OUR NETWORK

Kisah Manchester United dan Piala Dunia

Piala Dunia hanya berjarak kurang dari sepekan setelah tulisan ini dibuat. Manchester United kembali menyumbang banyak pemainnya dalam turnamen FIFA yang akan diselenggarakan di Rusia tersebut.

Sepanjang sejarahnya, Manchester United memiliki relasi yang tidak pernah putus dengan Piala Dunia. Pada turnamen kali ini, Setan Merah melepas 11 pemainnya ke tujuh negara yang berbeda. Meski jumlah ini terbilang menurun dibanding empat tahun lalu, namun tradisi ini tidak pernah putus sejak 1950. Berikut adalah sejarah United dengan turnamen empat tahunan ini.

Aston yang Pertama

Relasi United dengan Piala Dunia dimulai pada 1950 di Brasil. Kesebelasan nasional Inggris asuhan Walter Winterbottom memanggil dua pemain United yaitu John Aston dan Henry Cockburn. John Aston kemudian menjadi pemain United pertama yang bermain di Piala Dunia saat Inggris mengalahkan Cile 2-0. Ketika itu, ia dipasang sebagai bek kiri. Sementara malang bagi Cockburn, ia tidak pernah diturunkan oleh Winterbottom satu menitpun.

Bryan Robson yang Tercepat

Rekor gol tercepat pada Piala Dunia masih dipegang oleh penyerang Turki, Hakan Sukur. Akan tetapi bagi sejarah sepakbola Inggris, rekor gol tercepat masih dimiliki oleh eks gelandang United, Bryan Robson. Captain Marvel melakukannya saat bertanding di Piala Dunia 1982 melawan Prancis. Ia mencetak gol ketika laga baru berlangsung 27 detik dengan tendangan voli memanfaatkan asis Terry Butcher. Laga berakhir dengan kemenangan Inggris 3-1 serta Robson yang mencetak dua gol. Tim Tiga Singa sendiri hanya bisa melangkah hingga fase grup dua sebelum disingkirkan Jerman Barat.

Norman Whiteshide yang Termuda

Selain Robson yang membuat sejarah untuk Inggris, Piala Dunia 1982 juga menjadi momen bagi legenda United lainnya, Norman Whiteshide. Memperkuat timnas Irlandia Utara saat melawan Yugoslavia, Whiteshide menasbihkan dirinya sebagai pemain termuda yang pernah turun di Piala Dunia. Usianya saat itu 17 tahun 41 hari dalam pertandingan yang menghasilkan skor tanpa gol tersebut. Dalam lima pertandingan yang mereka jalani, Whiteshide selalu bermain sejak menit pertama.

Bobby Charlton yang Terbanyak

Jika Bryan Robson pemain tercepat dan Norman Whiteshide pemain termuda maka rekor gol serta penampilan terbanyak pemain United di World Cup menjadi milik Bobby Charlton. Ia tampil dalam 14 pertandingan di empat Piala Dunia yaitu 1958, 1962, 1966 dan 1970. Catatan ini hanya kalah dari Antonio Carbajal (Meksiko) dan Lothar Matthaus (Jerman) yang bermain pada lima Piala Dunia. Dalam 14 laga tersebut, Charlton mencetak empat gol yang ia lakukan pada Piala Dunia 1966 ddan 1970.

Jesper Olsen si Asing Pertama

Piala Dunia 1986 menjadi momen penting bagi pemain sayap Denmark, Jesper Olsen. Ia menjadi pemain United non Britania pertama yang bermain pada turnamen tersebut. Ia bermain 80 menit ketika Tim Dinamit mengalahkan Skotlandia asuhan Alex Ferguson 1-0. Olsen sendiri membawa Denmark hingga babak perdelapan final.

Selain Olsen ada nama Juan Veron dan Diego Forlan sebagai pemain Amerika Latin pertama United yang bermain di Piala Dunia. Quinton Fortune menjadi pemain United pertama dari Afrika yang bermain di Piala Dunia. Sementara Tim Howard dan Park Ji Sung menjadi pemain Amerika dan Asia pertama yang bermain di ajang empat tahunan tersebut.

