OUR NETWORK

Tentang Teori Membingungkan Para Pemain Manchester United di Mata Jose Mourinho

Belum selesai persoalan pacekliknya performa Manchester United di musim ini, masalah baru kembali datang menghampiri mereka ketika dua pemainnya, Paul Pogba dan Alexis Sanchez, dikabarkan akan hengkang di tengah masalahnya dengan Jose Mourinho.

Situasi ini muncul ketika Mourinho merasa tidak percaya dengan kedua pemain asuhnya itu. Bahkan ia menganggap bahwa mereka tidak memiliki perasaan yang sama dalam membawa United kembali ke trek positif. Di sisi lain, ketegangan antara Pogba dan Mou sendiri sebenarnya memang sudah berlangsung sepanjang musim ini. Hal ini juga yang kemudian berdampak negatif bagi sejumlah pemain lain di saat mereka sedang berjuang untuk membenahi performa United di setiap pertandingan.

Baca juga: Tidak Hanya Pogba, Seluruh Elemen Manchester United adalah Virus

Spekulasi lain lalu muncul ketika masa depan Alexis Sanchez dikabarkan telah di ujung tanduk. Ia dilabeli sebagai pemain tidak berguna setelah tampil tanpa membawa efek apa-apa ke Old Trafford sejak kedatangannya pada Januari 2018 lalu. Selain itu, ada pula Fred, yang baru memulai enam pertandingan liga, dan Eric Bailly, yang dikabarkan menjadi pemain yang bermasalah di skuat United.

Semua anggapan tersebut bukan muncul tanpa sebab. Pasalnya, semua itu diungkapkan sendiri oleh Jose Mourinho. Salah satunya adalah, dalam sebuah wawancaranya dengan ​​Hristo Stoichkov, manajer United itu pernah menyatakan bahwa para pemain Manchester United ‘tidak memiliki sesuatu’ yang bisa membawa timnya berjuang di musim ini.

Baca juga: Jose Mourinho: Para Pemain Kami Bermain Tidak Seperti Anjing Gila

Kemudian, Mourinho juga pernah sempat mengatakan hal yang ‘nyelekit’ pada September lalu, ketika ia mengklaim jika pemain United tidak memiliki kepedulian yang lebih setelah semua hasil buruk menerpa tim berjuluk Setan Merah tersebut. Ia lalu menyarankan agar para pemainnya bisa menumbuhkan rasa kepeduliannya lagi.

Maka tak heran jika Jose Mourinho sampai saat ini masih berada di dalam permasalahan yang sama dari sejak awal musim. Ia masih berkutat pada sebuah teori yang belum bisa dimengertinya sampai detik ini, yaitu teori tentang para pemain asuhnya sendiri. Dan benar saja, Mou sendiri pun mengakuinya, dan langsung angkat bicara dengan mengatakan jika ia masih tidak mengerti seperti apa cara memahami teori tentang para pemainnya itu.

“Jujur saja, saya masih tidak mengerti cara memahami teori tentang para pemain di klub ini. Karena jika Anda berpikir sebagai seorang pemain, Anda hanya memikirkan bermain ketika Anda berada di lapangan, dan ketika Anda berpikir sebagai seorang manajer, Anda harus bisa menyebut dan mengatur pemain ini atau itu, untuk melakukan hal ini atau itu, dan Anda pasti merasakan bahwa tidak semuanya bisa dimengerti,” ungkap Jose Mourinho.

“Seorang pemain sepakbola pasti dibayar, dan mereka pasti dibayar dengan sangat baik untuk menjadi seorang profesional sepakbola. Tapi mereka pun memiliki batas, dan melatih pun sama halnya dengan itu. Melatih mereka setiap hari pasti ada batasnya, dan menyuruh mereka bermain di setiap pertandingan pun ada batasnya. Itu tidak mudah.”

“Apalagi, menyuruh mereka berperilaku sosial sesuai dengan sifat pekerjaan mereka, semua itu harus dilakukan. Karena hal ini harus dilakukan untuk menghormati jutaan penggemar di seluruh dunia yang menonton mereka, dan juga dilakukan untuk menghormati hierarki di klub ini.”

Kejengahan Mourinho mungkin sudah tidak bisa tertahankan lagi. Ia juga kemudian menyindir para pemainnya dengan mengungkapkan pendapatnya soal jenis pemain yang merasa diri profesional, namun tidak jujur dengan sikapnya sendiri karena bermain buruk dengan alasan kesalahan manajer.

“Jika seorang pemain tidak melakukan hal yang seharusnya seperti bermain dengan tidak begitu baik di atas lapangan, adalah hal yang wajar ketika menjadi seorang pesepakbola profesional. Namun jika Anda mengatakan bahwa Anda seorang pemain profesional tapi bermain dengan buruk karena alasan kesalahan manajernya, Anda jelas secara langsung mengakui bahwa Anda adalah pemain yang tidak jujur,” tegas Mourinho.

***

Persoalan teori tentang para pemain Manchester United ini memang membuat Jose Mourinho kebingungan. Akan tetapi agaknya, semua persoalan ini pasti bisa diselesaikan dengan ketenangan. Pasalnya saat ini, Mourinho jelas sudah tampak ‘kelelahan’ dengan kondisinya yang sekarang. Ia perlu ‘beristirahat dan meluruskan kakinya’ sejenak dengan kepala yang dingin, agar semua masalah yang ia rasakan tidak terasa berlarut-larut.

Sumber: Manchester Evening News

Comments