in

Tentang Lukaku dan Belgia yang Mendominasi Pertarungan Gelar Premier League

Tentang Lukaku dan Belgia yang Menguasai Premier League

Kepindahan Romelu Lukaku dengan nilai transfer 75 juta paun dari Everton ke Manchester United, kian memperkuat kehadiran pemain berkebangsaan Belgia di Premier League. Kepindahan Lukaku ini bisa menjadi “modal” buat Everton untuk menggaet wakil Belgia lainnya.

Jumlah pemain Belgia yang mengejar trofi Premier League memang bisa dihitung dan nyaris tak ada yang baru, kecuali Lukaku. Pemain berusia 24 tahun itu tentu ingin mendapatkan trofi serupa seperti yang didapatkan koleganya di timnas, Eden Hazard.

Lantas, siapa saja wakil Belgia yang kini berburu gelar Premier League?

CHELSEA

Seperti kemenangan gelar Premier League di musim 2014/2015, Hazard adalah inspirasi bagi Chelsea saat Antonio Conte diangkat sebagai manajer baru, dimana kapten Belgia itu menjaringkan 16 gol dan 5 assist.

Kemudian Thibaut Courtois mengumpulkan 16 clean sheets untuk mengklaim penghargaan Golden Glove, sementara rekan senegaranya, Michy Batshuayi, dibiarkan sebagai penghangat bangku cadangan meskipun direkrut dengan harga tinggi dari Marseille.

TOTTENHAM HOTSPUR

Spurs memiliki pertahanan paling baik di Premier League musim lalu, hanya kebobolan 26 kali berkat duet pemain asal Belgia, Jan Vertonghen dan Toby Alderweireld di lini belakang. Di lini tengah, Mousa Dembele juga memberikan kontribusi cukup baik dengan segala keunggulannya.

MANCHESTER CITY

Dalam sebuah wawancara dengan L’Esportiu, Pep Guardiola bertanya-tanya bagaimana musim pertamanya bsia tanpa trofi di Stadion Etihad dan menyoroti sosok Vincent Kompany.

Kapten City itu memiliki serangkaian tampilan dominan sebagai bek tengah jelang akhir musim, di mana dia mendapatkan cedera berkelanjutan juga. Kevin De Bruyne adalah sumber konstan di lini tengah, dengan catatan gol dan assist yang sangat baik di liga. 

LIVERPOOL

Simon Mignolet mungkin memiliki tugas yang lebih sederhana dibandingkan Courtois di di tingkat internasional, tapi dia harus mengatasi tantangan dari Loris Karius untuk mendapatkan kembali kepercayaan Jurgen Klopp dan mengakhiri musim 2016/2017 sebagai kiper nomor satu Liverpool.

Di sisi lain, Divock Origi memberi manajer asal Jerman tersebut sebuah pertimbangan setelah mencetak 11 gol di semua kompetisi.

MANCHESTER UNITED

Lukaku berpotensi menjadi pahlawan di Old Trafford, bahkan jika tidak terlalu menyoroti penampilan sesama pemain Belgia, Marouane Fellaini. Periode sulit gelandang tersebut telah dilewati, terutama setelah direkrut dari Everton dengan harga tinggi.

Namun keberadaan Mourinho terlihat menjadi titik karier yang lebih baik, dan gelandang senior itu berhasil memberikan kontirbusi atas trofi Community Shield, EFL Cup dan juga Europa League musim lalu.

***

Siapakah dari deretan pemain Belgia tersebut yang akan meraih titel Premier League musim depan?

Facebook Comments
Loading...

Written by Dhe Ardian

Penulis Bayangan