9 Juara Dunia

Sepanjang sejarahnya, Manchester United pernah diperkuat sembilan pemain yang pernah menjadi juara Piala Dunia. Akan tetapi, dari jumlah tersebut hanya tiga saja yang pernah melakukannya ketika statusnya adalah pemain United. Ketiganya adalah pemain Inggris di Piala Dunia 1966 yaitu Nobby Stiles, Bobby Charlton, dan John Connely. Sayangnya, nasib Connely tidak sebagus Stiles dan Charlton. Ia hanya bermain pada laga pertama saja ketika Uruguay menahan imbang mereka 0-0 dan tidak mendapat medali kemenangan karena panitia saat itu hanya menyediakan 11 medali juara saja. Beruntung, Connely mendapatkan haknya pada 2009 dalam seremoni yang digelar perdana menteri mereka saat itu, Gordon Brown.

Sementara itu, enam pemain lainnya menjadi juara dunia sebelum mereka bergabung bersama United. Nama-nama tersebut adalah Laurent Blanc dan Fabien Barthez (Prancis 1998), Kleberson (Brasil 2002), Juan Mata dan Victor Valdes (Spanyol 2010), serta Bastian Schweinsteiger (Jerman 2014).

77 Pemain, 22 Negara

Hingga Piala Dunia 2018 di Rusia, total Manchester United menyumbangkan 77 pemain ke 22 negara yang berbeda. Jumlah terbanyak dimiliki Inggris dengan 29 pemain yang disusul Skotlandia dengan sembilan pemain. Swedia menjadi negara terbaru yang disumbang oleh Setan Merah melalui penggawa mereka, Victor Lindelof.

Pemain-pemain Manchester United yang Bermain di Piala Dunia

Negara Jumlah Nama Pemain
Inggris 29 John Aston, Henry Cockburn, Roger Byrne, Tommy Taylor, Allenby Chilton, Bobby Charlton, Nobby Stiles, John Connelly, Alex Stepney, Steve Coppell, Bryan Robson, Ray Wilkins, Gary Bailey, Neil Webb, David Beckham, Teddy Sheringham, Gary Neville, Paul Scholes, Wes Brown, Nicky Butt, Rio Ferdinand, Wayne Rooney, Michael Carrick, Danny Welbeck, Phil Jones, Chris Smalling, Jesse Lingard, Ashley Young, Marcus Rashford
Skotlandia 9 Jim Holton, Martin Buchan, Willie Morgan, Gordon McQueen, Joe Jordan, Lou Macari, Gordon Strachan, Arthur Albiston, Jim Leighton
Prancis 5 Mikael Silvestre, Fabien Barthez, Louis Saha, Patrice Evra, Paul Pogba
Belanda 3 Edwin Van Der Sar, Ruud Van Nistelrooy, Robin Van Persie
Norwegia 3 Ronny Johnsen, Henning Berg, Ole Gunnar Solskjaer
Denmark 3 John Sivebaek, Jesper Olsen, Peter Schmeichel
Argentina 3 Juan Sebastian Veron, Gabriel Heinze, Marcos Rojo
Belgia 3 Marouane Fellaini, Adnan Januzaj, Romelu Lukaku
Rep Irlandia 2 Denis Irwin, Roy Keane
Portugal 2 Cristiano Ronaldo, Nani
Spanyol 2 David De Gea, Juan Mata
Irlandia Utara 2 Harry Gregg, Norman Whiteshide
Serbia 2 Nemanja Vidic, Nemanja Matic
Wales 1 Colin Webster
Uruguay 1 Diego Forlan
Afrika Selatan 1 Quinton Fortune
Swedia 1 Victor Lindelof
Amerika Serikat 1 Tim Howard
Korea Selatan 1 Park Ji Sung
Meksiko 1 Javier Hernandez
Jepang 1 Shinji Kagawa
Ekuador 1 Antonio Valencia

 

Comments