OUR NETWORK

Siapa yang Layak Menggantikan Rui Faria?

Meski Jose Mourinho sudah mengangkat Michael Carrick sebagai asisten manajer per musim depan, tampaknya ia masih ingin mencari tambahan satu asisten lagi. Asisten yang baru ini akan benar-benar menggantikan Rui Faria sekaligus menjadi mentor bagi Carrick yang akan menjalani musim pertamanya menjadi bagian dari staf pelatih.

Beberapa waktu lalu, Jose sudah membocorkan identitas pengganti Faria. Meski tidak menyebut nama, tapi ia memberikan sinyal kalau asisten manajernya yang baru adalah orang yang sebelumnya sudah pernah bekerja dengan dia dan bukan berasal dari Portugal. “Orang yang datang pernah bekerja bersama saya sebelumnya tetapi saya tidak bisa menyebutkan namanya karena dia masih terikat dengan klub lain,” tuturnya.

Menarik memang untuk melihat siapa yang akan menjadi asisten baru United yang akan bekerja dengan Carrick dan Silviano Louro. Dilansir dari berbagai sumber, terdapat beberapa nama terkenal yang diprediksi akan menjadi Tangan Kanan Jose berikutnya. Berikut kami berikan nama-nama yang pantas menggantikan Faria.

Aitor Karanka

Pria kelahiran Vitoria ini pernah bekerja menjadi asisten Jose semasa di Real Madrid sejak musim 2010/2011 hingga 2012/2013. Kolaborasi keduanya ketika itu berhasil menggulingkan dominasi Barcelona pada musim 2011/2012. Hubungan keduanya berjalan sangat harmonis seperti saat Jose memberi dukungan kepada Karanka setelah dipecat Middlesbrough musim lalu.

Akan tetapi, satu hal yang menghambat kedatangan Karanka adalah statusnya yang saat ini masih sebagai manajer Nottingham Forest. Dia tentu berat untuk meninggalkan statusnya sebagai manajer utama hanya demi menjadi asisten manajer.

Giuseppe Baresi

Kakak kandung Franco Baresi ini adalah bagian dari kesuksesan Si Biru Hitam dalam rentang 2008/2009 hingga 2009/2010. Hanya dalam kurun dua musim keduanya menyumbang dua Scudetto, satu Coppa Italia, dan satu gelar Liga Champions. Akan tetapi, ada satu kendala yang membuat peluang Baresi ke United terbilang kecil yaitu kelekatannya dengan Nerazurri. Loyalitas Baresi bersama Inter sudah dimulai sejak usianya masih 14 tahun. Pada 2015 lalu ia pernah berkomentar kalau Inter adalah keluarga kedua baginya setelah keluarga intinya. Saat ini, ia masih bekerja bersama Inter sebagai pencari bakat.

Steve Holland

Kolaborasi Jose dengan Holland dimulai ketika nama pertama kembali datang ke Chelsea musim panas 2013 silam. Holland sendiri merupakan mantan manajer Chelsea Reserves sebelum diangkat sebagai asisten manajer di bawah kepemimpinan Andre Villas Boas. Kebersamaan Holland dengan Jose serta Rui membuahkan hasil berupa satu gelar Liga dan Piala Liga pada 2015. Saat ini, Holland masih menjadi asisten dari Gareth Southgate di tim nasional Inggris.

Steve Clarke

Sama seperti Holland, Clarke dan Mourinho mulai menjalin relasi saat Jose menangani Chelsea pada 2004 lalu. Akan tetapi, sama seperti Karanka, peluang Clarke untuk kembali menjadi asisten Jose terbilang kecil mengingat ia masih menangani klub Skotlandia Kilmarnock dan memberikan prestasi yang cukup bagus musim lalu.

John Terry

Cukup mengejutkan penulis memasukkan nama John Terry sebagai kandidat. Tetapi, melihat bagaimana Terry menjelma sebagai bek kelas dunia ketika diasuh oleh Jose membuat penulis merasa kalau ada peluang bagi keduanya untuk bereuni di pinggir lapangan. Terry sendiri bahkan pernah mengutarakan kalau ingin menjadi manajer suatu hari nanti. Dan langkah itu bisa dimulai dengan menjadi asisten Jose.

Sayangnya, ada penghalang untuk menjadikan JT sebagai asisten Jose. Yang pertama adalah statusnya yang saat ini masih sebagai pemain Aston Villa. Ia juga tidak ingin melewatkan kesempatan untuk kembali bermain di Liga Primer jika Aston Villa berhasil meraih tiket promosinya yang terakhir. Tidak hanya itu, Terry tentu akan merasa dilematis ketika ia menemani Jose memimpin United menghadapi Chelsea, klub yang membesarkan namanya.

Kieran McKeena

Nama McKeena mencuat sesaat setelah Faria memutuskan hengkang. Keberhasilannya membawa United U18 melaju hingga babak final Premier League junior menjadi alasan mengapa ia cocok untuk duduk di sebelah Jose. Tidak hanya itu, ia bisa menjadi jembatan bagi para pemain muda Setan Merah yang ingin mencicipi debut Liga Primer. Akan tetapi, banyak yang merasa kalau saat ini McKeena hanya cocok sebagai pelatih tim junior alih-alih naik ke posisi yang lebih tinggi.

Comments