OUR NETWORK

Rencana Transfer Mou Musim Depan, Pemain Termahal Dunia Lagi?

Pelatih Manchester United, Jose Mourinho, tidak mendatangkan satu pemain pun pada bursa transfer musim dingin 2017 kemarin. Meski dia sempat mengaku kekurangan pilihan untuk sektor belakang timnya ketika itu, terutama karena cedera, namun sang juru taktik ternyata tetap bertahan dengan skuad yang ada. Manajer asal Portugal itu malah melepas dua pemain; winger Memphis Depay ke klub Ligue 1 Prancis Olympique Lyon, dan gelandang Morgan Scheneiderlin yang hijrah ke Everton. Untuk musim depan, Mou pun sudah menyiapkan rencana transfer.

Sebelumnya, di awal kedatangannya ke Old Trafford pada musim panas, Mourinho memang sempat membuat heboh dengan mencatatkan transfer termahal dunia melalui Paul Pogba, yang dipinang dari jawara Serie A Italia, Juventus, dengan biaya 89 juta paun. Total, pelatih berusia 54 tahun itu menghabiskan dana sekitar 150 juta paun untuk mendatangkan empat pemain, termasuk Henrikh Mkhitaryan dan Eric Bailly, selain Pogba, dan Zlatan Ibrahimovic yang didapatkan secara gratis dari juara Ligue 1 Paris Saint-Germain. Lalu, bagaimana rencana transfer Mourinho untuk musim depan?

Sejak awal kedatangannya, The Special One memang sudah mengisyaratkan akan melakukan revolusi di tubuh United; baik dengan membuang sejumlah pemain termasuk juga memboyong beberapa pemain terbaik yang diinginkannya. Apalagi, rencana itu mendapat dukungan dari manajemen klub. Mourinho tentu sudah punya daftar pemain-pemain yang dianggapnya bisa membantunya kembali membangun kejayaan The Red Devils, baik di kompetisi domestik maupun di level Eropa. Beberapa di antaranya bahkan sudah berkali-kali dikaitkan dengan United, termasuk pada Januari 2017 lalu.

Mourinho sendiri sudah memberi isyarat United akan aktif berburu pemain baru. Setidaknya, pria dengan nama lengkap Jose Mario dos Santos Mourinho Felix itu akan merekrut sekitar dua hingga tiga pemain untuk menambah kekuatan timnya nanti.

“Melihat perjalanan kami musim ini, saya rasa tim ini sudah berada di posisi yang bagus. Juli mendatang, kami akan siap membuka pintu untuk dua sampai tiga pemain baru untuk membantu meningkatkan level tim ini,” katanya diansir Sky Sports.

“Ketika Anda sudah menemukan stabilitas dan memiliki filosofi bermain, maka diperlukan sebuah dorongan lagi, yaitu bergerak di bursa transfer. Kami tidak berbelanja pada Januari lalu, dan tentu saja kami akan menggunakannya musim panas nanti. Apakah jadi juara adalah langkah berikutnya? Mungkin saja. Kedatangan pemain baru akan menjadi kesempatan bagus bagi kami untuk melangkah ke tahap selanjutnya,” tegas Mourinho.

Meski begitu, hingga kini dia masih enggan menyebut nama pemain incarannya pada bursa transfer musim panas, walaupun beberapa nama sudah mengemuka. Dilaporkan pula oleh surat kabar Telegraph, sejumlah nama yang kabarnya menjadi incaran utama Mourinho adalah bomber Atletico Madrid, Antoine Griezmann, yang di Januari 2017 lalu sudah hampir mendarat di Old Trafford, serta bek Victor Lindelof dan Nelson Semedo dari klub Portugal Benfica, dan gelandang asal klub Ligue 1 AZ Monaco Tiemoue Bakayoko. Selain itu, sejumlah media juga menyebut beberapa nama pemain muda lainnya, mulai dari kiper AC Milan Gianluigi Donnarumma, gelandang Atalanta Franck Kessie, hingga winger Monaco Bernardo Silva.

Bukan tidak mungkin, Mourinho akan kembali memecahkan rekor pemain termahal pada bursa transfer musim panas mendatang. Bahkan, dia sudah memprediksi bahwa potensi Pogba akan kehilangan statusnya sebagai pemain termahal dunia pada musim depan sangat besar. Menurutnya, ini bisa saja terjadi diakibatkan oleh inflasi yang terus semakin menggila dalam pasar bursa pemain sepakbola pada beberapa tahun terakhir. Buktinya, banderol pemain memang terus melonjak tajam.

“Tidak banyak klub yang memprediksi inflasi banderol pemain ini akan terjadi. Beberapa tahun lalu, uang 25 juta paun akan cukup untuk membeli pemain fenomenal. Sekarang jumlah itu bahkan tidak cukup untuk membeli pemain yang matang, hanya cukup untuk membeli pemain berpotensi saja. Pemain dengan nama besar sudah pasti punya nilai yang lebih tinggi. Saya pikir bursa musim panas nanti akan menghadirkan banyak kejutan. Mungkin saja Pogba akan kehilangan statusnya sebagai pemain termahal dunia,” ungkap Mourinho belum lama ini, seperti dilaporkan oleh The Guardian.

Menariknya, status pemain termahal dunia itu bisa jadi akan disandang oleh Griezmann, pemain incaran utama Mourinho, ketika dia benar-benar datang ke Old Trafford pada musim panas nanti. Seperti diketahui, klausul pelepasan pemain internasional Prancis yang juga rekan senegara Pogba itu mencapai 100 juta euro, atau setara dengan 87 paun. Tentu Atletico ingin meminta lebih banyak jika mereka tetap harus melepas bomber andalannya itu. Makanya, bukan tidak mungkin Griezmann akan dilepas dengan harga di atas 89 juta paun, atau lebih mahal dari Pogba. Kita lihat saja nanti!

Comments

Loading...