OUR NETWORK

Mereka yang Dibeli dan Dijual Kembali (Bagian 2)

Pada bagian pertama, penulis sudah menyampaikan beberapa nama pemain United yang dibeli lalu dijual kembali ke klub sebelumnya. Pada bagian ini, terdapat enam nama lagi eks United yang pernah direkrut lalu dijual kembali ke klub lamanya. Nama-nama ini ada yang berasal dari benua Asia, daratan Skandinavia hingga pemain terakhir yang direkrut oleh Sir Alex Ferguson.

  1. Erik Nevland (Viking) – Juli 1997 dan Desember 1999

Iblis Merah pernah memiliki beberapa penyerang yang berasal dari Norwegia dan Erik Nevland adalah salah satunya. Ia direkrut oleh United dari klub Norwegia, Viking. Meski mampu mencetak gol ketika United mengalahkan Bury di Piala Liga namun ia tidak pernah bisa mendapatkan kepercayaan diri dari Fergie. Setelah dua kali dipinjamkan, Nevland akhirnya kembali ke klub lamanya Viking di akhir 1999.

  1. Henning Berg (Blackburn Rovers) – Agustus 1997 dan Desember 2000

Dibeli dari Blackburn, Berg menjadi pemain pertama yang bisa memenagi liga primer dengan dua klub berbeda. Berposisi sebagai bek tengah, pemain Norwegia ini menjadi pelapis yang cukup baik apabila salah satu diantara Jaap Stam atau Ronny Johnsen mengalami cidera. Tiga setengah musim memperkuat United, Berg bermain 103 kali dan mencetak tiga gol serta meraih tiga gelar dimana salah satunya adalah liga Champions 1999. Ia kembali ke Blackburn dan membawa The Rovers promosi ke liga primer pada 2001.

  1. Dong Fangzhuo (Dalian Shide) – Januari 2004 dan Agustus 2008

Direkrut dengan nilai 500 ribu pounds, Dong menjadi pemain Asia Timur pertama yang memperkuat United. Meski begitu ia harus menjalani masa peminjaman di klub Belgia Royal Antwerpen. Sekembalinya dari Belgia, Dong langsung masuk tim utama pada Januari 2007. Akan tetapi namanya lebih banyak bermain untuk tim reserves alih-alih tim utama. Debut liganya baru didapat ketika United bermain imbang 0-0 melawan Chelsea pada Mei 2007. Setahun kemudian, Dong kembali ke Dalian Shide dengan status bebas transfer.

  1. Gerard Pique (Barcelona) – April 2004 dan Mei 2008

Pemain Spanyol ini direkrut dari akademi Barcelona dan langsung menunjukkan permainan apik selama memperkuat Setan Merah. Namanya diproyeksikan sebagai pengganti salah satu di antara Vidic dan Ferdinand di masa depan. Sayangnya meski kerap bermain bagus ketika dipercaya oleh Sir Alex Ferguson, suami dari Shakira ini memutusan untuk kembali ke Barcelona pada musim panas 2008 dan menjadi sosok yang tidak tergantikan untuk klub Catalan tersebut hingga sekarang.

  1. Shinji Kagawa (Borussia Dortmund) – Juni 2012 dan Agustus 2014

Direkrut dengan status sebagai pahlawan Dortmund yang meraih double pada 2012, Kagawa justru kesulitan untuk mendapatkan tempat di tim utama Setan Merah. Ia kerap diterpa cedera dan oleh Sir Alex sering dimainkan di luar posisi aslinya sebagai gelandang serang. Meski begitu ia mampu mencatatkan prestasi gemilang dengan menjadi pemain Jepang pertama yang menjadi juara liga primer. Mantan pemain Cerezo Osaka ini akhirnya kembali ke Borussia Dortmund setelah gagal memikat hati Louis van Gaal.

  1. Wilfried Zaha (Crystal Palace) – Juni 2013 dan Februari 2015

Pemain berusia 24 tahun ini merupakan rekrutan terakhir Sir Alex Ferguson. Diambil dengan mahar 15 juta pounds, Zaha sempat dipinjamkan kembali ke Palace sebelum resmi menjadi pemain utama setan merah pada 2013. Akan tetapi penampilan apiknya di Palace tidak bisa diulangi ketika berseragam United. Ia hanya empat kali bermain untuk setan merah sebelum dijual kembali ke Crystal Palace pada Februari 2015.

Comments

Loading...