OUR NETWORK

Menakar Rencana Masa Depan Zlatan Ibrahimovic

Manajemen Manchester United sudah memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak Zlatan Ibrahimovic. Penyerang berusia 35 tahun itu sendiri memang hanya diberikan kontrak berdurasi satu musim saat United merekrutnya dari Paris Saint-Germain dengan status bebas transfer pada musim panas 2016 lalu. Namun, beberapa waktu lalu, pelatih Jose Mourinho sempat menyatakan bahwa pihak klub ingin menggunakan opsi untuk memperpanjang kontraknya selama 12 bulan lagi pada musim 2017/2018 mendatang, mengingat performanya sangat bagus.

Namun sepertinya, kesepakatan di antara kedua belah pihak tidak berhasil tercapai. Sehingga United pun akhirnya terpaksa tidak mempertahankan Zlatan. Keputusan tim Setan Merah itu sendiri baru terungkap setelah pihak Premier League Inggris merilis daftar pemain-pemain yang akan dilepas dan dipertahankan oleh setiap klub peserta musim 2016/2017, pada Jumat (9/6/2017) lalu melalui situs resminya. Dalam daftar tersebut, nama Zlatan menjadi satu-satunya pemain The Red Devils yang akan dilepas pada musim panas 2017 ini, meski daftar itu masih mungkin mengalami perubahan.

Pertimbangan lain sehingga United akhirnya ragu untuk mempertahankan Zlatan, karena karena tak ada kesepakatan dan usianya sudah cukup tua, kemungkinan karena cedera parah yang dialaminya jelang akhir musim lalu.

Pada April 2017, mantan kapten tim nasional Swedia itu memang menderita cedera lutut yang membuatnya terpaksa harus menjalani operasi. Musibah itu terjadi ketika Zlatan membela United dalam laga leg kedua babak perempat final Europa League melawan Anderlecht, sehingga cedera ligamen tersebut membuat sang bintang harus absen bermain hingga awal 2018.

Padahal pada musim lalu, Zlatan menjadi pemain tim Setan Merah yang paling subur, dengan koleksi 28 gol di semua kompetisi. Dia ikut mencetak gol kemenangan United dalam laga Community Shield dan di final Piala Liga Inggris.

Kedua gelar itu melengkapi trofi Europa League yang berhasil digondol The Red Devils pada musim lalu. Sementara di Premier League sendiri, pemain bernomor punggung ‘9’ itu sukses mencetak 17 gol dalam 28 penampilan. Sayang, semua pencapaiannya itu terpaksa harus dilupakan United. Lalu, kemanakah Zlatan akan berlabuh pada musim 2017/2018 mendatang?

Klub Serie A Italia, Napoli sempat digadang-gadang akan menjadi klub selanjutnya dalam karir Zlatan. Bahkan, pada Februari 2017 lalu, dia sudah menunjukkan ketertarikan untuk membela klub tersebut sebelum memutuskan pensiun. Selain itu, ada pula media yang menyebut kemungkinan Zlatan akan memilih Liga Super Tiongkok atau Major League Soccer (MLS) di Amerika Serikat untuk kelanjutan karirnya. Baru-baru ini, surat kabar Spanyol Marca melaporkan bahwa klub MLS, LA Galaxy, tertarik untuk merekrut sang striker yang kemungkinan akan melanjutkan karirnya di kompetisi tersebut.

Selain itu, ada pula klub Bundesliga Jerman Hertha Berlin juga mengaku ingin mendatangkan Zlatan. Namun, sepertinya klub tersebut sama sekali tak serius. Pasalnya, pernyataan itu hanya disampaikan melalui akun resmi Twitter mereka, @HerthaBSC.

Klub berjuluk Die Alte Dame itu mencoba merayu Zlatan dengan menawarkan fans mereka yang luar biasa dan kesempatan untuk meraih trofi juara Bundesliga yang memang belum pernah dimenangkannya. Namun, Hertha mengakui bahwa mereka tidak memiliki kekuatan finansial untuk bisa memenuhi tuntutan Zlatan, terutama gaji yang besar.

“Tidak ada kontrak di United, kami punya fans yang hebat, tapi tidak punya uang; tapi kamu dapat memenangkan juara Bundesliga untuk pertama kali?? Pikirkan tentang itu Zlatan,” tulis akun resmi Twitter @HrthaBSC pada Jumat (9/6/2017), tak lama setelah pengumuman bahwa kontrak Zlatan tidak diperpanjang United.

Hingga saat ini, memang belum ada pernyataan resmi dari Hertha apakah mereka benar-benar ingin merekrut sang bintang, atau hanya sekedar bercanda. Zlatan sendiri pun, atau agennya Mino Raiola, juga sama sekali tidak menanggapi pernyataan di media sosial tersebut.

Menariknya, juga ada tawaran kepada Zlatan untuk mencoba berkarir di Indonesia, dalam kompetisi Liga 1 Indonesia 2017. Adalah seorang pengguna media sosial Instagram dengan akun @krii_17 yang mengajak pemain kelahiran 3 Oktober 1981 itu untuk bergabung dengan salah satu klub besar Tanah Air, Persija Jakarta.

“Zlatan, datang ke klub Indonesia, Persija Jakarta! Jakmania!” tulis pemilik akun yang diduga berasal dari Indonesia tersebut. Namun, tentu saja tawaran tersebut hanya tindakan iseng dari salah seorang fans, meski bukan tidak mungkin suatu saat nanti Zlatan bisa saja menjadi marquee player di salah satu klub Indonesia seperti Michael Essien yang bermain di Persib Bandung.

Comments

Loading...