OUR NETWORK

Sepenggal Cerita Alan Smith (Bagian 2): Transformasi Posisi yang Gagal

Pada musim panas tahun 2005, terungkap bahwa manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson mentransformasi Smith sebagai penerus Roy Keeane di Manchester United dengan memainkannya sebagai pemain tengah. Ferguson menyatakan: “Roy melihat karakteristik pada Alan, bahwa ia melihat di dalam dirinya sebagai pemain muda yang dapat membantu Alan berkembang menjadi pemain yang sangat bagus di posisi itu.”

Smith mendapat kesempatanitu untuk membuktikan mandat sebagai pengganti Keane, ketika kapten Manchester United itu cedera di awal musim 2005/2006. Namun, Smith diyakini menjadi salah satu dari beberapa bintang Manchester United yang banyak dikritik oleh Keane, karena dalam sebuah wawancara MUTV, permainan Alan Smith dianggap terlalu eksplosif dan hal itu membahayakan posisinya sebagai pemain tengah.

Namun hal tersebut terbantahkan, karena kinerja Smith dalam pertandingan kandang krusial melawan pimpinan klasemen Chelsea saat itu membuktikan bahwa perkataan Roy Keane salah besar. Smith tampil apik dan penampilannya itu membantu United memperoleh kemenangan 1-0 yang sekaligus memberinya julukan The Guardian berkat  statusnya yang menjadi Man of The Match pada pertandingan tersebut.

Menjelang musim 2006/2007, Ferguson menjual Van Nistelrooy ke Real madrid dan mengatakan kepada publik bahwa ia akan mengembalikan Alan Smith ke posisi awalnya sebagai striker. “Kita akan mengonversi Alan Smith kembali menjadi penyerang. Dia akan kembali dengan metode menyerang segera dan harus bisa terealisasikan secepatnya.”

Namun, musim itu adalah musim terakhrnya berseragam Setan Merah, karena performanya telah menurun drastis dan tidak lagi mendapatkan kepercayaan dari sang manajer Sir Alex Ferguson. Walau pada musim berikutnya Smith muncul di semua empat pertandingan tur pra-musim Manchester United, namun pada tanggal 2 Agustus 2007, Newcastle United menegaskan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan untuk mendatangkan Alan Smith dengan mahar 6 juta paun.

Kesepakatan itu dikonfirmasi pada tanggal 3 Agustus, dan Smith pindah ke The Magpies dengan kontrak lima tahun. Walaupun ia mencetak gol kemenangan pada debutnya dalam kemenangan 1-0 melawan Sampdoria, namun striker berkebangsaan Inggris itu harus berjuang untuk membangun dirinya di Newcastle, karena ia gagal mencetak gol di Liga Primer di musim pertamannya itu.

Hanya berselang lima musim saja Alan Smith berseragam Newcastle sebelum akhirnya ia hijrah ke MK Dons dengan status pinjaman sebelum akhirnya dipermanenkan klub setengah musim berselang.

Terdapat cerita menarik yang terjadi saat mantan striker Manchester United dan tim nasional Inggris itu bertanding melawan Huddersfield Town,  Alan Smith diserang sejumlah penonton dan sempat menerima beberapa kali pukulan di wajahnya.

Pertandingan itu merupakan lanjutan babak play-off pada semi final Liga divisi 1 untuk memperebutkan tiket promosi ke Liga Championship, pada Rabu 16 Mei 2012. Begitu peluit akhir berbunyi, ratusan penonton masuk ke dalam lapangan. “Alan dipukul, ditendang, dan diludahi. Saya berlari mendekatinya, dan ikut mendorong pendukung lawan darinya,” papar pelatih Dons saat itu, Karl Robinson kepada The Sun, Rabu 16 Mei 2012. Robinson ikut membantu Smith saat masuk ke terowongan ruang ganti pemain.

Pelatih muda berusia 31 tahun itu sangat menyesalkan apa yang terjadi, dan ia tidak percaya hal ini bisa terjadi di kompetisi sepakbola negaranya. “Sepakbola Inggris sudah maju pesat, tetapi kejadian ini membuat semuanya tidak bagus lagi.”

Hingga berita tersebut diturunkan, belum ada kabar sejauh mana cedera yang dialami Smith. Dan pemain berusia 36 tahun itu merupakan bintang Leeds United era 1998-2004.

Jalannya pertandingan itu sendiri berlangsung menarik. Bertempat di Galpharm Stadium, MK Dons berhasil unggul atas tuan rumah Huddersfield Town dengan skor 2-1. Pertandingan berjalan menarik, Jordan Rhodes membawa tuan rumah memimpin terlebih dahulu di menit ke-18. Lalu, Dons berhasil membalas lewat gol yang dicetak Daniel Powell menit ke-39 dan kemudian Alan Smith di dua menit selepas waktu normal babak kedua.

“Sebelumnya saya pikir kami bisa meraih hasil positif, teapi beberapa orang telah merusak pertandingan indah ini,” komentar Robinson selepas pertandingan.

Alan Smith saat ini memperkuat Notts Country menyusul kontraknya yang berakhir dengan MK Dons. Dan total dari 51 pertandingan yang ia mainkan bersama MK Dons, total hanya satu gol saja yang ia catatkan selama bertanding bersama tim yang bermarkas di MK Stadium itu. Hal ini menjadikan Alan Smith sebagai salah satu bintang Inggris yang meredup setelah performanya turun drastis saat berseragam Manchester United dan Newcastle.

Comments

Loading...