menopang investasi itu secara berkelanjutan.”

Pendekatan ini yang disebut Glazer, membuat United hampir selalu ada di peringkat teratas sebagai klub dengan biaya transfer tertinggi, dengan gaji tertinggi pula. Karena keberhasilan komersial ini pun, United bisa menjaga harga tiket lebih terjangkau buat semua penggemar.

“Dan kami tidak menaikkan harga tiket musiman selama lebih dari 10 tahun. Ini adalah wilayah di mana kami sebagai klub, amatlah bangga,” tutup Glazer.

Cukup memuaskan, kah?

Comments

Loading...