OUR NETWORK

Memperbaiki Ketajaman Bersama Tobin dan Christen

Berbeda dengan tim lelaki yang masih sulit untuk mendapatkan pemain incaran, kesebelasan perempuan Manchester United justru memanfaatkan bursa transfer ini dengan sangat baik. Hingga tulisan ini dibuat, Casey Stoney sudah kedatangan enam pemain. Yang terbaru, mereka mengumumkan kedatangan dua pemain baru dalam satu hari yaitu Tobin Heath dan Christen Press.

Kedatangan dua pemain ini memang cukup mengagetkan pendukung Setan Merah. Hal ini tidak lepas dari profil kedua pemain yang sudah banyak makan asam garam di dunia sepakbola. Keduanya terkenal akan prestasinya bersama timnas perempuan Amerika Serikat.

“Manchester United adalah klub yang luar biasa dan saya senang bisa bergabung dengan mereka. Saya siap untuk menjalani tantangan di Inggris bersama mereka dan bermain menghadapi pemain terbaik di dunia. Saya punya ambisi besar untuk musim ini dan tidak sabar untuk berada di lapangan untuk memulai musim baru,” kata Tobin dalam situs resmi klub.

Bagi Tobin, Manchester United diharapkan bisa menjadi tempat yang tepat untuk memulihkan kariernya. Pasalnya, ia memang tidak terlalu sukses di level klub. Tobin jarang sekali bermain lebih dari 20 pertandingan bersama klub yang pernah ia perkuat. Inilah yang membuat catatan golnya relatif kecil meski ia berposisi sebagai seorang striker.

Meski begitu, nama Tobin cukup eksis di tim nasional. Sejak debut pada tahun 2008, nama Tobin tidak pernah absen dalam skuad The Stars and Stripes ketika mengikuti ajang internasional. Meskipun perannya sebagai pemain utama juga tidak banyak, namun Tobin bisa diandalkan apabila lini depan mereka mengalami kebuntuan.

Tercatat Tobin sudah bermain lebih dari 150 pertandingan bersama timnas Amerika Serikat dengan catatan gol 33. Selain itu, ia sudah mengikuti enam turnamen besar termasuk tiga Piala Dunia. Prestasinya bersama timnas justru jauh lebih banyak ketimbang level klub. Ia mengantungi dua medali emas cabang sepakbola Olimpiade dan dua Piala Dunia yang terakhir ia raih pada 2019 lalu. Keberhasilannya membawa Amerika Serikat menjadi juara Piala Dunia 2019 lalu membawanya masuk dalam nominasi Ballon D’or perempuan.

Sesaat setelah meresmikan kedatangan Tobin, United langsung mengumumkan keberhasilan mereka mengikat kerja sama dengan rekan senegaranya, Christen Press. Sama seperti Tobin, Christen berposisi sebagai seorang penyerang. Namun berkaca dari jumlah gol yang dicetak, perempuan berusia 31 tahun ini memiliki jumlah gol yang jauh lebih banyak ketimbang Tobin.

Pada musim terakhirnya bersama Utah Royals, dia membuat delapan gol hanya dari 14 laga. Sejak bermain pada 2010 lalu, dia memiliki 124 gol dari 196 pertandingan. Bersama tim nasional, ia juga sudah mencetak gol dari 138 pertandingan.

“Kami senang memiliki Christen di dalam klub. Dia memiliki catatan gol yang menandakan kalau kualitasnya sudah teruji. Statistik sudah berbicara. Dia adalah striker yang kejam di kotak penalti. Saya yakin kalau dia bisa menambahkan kualitas nyata dalam skuad kami,” kata Casey.

Musim lalu, tim perempuan Manchester United menyelesaikan kompetisi Women’s Super League di peringkat keempat. Catatan yang cukup bagus bagi mereka yang baru menjalani musim pertamanya bermain pada kompetisi tertinggi.

Namun, ada beberapa penurunan yang dialami oleh skuad Casey Stoney tersebut. Salah satunya adalah ketajaman. Produktivitas gol mereka turun drastis. Saat masih bermain pada Women’s Championship, United menyelesaikan kompetisi liga dengan mencetak 98 gol. Musim lalu, angka gol mereka tidak sampai sepertiganya. Striker andalan mereka saat bermain pada divisi Championship, Jess Sigsworth, hanya mencetak dua gol. Padahal ia bisa mencetak 18 gol ketika bermain di Championship.

Kedatangan Tobin dan Christen diharapkan tidak hanya menyuntikkan pengalaman mereka kepada beberapa pemain United yang mayoritas adalah pemain muda, namun juga untuk memperbaiki kualitas lini depan mereka. Hingga saat ini, tim perempuan United sudah mencetak enam gol. Jauh lebih baik ketimbang dua laga musim lalu dan diharapkan bisa bertambah seiring kedatangan dua pemain ini.

Dengan datangnya Tobin dan Christen, maka United sudah mendatangkan enam pemain musim ini. Sebelumnya, mereka telah merekrut Carrie Jones, Lucy Staniforth, Ona Batlle, dan Ivana Fuson. Langkah mereka mengarungi musim kompetisi 2020/2021 dimulai dengan hasil imbang melawan Chelsea. Hasil yang positif mengingat Chelsea adalah juara liga musim lalu.

Comments

Loading...