OUR NETWORK

Insan United yang Dijadikan Nama Jalan

Beberapa waktu lalu, nama Jose Mourinho dijadikan sebagai nama jalan di Setubal. Jalan Rua da Saude yang terletak di salah satu ruas jalan di kota Setubal diganti namanya menjadi Avenida Jose Mourinho.

Penduduk Setubal jelas sangat bangga di mana salah satu putra daerahnya berhasil menjadi salah satu sosok manajer terhebat di dunia sepakbola. Musim lalu, ia berhasil meraih dua trofi bersama United sehingga bayangan musim sebelumnya yang hancur lebur bersama Chelsea mulai menghilang.

Akan tetapi bukan hanya Mou saja, sosok yang berasal dari Manchester United yang diabadikan sebagai nama jalan. The Special One bersanding dengan nama-nama lain yang juga diabadikan sebagai nama jalan karena prestasinya entah itu bersama United ataupun dengan tim nasionalnya.

Sir Matt Busby Way

Setahun sebelum kematiannya, nama Matt Busby dijadikan sebagai nama jalan bagi para pendukung United yang ingin ke stadion Old Trafford. Jalan ini sebelumnya bernama Warwick Road North. Membentang dari Chester Road ke Trafford Park Road/Wharfside Way, jalan ini memiliki panjang sekitar 420 meter.

Matt Busby bisa dikatakan sebagai pembuka gerbang prestasi bagi Manchester United. Selain mendapatkan beberapa pemain terbaik seperti Dennis Law serta Alex Stepney, Sir Matt juga menelurkan beberapa pemain-pemain muda yang ketika itu disebut sebagai Busby Babes. Sebanyak 13 gelar diberikan untuk Setan Merah termasuk gelar Piala Champions pada 1968.

Sir Alex Ferguson Way

Ketika sudah melintasi jalan Sir Matt Busby, maka kita akan disambut dengan jalan Sir Alex Ferguson. Letaknya ada di utara dari Sir Matt Busby Way. Letak jalan Sir Alex Ferguson cukup jauh dari Stadion Old Trafford.

Namun jalan ini sangat dekat dengan salah satu hotel yang biasa dipakai para turis untuk menginap di wilayah Theatre of Dreams. Sebelum namanya diganti menjadi Sir Alex Ferguson Way, jalan tersebut bernama Water Reach Road.

Jalan ini diresmikan pada Oktober 2013 sebagai penghargaan atas dedikasi Fergie selama 26 setengah tahun bersama Setan Merah. 38 gelar telah dipersembahkan dirinya tiba pertama kali pada 6 November 1986 lalu. Termasuk diantaranya 13 gelar Premier League dan tiga Liga Champions.

Nobby Stiles Drive

Namanya mungkin jarang diketahui fans United, namun Nobby Stiles merupaka pemain penting Sir Matt Busby dalam kejayaan United pada 1960-an. Namanya pun diabadikan sebagai nama jalan di Collyhurst yang merupakan tempat dia tinggal. Pada 2016 lalu, plang bertuliskan Nobby Stiles Drive terpampang di suatu tempat yang merupakan rute ketika ia berjalan kaki menuju sekolahnya.

Pembukaan jalan yang sebelumnya bernama Sudell ini dihadiri oleh beberapa teman sekelas Nobby semasa bersekolah. Beberapa rekan setimnya dulu seperti Dennis Law dan Bobby Charlton juga turut hadir dalam acara peresmian tersebut. Semasa aktif bermain dulu, pemain yang terkenal dengan gigi ompongnya tersebut meraih lima gelar. Bersama Bobby Charlton dan John Conelly, ia juga membawa Inggris menjuarai Piala Dunia 1966.

Ji Sung Park Road

Berprestasi bersama United serta membawa Korea Selatan melaju hingga semifinal Piala Dunia, Park telah menginspirasi warga Korea Selatan yang sebelumnya kurang bergairah terhadap sepak bola. Untuk itu pemerintah Korea menyematkan nama Park Ji Sung dalam sebuah jalan yang terletak di Suwon yang merupakan kota kelahirannya.

Selain jalan Park Ji Sung, pemain yang tujuh tahun memperkuat United ini juga memiliki badan amal sendiri bernama JS Foundation yang berfokus terhadap pengembangan bibit-bibit muda di Korea Selatan.

Comments