OUR NETWORK

Tentang Kedekatan Ed Woodward dengan Mino Raiola

Manchester United dan Mino Raiola tampaknya tengah menjalin kerja sama intensif untuk mendatangkan sejumlah pemain. Menariknya kerjasama tersebut kerap menghasilkan harga tinggi untuk seorang pemain yang terkadang dianggap tidak sesuai dengan performa yang ditampilkan.

Setelah keduanya melakukan negosiasi untuk mendatangkan Paul Pogba ke Manchester United, yang musim lalu memecahkan rekor transfer dunia. Kini mereka telah meraih kesepakatan atas kepindahan striker asal Belgia, Romelu Lukaku.

Biaya transfer Romelu Lukaku dari Everton ke Manchester United memang masih di bawah biaya transfer Paul Pogba yang mencapai 89,3 juta pound. Namun dengan harga 75 juta pound, banyak pihak beranggapan harga Romelu Lukaku terlalu tinggi. Hal itu menjadikan Lukaku sebagai pemain dengan biaya transfer paling mahal kelima di dunia.

Kedekatan Ed Woodward dan Raiola tak hanya berhasil mendatangkan dua pemain tersebut. Setidaknya ada tiga pemain lainnya yang juga berhasil didatangkan dari hasil kerjasama keduanya yaitu Zlatan Ibrahimovic, Henrikh Mkhtaryan, dan Sergio Romero. Ini merupakan bukti bahwa keduanya benar-benar memiliki kerjasama spesial.

Mari kita bahas satu persatu klien Mino Raiola yang berhasil didatangkan ke Manchester United.

Sergio Romero

Sergio Romero direkrut Manchester United pada tahun 2015 dan menyepakatai kontrak selama tiga tahun dengan opsi perpanjangan kontrak satu tahun. Kiper berusia 30 tahun tersebut disiapkan untuk menjadi pengganti David De Gea. Hingga saat ini, Sergio Romero baru menorehkan 25 penampilan bersama Manchester United sebagai starter.

Sebenarnya hubungan Ed Woodward dan Mino Raiola sudah terjalin sejak 2013. Namun, kesepakatan pertama antara keduanya terjadi pada 2015 yakni saat penandatanganan kontrak Sergio Romero di Manchester United.

Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic menjadi salah satu klien Raiola yang didatangkan ke Manchester United selain Pogba dan Mkhitaryan musim lalu. Ibrahimovic datang ke Manchester United dengan status bebas transfer setelah kontraknya di Paris Saint Germain habis.

Musim lalu Ibrahimovic berhasil mengemas 28 gol dari 46 penampilannya bersama Manchester United, sebelum akhirnya dia harus mengakhiri musim lebih awal akibat cedera lutut.

Pada Juni lalu, Manchester United mengumumkan bahwa kontrak Zlatan Ibrahimovic tidak akan diperbaharui. Namun masih ada kemungkinan kontrak jangka pendek apabila kondisi Zlatan sudah kembali fit.

Henrikh Mkhitaryan

Mino Raiola juga menjadi orang yang berperan atas kepindahan Henrikh Mkhitaryan dari Borussia Dortmund yang memakan biaya 30 juta pound. Mkhitaryan bisa saja meninggalkan Borussia Dortmund dengan tangan hampa apabila dia menolak tawaran Manchester United saat itu. Namun CEO Dortmund, Hans-Joachim Watzke, menagatakan bahwa Mino Raiola telah bertindak benar.

Dilansir dari ESPNFC Watzke mengatakan: “Dia (Raiola) memiliki model bisnis tertentu, tapi kami tahu bahwa saat kami duduk bersamanya untuk Mkhitaryan, dia tahu apa yang anda miliki. Raiola telah berperilaku baik selama proses Mkhitaryan.”

Paul Pogba

Agen kelahiran Italia, Mino Raiola, kembali ambil peran dalam upaya Manchester United mengembalikan Paul Pogba ke Manchester United musim panas lalu. Menurut Sir Alex Ferguson, saat Pogba meninggalkan Manchester United di tahun 2012, Raiola memiliki pengaruh besar dalam keputusan tersebut.

Dalam bukunya yang berjudul “Leading”, Alex Ferguson menuliskan: “Ada satu atau dua agen sepakbola yang tidak saya sukai dan Mino Raiola, agen Paul Pogba adalah salah satunya. Kami memiliki Paul dibawah kontrak tiga tahun dan memiliki opsi perpanjangan satu tahun. Tapi Raiola tiba-tiba muncul saat itu dan pertemuan pertama kita gagal, dia dan saya bagaikan minyak dan air.”

Pada bulan Mei lalu proses transfer Paul Pogba dari Juventus ke Manchester United menimbulkan polemik setelah buku yang berjudul “Football Leaks: The Dirty Business of Football” menyebutkan bahwa Mino Raiola menerima 41 juta pound dari proses transfer Paul Pogba. Namun Manchester United sudah dinyatakan bebas oleh FIFA dan saat ini FIFA tengah melakukan investigasi terhadap Juventus.

Romelu Lukaku

Romelu Lukaku merupakan klien Mino Raiola selanjutnya yang bergabung dengan Manchester United dan menjadi klien Raiola kelima yang bergabung dengan Manchester United dalam tiga musim terakhir.

Mantan striker Chelsea tersebut memang sempat diisukan akan kembali ke Stamford Bridge saat Manchester United dikabarkan mendekati Alvaro Morata. Namun diam-diam Manchester United terus melakukan negosiasi dengan Everton setelah mendapat dorongan dari Mino Raiola yang akhirnya dicapai kesepakatan 75 juta pound untuk harga transfer Romelu Lukaku.

Dilansir dari ESPNFC, Romelu Lukaku meminta pada Mino Raiola untuk mencarikan klub yang bermain di Liga Champions dan Mino Raiola menentukan satu langkah besar dengan pindahnya Romelu Lukaku ke Manchester United.

Sumber : ESPNFC

Comments

Loading...