OUR NETWORK

Para Penyelamat Karier Fred di Manchester United

Gelandang Manchester United Fred telah mengungkapkan siapa saja yang telah membantunya untuk berjuang dan berkembang di Old Trafford. Dari pelatih sampai pemain, pemain asal Brasil itu menyebut kalau dirinya selalu mendapatkan support system dari mereka. Support system ini juga yang membuat bentuknya meningkat secara dramatis di musim ini.

Peningkatan Fred sendiri terbukti terlihat pada bulan Februari lalu. Termasuk yang sempat ia tampilkan dalam kemenangan 5-0 United atas Club Brugge pada leg kedua babak 32 besar Europa League. Dua gol pertamanya di bawah Ole Gunnar Solskjaer di laga tersebut dinilai sebagai tanda dari permainan solid yang sudah ia peroleh berkat support system.

Michael Carrick (sebagai mentor permainan lini tengah)

Dilansir dari MEN Sports, Fred kemudian mengakui bahwa peran Michael Carrick adalah salah satu yang terbaik baginya. Menurut pemain berusia 26 tahun itu, Carrick merupakan sosok yang sangat penting dalam peningkatan bentuknya. Terutama karena Carrick telah membantunya memperbaiki posisi dan ketenangannya saat menguasai bola.

“Michael Carrick banyak membantu saya setiap harinya. Kami selalu berbicara, dan dia selalu mencoba membantu saya dengan menunjukan posisi saya di lapangan. Carrick adalah pria yang selalu membantu saya sebelum dan sesudah pertandingan,” ungkap Fred dalam United Peoples TV.

“Dia adalah seseorang yang selalu berbicara kepada saya terkait hal penting untuk mengadaptasi sepakbola saya di Premier League. Karena ketika saya tiba, saya agak kesulitan dalam mengontrol bola di lini tengah akibat pola permainan Premier League. Ya, satu atau dua pemain lawan sering membuat saya kehilangan bola.”

“Tapi sekarang saya bisa memahami permainan dengan lebih baik. Saya tahu sekarang bahwa saya harus lebih cepat, lebih kuat dan lebih tangkas dari sebelumnya. Carrick lah yang membantu saya untuk lebih tenang. Kami melakukan latihan satu lawan satu di setiap latihan. Saya rasa, dia adalah seseorang yang sangat memengaruhi saya di klub.”

Di satu sisi, Fred mengakui bahwa memang dirinya butuh beberapa waktu untuk beradaptasi dengan permainan Premier League. Akan tetapi, ia juga bersikeras bahwa situasi semacam itu adalah normal bagi seorang pemain yang belum pernah bermain di Inggris.

“Yah saya pikir semua yang saya alami itu adalah proses adaptasi. Saya pergi ke negara baru bagi saya, dan gaya permainan di Inggris sangat berbeda. Jadi saya percaya bahwa hal ini adalah hal yang paling sulit bagi saya,” tutur Fred.

“Saya harus beradaptasi dengan gaya permainan baru di Premier League. Itu sangat berbeda dengan liga di Ukraina, akan tetapi saya pikir itu normal. Saya pikir sebagian besar pemain yang berasal dari negara lain yang tidak memiliki pengalaman di Inggris pasti merasakan proses adaptasi itu. Jadi pada dasarnya itulah yang terjadi.”

Pemain-pemain latin (sebagai penerjemah bahasa)

Gelandang bernomor punggung 17 itu meningkat jauh lebih pesat di bawah Solskjaer dibandingkan dengan musim pertamanya di bawah Jose Mourinho. Selain Michael Carrick, dikutip dari MEN Sports, ternyata para pemain (latin) Portugal, Spanyol, Argentina dan Brasil juga ada dibalik peningkatan tersebut. Terutama dalam membantu menerjemahkan bahasa untuknya selama latihan.

Fred mengungkapkan bahwa ia langsung belajar bahasa Inggris saat berada dalam proses adaptasi, tepatnya setelah pindah dari Shakhtar Donestk pada Juni 2018. Dan selama itu, ia menyebut kalau Diogo Dalot dan Andreas Pereira, serta Juan Mata, David de Gea dan Marcos Rojo, telah membantunya berproses di United. Baik tentang pengalihan bahasa maupun permainan.

Fred sekarang adalah salah satu pemain paling dipercaya Ole Gunnar Solskjaer di lini tengah. Terutama setelah ia menunjukkan peningkatan di musim keduanya di Premier League. Menyikapi hal ini, sekali lagi ia mengungkapkan bahwa perkembangannya itu tidak lepas dari rekan setimnya.

“Hal yang baik tentang tim United adalah ada banyak orang Spanyol (latin) di sini. Ada pemain Argentina seperti Sergio (Romero), lalu Diogo dari Portugal dan Andreas dari Brasil. Jadi adaptasi saya cenderung sedikit lebih mudah dan kami mencoba berbicara dengan bahasa yang sama,” ujar Fred.

“Tentu saja, saya belajar bahasa Inggris sejak saya datang ke sini, akan tetapi para pemain ini juga banyak membantu saya. Ada beberapa hal yang tidak bisa saya pahami dalam setiap latihan, dan mereka telah menjadi penghubungnya. Jadi mereka benar-benar penting bagi saya karena telah banyak membantu saya.”

Comments

Loading...