OUR NETWORK

Jose Mourinho dan Pandangannya Mengenai Piala Dunia

Liburan Jose Mourinho sudah berakhir. Ia sekarang harus bersiap-siap menjalani pekerjaan barunya sebagai pundit di stasiun televisi Rusia, RT. Akan tetapi, sebelum melakoni tugas barunya tersebut, Jose harus menjalani salah satu wawancara bersama majalah fashion ternama Amerika Serikat, GQ Magazine.

Pada wawancara tersebut, Jose banyak mengeluarkan pandangannya mengenai Piala Dunia yang sebentar lagi dimulai. Ia juga memilih siapa yang berpeluang menjadi juara, serta alasannya tidak ingin menangani tim nasional.

Piala Dunia adalah Turnamen Terhebat

“Piala Dunia membuat saya bersemangat. Semua orang yang suka sepakbola bersemangat tentang Piala Dunia. Saya sering mengatakan kalau Piala Dunia lebih dari sekadar sepakbola. Bagi saya, Piala Dunia dan Olimpiade adalah dua peristiwa luar biasa di dunia. Dan saya selalu merasa kalau sepakbola terbaik tidak dimainkan pada Piala Dunia. Kenapa? Karena dalam sepakbola Anda butuh waktu lebih banyak untuk mendapat sinergi antara satu sama lain dan itu jarang sekali dimiliki oleh tim nasional.”

“Bagi penggemar, Piala Dunia adalah turnamen spesial. Begitu juga untuk negara-negara yang menjadi peserta. Saya selalu berpikir ketika tim nasional bertanding pada Piala Dunia maka seluruh negara akan berhenti. Saya pikir jika Anda berjalan di negara manapun ketika mereka bermain di Piala Dunia, maka Anda bisa mencuri seluruh toko karena tidak ada yang memperhatikan. Ini adalah turnamen luar biasa yang bahkan orang-orang yang tidak suka sepakbola pun akan jatuh cinta terhadap tim nasionalnya.”

Juara Piala Dunia Menurut Mourinho

“Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo adalah pemain bagus yang bisa membat tim mereka lebih baik dari sekadar di atas kertas. Jadi, saya merasa Argentina dan Portugal bisa melakukannya dengan baik. Brasil berpeluang juara karena manajer mereka yaitu Tite bisa bermain baik secara taktik dan memiliki pertahanan yang kuat. Ditambah mereka masih memiliki bakat-bakat alami. Brasil akan menarik untuk ditonton.”

“Kalau dari Eropa, Spanyol adalah tim yang terlihat kuat pada babak kualifikasi. Mereka memiliki campuran pemain berpengalaman yang bagus dan berkualitas. Tetapi Anda tidak pernah tahu karena selalu ada kejutan di Piala Dunia.”

Pemain Piala Dunia Terhebat versi Mourinho

“Sulit bagi saya memilih. Saya lahir tahun 1963, jadi Piala Dunia 1966 terlalu dini untuk saya, tetapi saya tahu sejarah pemain bola saat itu seperti Bobby Charlton dan Eusebio. Sejak 1970, banyak pemain hebat yang sulit untuk dipilih siapa yang terhebat seperti Franz Beckenbauer, Pele, Diego Maradona, dan Ronaldo dari Brasil. Begitu banyak bintang bermunculan dan setiap tahun aka nada bakat-bakat baru. Bagi saya, tidak mungkin membandingkan siapa yang terhebat karena Piala Dunia kerap memunculkan generasi pemain yang berbeda.”

Prediksi Jose Mourinho untuk Timnas Portugal

“Mereka bisa kembali mencapai semifinal seperti tahun 2006 dan kami juga memenangi Euro 2016 lalu, itu berarti kami adalah salah satu tim terbaik di dunia. Portugal adalah jenis negara di mana bakat baru selalu datang dan pada tim nasional saat ini saya merasa kami memiliki pemain yang lebih baik ketimbang skuat Euro dua tahun lalu. Jadi, Portugal bisa melakukan apa saja. Menjadi juara dunia? Saya tidak berani mengatakan itu, tetapi pada zaman sekarang kita bisa mengalahkan siapapun.”

Momen Piala Dunia yang Menginspirasi Jose Mourinho

“Momen yang paling berkesan adalah momen ketika kapten mereka mengangkat trofi. Dua Piala terpenting di dunia adalah Liga Champions dan Piala Dunia. Ketika anda masih kecil, atau masih berusia mudah, atau bahkan pelatih muda lalu melihat seorang pemain mengangkat Piala Dunia maka anda akan memimpikan bisa berada pada posisi itu. Saya banyak memikirkan hal itu meski saya meraihnya dalam ajang lain yaitu Piala Champions.”

Ingin Melatih Timnas Portugal?

“Tidak. Tidak! Saya belum berpikir hingga ke sana. Saya pikir menjadi pelatih untuk klub sudah menjadi pekerjaan saya karena saya harus merasakan bermain dan berlatih setiap minggunya. Saya mengatakan kalau saat ini saya belum lelah (melatih klub).”

Comments

Loading...