OUR NETWORK

Direnovasi, Old Trafford akan Menjadi Stadion Terbesar Kedua di Eropa

Manajemen Manchester United dikabarkan akan segera memperluas area stadion dan juga menambah kapasitas stadion kebanggaan publik Manchester, Old Trafford. United bakal memulai proyek besar tersebut pada akhir musim ini. Setelah rampung, Theatre of Dream akan lebih besar dibanding stadion milik Real Madrid, Santiago Bernabeu.

Old Trafford akan disulap menjadi stadion terbesar kedua di Eropa yang dimiliki oleh klub. Kapasitas yang semula sekitar 76.000 penonton akan di tambah 12.000 menjadi 88.000 penonton. Sehingga Old Trafford akan unggul dari Santiago Bernabeu dengan 85.454 kursi dan hanya kalah dari Camp Nou dengan kapasitas 99.354 penonton.

Di Inggris sendiri, Old Trafford akan mendekati kapasitas stadion utama Inggris, Wembley, dengan 90.000 penonton. Wembley yang tidak dimiliki oleh klub manapun tidak masuk di perhitungan sehingga Old Trafford dapat dikatakan sebagai stadion terbesar kedua di Eropa nantinya. Dapat terbayang bagaimana amosfer yang akan bertambah seiring dengan jumlah penonton yang bertambah pula.

Rencananya, 7.500 dari tambahan kursi tersebut akan ditempatkan di salah satu tribun yang diberi nama dari salah satu legenda United, Sir Bobby Charlton. Pihak United menjelaskan, mereka akan benar-benar mengembangkan Old Trafford di tribun Sir Bobby Charlton. Selain menambah kapasitas penonton, pihak United berencana membangun beberapa unit bisnis di bawah tribun tambahan tersebut.

Penambahan kursi di tribun Sir Bobby Charlton sudah menjadi rencana lama. Namun, karena pihak United harus meratakan beberapa rumah, rencana tersebut gagal. Hingga akhirnya United menemukan teknologi untuk mewujudkan pengembangan tersebut, tanpa harus meratakan beberapa rumah.

Keputusan manajemen United memperbesar kapasitas Old Trafford berlatar keinginan fans United sendiri. Salah satu kelompok yang paling gencar memberi aspirasi tersebut adalah MUST, begitulah seperti yang diucapkan Managing Director Manchester United, Richard Arnold.

“Old Trafford adalah rumah dari seluruh fans Manchester United. Mereka berhak menyaksikan langsung penampilan tim kesayangan. Saat ini kami hanya bisa menjual 55 ribu tiket terusan, dan itu terasa kurang karena banyaknya permintaan. Kami harap, pembangunan ini bisa memberikan efek, meski tetap tak maksimal,” ujar Arnold.

Selain menambah kapasitas, pihak United juga berencana untuk merenovasi Old Trafford sehingga bisa memudahkan fans penyandang disabilitas untuk menonton langsung Paul Pogba dkk. di stadion. Ide tersebut muncul setelah pihak United berkonsultasi dengan Komisi Hak Asasi Manusia (EHRC) dan Asosiasi Suporter Disabilitas Manchester United (MUDSA).

Pihak United berencana menambah 300 kapasitas untuk fans penyandang disabilitas. Namun, karena lahan untuk menyediakan fasilitas menonton di stadion untuk fans disabilitas lebih besar daripada untuk normal, pihak United harus mengorbankan dengan mengurangi kapasitas kursi normal. Ada sekitar 2.600 kursi untuk pemilik tiket musiman yang akan direlokasi karena tempatnya akan digunakan untuk fans disabilitas.

Namun Arnold mengungkapkan bahwa para pemegang tiket musiman ini tidak akan terkena dampak dan tidak akan dimintai tambahan biaya. Mereka tidak akan merasakan kerugian, tapi di sisi lain United tetap bisa memfasilitasi fans disabilitas.

“Kami tahu banyak pemegang tiket musiman yang telah mempertahankan kursi mereka selama lebih dari satu dekade akan terpengaruh dan ini membutuhkan pengorbanan. Tetapi, kami juga tahu bahwa mayoritas akan memahami dan mendukung keputusan ini,” tutur Arnold.

“Old Trafford adalah rumah bagi seluruh fans Man. United dan perubahan ini akan membantu banyak dari suporter loyal kami yang menyandang disabilitas untuk datang menyaksikan pahlawan-pahlawan mereka.”

“Dalam beberapa tahun terakhir, klub telah memiliki area yang dikhususkan bagi pengguna kursi roda agar dapat duduk bersama teman dan keluarga mereka. Kami merupakan salah satu yang pertama menerapkan fasilitas tersebut di negeri ini.”

Fans penyandang disabilitas sendiri senang dengan adanya rencana pihak United ini. Mereka yang diwakili oleh Chas Banks, selaku sekertaris dari Asosiasi Suporter Manchester United penyandang disabilitas menyambut gembira rencana klub. “Ini merupakan mimpi yang menjadi kenyataan bagiku dan banyak fans Man. United penyandang disabilitas lainnya,” imbuh Banks.

Dengan adanya rencana yang dapat memfasilitasi fans ini dipercaya akan membuat citra United semakin baik. Dan jika semua rencana berhasil, atmosfer di Old Trafford jelas akan semakin ‘wah’. Harapannya adalah, atmosfer tersebut dapat melecut semangat juang para pemain diatas lapangan dan bisa memberi hasil maksimal di setiap pertandingannya.

Comments

Loading...