OUR NETWORK

Menakar Peluang Manchester United di Premier League

Manchester United kini berada di posisi kelima klasemen sementara dengan raihan 52 poin dari 27 laga. Tertinggal empat poin dari Liverpool yang berada satu pos di atas United namun dengan catatan 29 pertandingan. Lantas bagaimana peluang United di Liga Primer Inggris?

United bisa merangsek ke zona Liga Champions asalkan anak asuh Jose Mourinho mampu meraih kemenangan dalam dua laga yang ditunda akibat pertandingan EFL Cup. United bertandang ke markas Southampton pada tanggal yang belum diketahui dan bermain di Etihad Stadium melawan Manchester City pada 27 April mendatang.

Seusai kembali dari membela timnas, pemain United harus kembali fokus untuk memberikan hasil yang terbaik pada dua kompetisi yang dijalani. United akan berhadapan dengan Anderlecht di babak 16 besar Europa League yang akan dihelat pada 13 dan 20 April mendatang. Mourinho sendiri sebenarnya lebih memilih untuk fokus menjuarai Europa League ketimbang bersusah payah mengusahakan finis di empat besar liga. Tapi, terlepas dari itu, mari lihat beberapa kemungkinan yang akan terjadi di Liga Primer mendatang.

Untuk finis di peringkat empat, setidaknya dibutuhkan 72 poin di akhir musim. Angka tersebut didapat dari rataan poin yang diraih oleh peringkat empat klasmen di lima musim terakhir. Artinya, United butuh 20 poin lagi dalam 11 laga yang tersisa.

*catatan : belum termasuk pertandingan melawan Southampton yang diundur

Terlihat bahwa United harus berhadapan dengan lima tim di peringkat tujuh teratas. Pertandingan melawan Everton di Old Trafford seharusnya tidak menjadi masalah. The Toffes sendiri tak mampu meraih kemenangan dalam tiga pertandingan tandang terakhir dengan catatan dua imbang dan satu kalah. Everton juga hanya memiliki waktu tiga hari untuk istirahat setelah harus menjalani derbi Merseyside pada 1 April.

Sementara itu, empat pertandingan lainnya memang cukup sulit. Meski bermain kandang, namun menghadapi Chelsea bukanlah hal yang mudah. Setelah berganti formasi menjadi 3-4-3, Chelsea hanya menelan satu kekalahan kala bertandang ke markas Tottenham Hotspur. Tiga laga lainnya juga United harus bermain tandang yang jelas tidak mudah untuk dimenangkan.

United memiliki rekor buruk kala menghadapi tim di peringkat enam teratas di paruh pertama musim. Hanya satu kemenangan melawan Tottenham yang berhasil diraih. Anggap seburuk-buruknya United hanya mampu meraih dua poin dalam empat pertandingan besar itu. Maka United mengumpulkan lima poin dari lima pertandingan melawan peringkat tujuh teratas.

Sekarang hanya tersisa enam pertandingan melawan tim-tim yang diatas kertas berada di bawah United. Dengan lima poin yang sudah didapat ketika bertemu tim papan atas, United berarti harus mengumpulkan 15 poin lagi dari enam pertandingan. Artinya, United harus meraih lima kemenangan dari pertandingan-pertandingan tersebut.

Pada paruh pertama musim ini, United berhasil meraih lima kemenangan kala menghadapi enam tim tersebut. Hanya Burnley yang gagal ditaklukan United. Bermain di Old Trafford, United hanya mampu meraih satu poin dengan tak ada gol yang tercipta. Bukan hal yang sulit seharusnya untuk Paul Pogba dkk.

Jadi, dengan skenario yang dapat dikatakan normal itu, United seharusnya masih bisa finis di empat besar. Meski memang, hasil akhirnya sangat bergantung pada hasil-hasil dari tim lain. Namun dengan meraih enam kemenangan dan dua imbang dalam 11 pertandingan tersisa. United seharusnya bisa menduduki peringkat empat klasmen.

Comments

Loading...