OUR NETWORK

Visi Nicky Butt dalam Masa Depan Pemain Akademi Manchester United

Dibandingkan tim senior, kesebelasan Manchester United U-19 tampil begitu mengagumkan sejak awal musim 2018/2019 dimulai. Mereka untuk sementara berada di urutan keempat dan masih memiliki peluang untuk menjadi juara Liga Primer U-18 zona utara. Selain itu, mereka juga memastikan lolos ke fase gugur Uefa Youth League dengan menjadi juara grup dan belum terkalahkan.

Yang terbaru, Mason Greenwood dan kawan-kawan menyingkirkan Chelsea pada babak ketiga FA Youth Cup. The Blues merupakan pemenang kompetisi ini secara lima kali berturut-turut. Dengan kegemilangan Mason Greenwood, Setan Merah mengalahkan Si Biru dengan skor 4-3.

Meski tampil gemilang sepanjang musim, namun apa yang ditampilkan oleh tim U-19 belum memuaskan Direktur Akademi Manchester United, Nicky Butt. Bukan tanpa alasan Butt mengungkapkan rasa tidak puasnya. Dia lebih menginginkan para pemain United untuk tidak terus-terusan bermain di tim akademi. Oleh karena itu, ia ingin meminjamkan beberapa penggawa U-19 ke klub lain pada bursa transfer Januari ini.

Dalam situs resmi klub, Butt mengungkapkan peminjaman ini bukan bermaksud untuk menutup masa depan pemain yang ingin melangkah ke tim utama. Meski berpotensi kehilangan kesempatan meraih gelar karena kehilangan pemain terbaiknya, namun Butt tidak mau ambil pusing karena tujuan utamanya adalah mencetak pemain-pemain hebat.

“Peminjaman akan memengaruhi tim ini. Tetapi jika Anda meminta penggemar United atau Ed Woodward atau pemilik dan manajer, mereka menginginkan pemain ini cepat naik ke tim utama. Itulah pekerjaan saya. Itulah tugas tim pelatih akademi. Jika bisa memenangi kompetisi, maka itu hanyalah bonus,” kata Butt.

“Apakah bagus hanya membiarkan mereka menunggu laga-laga U-19? Tidak. Jadi kami akan meminjamkan para pemain ini dengan status pinjaman untuk mengembangkan mereka sehingga mereka kembali menjadi pemain yang lebih baik dengan peluang bermain di panggung terbesar di dunia (Premier League).”

Mempromosikan pemain muda memang sudah dilakukan United sejak zaman dahulu. Akan tetapi, di era kepelatihan Ole Gunnar Solskjaer, intensitas jumlah pemain yang akan diberikan debut tim utama sebisa mungkin ingin diperbanyak ketimbang musim lalu. Sejauh ini, Angel Gomes sudah mendapat kesempatan bermain. Selain itu, beberapa pemain lain seperti James Garner, Dj Bufonge, Ro Shaun Williams, dan Mason Greenwood dalam beberapa hari terakhir sudah mulai berlatih dengan tim utama.

Selain menambah jam terbang, program peminjaman juga dilakukan untuk membuat para pemain ini tidak demam panggung ketika diberikan kesempatan bersama tim utama. “Melakukan hal yang baik di liga U-18 dan U-23 memang bagus untuk perkembangan pemain. Tapi itu kurang dari cukup.”

“Saya tidak mau ada pemain yang bermain di laga United melawan PSG, di depan 75 ribu penonton, lalu minggu berikutnya mereka kembali bermain dengan U-23. Saya ingin para pemain ini selalu siap ketika dibutuhkan tim utama. Saya tidak bilang tim U-23 tidak bisa mengembangkan pemain. Tapi saya ingin para pemain ini tidak mondar-mandir tim utama ataupun tim junior.”

Butt sendiri masih menyasar trofi Uefa Youth League sebagai target utama. Akan tetapi, hal itu tidak dianggap penting ketimbang membentuk pemainnya menjadi pemain yang lebih siap dan lebih matang untuk bersaing dengan tim utama.

“Kami tetap menyasar trofi Uefa Youth League. Akan tetapi, akan jauh lebih bermanfaat bagi kami apabila pemain kami dipinjamkan ke klub lain dan menjadi laki-laki sejati yang berdiri dengan dua kaki sendiri, lalu kembali ke klub sebagai pemain yang jauh lebih baik dibanding semua orang,” ujarnya.

Mengintip skuad asuhan Neil Ryan saat ini, ada beberapa nama yang patut untuk dipinjamkan demi menambah pengalama bertanding. Di sektor belakang ada penjaga gawang James Thompson dan Ethan Laird. Sementara di lini tengah ada nama-nama seperti James Garner, Arnau Puigmal, dan Ethan Galbraith yang cukup layak untuk bermain di level tertinggi. Untuk di lini depan, Mason Greenwood tentu menjadi pemain yang layak diburu tim-tim kelas menengah karena penampilan menjanjikannya pada musim ini.

Comments

Loading...