OUR NETWORK

Transfer-Transfer Unik Sepanjang Sejarah Manchester United

Transfer Alexis Sanchez yang melibatkan pertukaran pemain lain, terbilang jarang terjadi sepanjang sejarah klub. Biasanya, United hanya melepas pemain muda sebagai bagian dari kesepakatan dalam merekrut seorang pemain dan bukan dari pemain utama. Selain tukar guling yang jarang dilakukan United, berikut kami sajikan transfer-transfer unik sepanjang sejarah Manchester United.

Perpindahan Billy Meredith

Superstar pertama Manchester United ini pindah ke Setan Merah dengan cara yang kontroversial. Pemain berkebangsaan Wales ini hijrah dari klub lamanya Manchester City ke United saat dirinya masih berstatus diskorsing 18 bulan oleh The Citizens karena pengaturan skor. Saat hukuman skorsingnya tersisa tujuh bulan, Billy memutuskan hijrah ke United dan bermain selama 15 tahun dan memberikan lima gelar untuk Setan Merah

Albert Pape yang berkhianat

Transfer-transfer unik yang kedua adalah Albert Pape. Pemain ini mungkin menjadi yang paling unik sepanjang sejarah Setan Merah. Albert yang kala itu berstatus pemain Clapton Orient bersiap ke Old Trafford untuk bertanding melawan United di Piala FA. Akan tetapi, beberapa saat sebelum laga dimulai, ia resmi menjadi pemain anyar United dengan segala nilai dan surat kontrak yang sudah diselesaikan oleh FA. Lebih perihnya lagi, Pape langsung turun menghadapi Orient, mengenakan kaus Setan Merah, membawa United menang 4-2, dan mencetak satu gol untuk klub barunya.

Harga Hugh McLenahan setara dengan es krim

Dua tahun setelah perpindahan menarik Pape, Transfer-transfer unik nan “aneh” kembali hadir dari kubu United. Gelandang Stockport County, Hugh McLenahan hijrah ke Old Trafford dengan banderol satu lemari pendingin yang penuh dengan es krim. Diketahui bahwa United memberikan satu lemari es penuh es krim sebagai bantuan untuk Stockport yang saat itu sedang menderita krisis keuangan.

Diskon satu paun Tommy Taylor

Pada tahun 1953, Matt Busby kepincut dengan striker Barnsley Tommy Taylor. Sayangnya harga Taylor sangat tinggi yaitu 30 ribu paun. Busby pun meminta harga yang lebih ringan kepada Barnsley. Setelah negosiasi yang sangat alot di sebuah kafe, Barnsley hanya mengkorting harga Taylor sebesar 1 paun saja. Busby pun setuju dan Taylor akhirnya resmi menjadi pemain Setan Merah dengan nilai 29.999 paun. Lantas kemanakah perginya satu pounds itu? Satu Pounds itu ternyata diberikan sebagai uang tip bagi seorang pelayan yang menuangkan teh bernama Lily Wilby.

Negosiasi kilat Stan Crowther

Pemain Aston Villa Stan Crowther bersiap untuk menonton pertandingan Manchester United dari tribun. Namun di tengah perjalanan, sang pelatih Eric Houghton juga memutuskan untuk ikut bersama Stan untuk menyaksikan pertandingan United. Dalam perjalanan itulah Houghton mencoba untuk meyakinkan Stan agar pindah ke Old Trafford. Setibanya di sana, kontrak pun langsung ditekan. Stan juga langsung diturunkan United sebagai pemain dengan sepatu sepakbola yang diam-diam telah dibawa Houghton sepanjang perjalanan.

Lou Macari yang mengkhianati Liverpool

Januari 1973 Liverpool dikabarkan tertarik untuk merekrut gelandang Celtic Lou Macari. Transfer tersebut sedikit lagi rampung dengan ditandai kedatangan Macari ke Anfield sebagai tamu kehormatan Bill Shankly. Akan tetapi, asisten manager United saat itu Paddy Crerand tiba-tiba hadir persis di sebelah Macari dan membujuknya untuk membelot ke United. Akhir cerita pun berakhir bahagia bagi kubu setan merah. Macari setuju bergabung dengan kubu setan merah, mencetak 97 gol dari 404 pertandingan, serta memberikan FA Cup pada 1977.

Niat merekrut Irwin, Leeds justru ditinggal Cantona

Mungkin inilah bentuk perekrutan pemain paling sensasional di kubu United. Di bulan November 1992, chairman Leeds Bill Fotherby menelepon Martin Edwards selaku CEO United saat itu untuk membahas ketertarikan Leeds merekrut Dennis Irwin. Sir Alex yang mengetahui ketertarikan Leeds tersebut langsung memagari Irwin dengan status tidak dijual. Manager asal Skotlandia tersebut justru membalas Leeds dengan melakukan penawaran terhadap Cantona. Negosiasi pun berlangsung cukup cepat dan beberapa hari kemudian Cantona pun resmi menjadi pemain United dan membawa setan merah kembali menjadi penguasa Inggris.

***

Selain transfer yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya masih ada beberapa transfer-transfer unik yang melibatkan Manchester United. Seperti keberhasilan United mendapatkan servis Roy Keane yang sebenarnya selangkah lagi akan menuju Blackburn Rovers, atau kegagalan dari pihak United sendiri untuk menahan John Obi Mikel yang justru hijrah ke Chelsea meskipun si pemain sudah sempat diperkenalkan sebagai pemain Manchester United.

Comments