OUR NETWORK

Pada Akhirnya, Saul Niguez Tidak Pergi ke Mana-mana

Klub baru Saul Niguez akhirnya diumumkan. Pada Rabu (3/6) sore WIB, klub baru penggawa asal Spanyol tersebut adalah Costa City.

‘Lho! Kok klubnya itu? Bukannya Saul pindah ke Manchester United?’

Ya, jika Anda merasa tertipu dan kena prank oleh Saul ya selamat. Toh, pada akhirnya Saul sendiri tidak akan kemana-mana dan masih menjadi penggawa Atletico Madrid.

***

Segalanya dimulai pada 31 Mei lalu. Dengan cara yang tiba-tiba, Saul berkata bahwa dia akan mengumumkan klub baru dalam tiga hari ke depan. Hal ini dia unggah dalam akun Twitter pribadinya.

Sontak, media sosial geger dengan kabar tersebut. Selama tiga hari, orang-orang dibuat bertanya-tanya apa maksud dari pemain yang pernah menimba ilmu bersama Real Madrid. Ketika hari pengumuman tiba, klub tersebut ternyata Costa City. Nama yang mungkin tidak sesuai harapan orang-orang yang sudah mengikuti berita tersebut.

Costa City sendiri memang menjadi klub baru Saul. Akan tetapi, Saul bukan menjadi pemain di sana. Costa City adalah project akademi yang dibuat oleh Saul dan saudaranya, Aaron. Klub ini berbasis di Elche yang merupakan kota asal Saul dan Aaron. Selain membentuk akademi, Saul juga menggandeng Nike untuk menjadi sponsor akademinya tersebut.

“Kami tahu betapa senangnya Anda, dan ketika segala sesuatunya dilakukan dengan gembira maka semuanya berjalan dengan baik. Semoga sukses dengan petualangan barumu,” kata Atletico Madrid yang memberikan ucapan selamat atas karier baru Saul yang kini mulai merambah sebagai pemilik akademi sepakbola.

Nantinya Costa City akan bermain di liga lokal Valencia. Saul juga menjelaskan kalau akademinya tersebut akan berisi 30 tim berbeda dan akan diisi oleh 500 pemain dari semua kategori umur dalam rentang 4 sampai usia 18 tahun.

“Kami sudah mengembangkan proyek ini dalam sekian tahun. Saya sangat bahagia dapat memperkenalkan dan membuatnya menjadi pengumuman resmi pada hari ini,: kata Saul.

Trik Pemasaran yang Bagus

Pengumuman munculnya Costa City tidak hanya menjadi jawaban kalau Saul akan menjalani peran baru selain sebagai pemain sepakbola. Pengumuman ini juga menjadi jawaban atas spekulasi yang muncul dalam tiga hari sejak pengumuman tersebut dibuat.

Ketika Saul mengumumkan adanya ‘klub baru’, media-media langsung mengaitkan dengan berita kalau dia akan pindah dari Atletico Madrid. Beberapa klub seperti PSG, Chelsea, Arsenal, dan Bayern Munich digosipkan memiliki rencana untuk merekrut Saul.

Oh iya, ada satu klub lagi yang dikait-kaitkan dengan Saul. Klub itu sudah pasti Manchester United.

Setan Merah menjadi klub yang paling santer diberitakan akan membeli Saul. Rumor ini bahkan sudah muncul sejak beberapa tahun lalu. Dan ketika pengumuman tersebut dibuat, sudah banyak yang ngarep kalau Saul akan hijrah ke United.

Keadaan semakin panas ketika Rio Ferdinand menanggapi pengumuman Saul tersebut dengan memberi emoji mata melirik. Tanggapan ini jelas membuat penggemar United menjadi semakin heboh karena emoji ini pernah digunakan Ferdinand ketika United sedang dikait-kaitkan dengan Bruno Fernandes. Mengingat Bruno pada akhirnya direkrut oleh United, maka penggemar United pasti memiliki harapan yang sama.

Tingkat ke-baper-an semakin tinggi ketika melihat Saul mengikuti banyak akun Instagram penggawa Manchester United termasuk akun Instagram Manchester United-nya sendiri. Ditambah dengan background dalam pengumuman tersebut yang dianggap mirip seperti stadion Old Trafford meski jika diteliti secara detail, stadion yang digunakan tampak tidak memiliki kemiripan dengan kandang Manchester United tersebut.

Beberapa jurnalis seperti Fabrizio Romano atau Tyrone Marshall dari Manchester Evening News sudah memberi tahu kalau pengumuman yang akan diberikan oleh Saul tidak ada kaitannya dengan masa depannya sebagai pemain. Akan tetapi, masih ada pula penggemar United yang merasa yakin kalau Saul akan mengumumkan United sebagai klub barunya.

“Masih banyak pertanyaan tentang jendela transfer yang belum jelas kapan akan dibuka dan kapan akan berakhir. Begitu juga dengan kemampuan finansial klub pada masa-masa seperti. Selain itu, tidak mungkin pemain yang masih punya kontrak enam tahun bisa menentukan masa depannya sendiri di media sosial,” kata Tyrone.

Ya, benar apa yang dikatakan oleh Tyrone. Hingga saat ini belum diketahui pasti kapan jendela transfer musim panas akan dibuka. Saul juga masih punya kontrak hingga 2026. Harga Saul sendiri berada pada kisaran 130 hingga 150 juta Euro. Sekaya-kayanya United tampaknya sulit berharap Ed Woodward mau membuang uangnya di tengah pandemi seperti ini.

Misteri kini sudah terpecahkan. Pada akhirnya, ini semua hanya trik promosi yang bagus dari seorang Saul Niguez. Memanfaatkan isu yang selalu menyebut kalau dirinya akan pindah, sebuah ‘clickbait’ langsung ia luncurkan agar orang-orang terus memperhatikan dia selama tiga hari sebelum mendapat jawaban kalau klub barunya itu hanya klub akademi.

Trik yang membuahkan hasil. Setelah pengumuman dibuat, media sosial kembali banjir pemberitaan kalau ternyata klub baru itu hanya klub akademi hasil proyek dia dengan saudaranya. Secara tidak langsung, orang-orang sudah mengenal Costa City sebagai klub yang sempat membuat heboh mereka kalau Saul akan pindah dalam waktu dekat.

Pada akhirnya, pemain bernama lengkap Saul Niguez Esclapez tampaknya akan tetap bersama Atletico. Paling tidak, sampai ada klub yang benar-benar membelinya sesuai harga yang diinginkan pihak Los Rojiblancos.

Saul tidak sedang nge-prank, penggemar United-nya saja yang baperan.

Comments

Loading...