OUR NETWORK

Ini Alasan Michael Keane Tolak Manchester United demi Everton

Seperti kita tahu bek teranyar milik Everton FC, Michael Keane, sebenarnya memiliki peluang besar untuk berseragam Manchester United pada bursa transfer musim panas yang lalu. Namun ternyata produk akademi United sedari belia tersebut lebih memilih The Toffees dibandingkan United. Pada transfer musim panas lalu tersebut tidak banyak yang dapat didapat media mengenai alasan mengapa Keane lebih memilih Everton.

Namun baru-baru ini dilansir dari salah satu media ternama Inggris, Daily Mail, bek berusia 24 tahun tersebut mengatakan alasan utamanya adalah kesempatan bermain yang lebih besar di bawah asuhan Ronald Koeman bersama Everton.

“Mereka (United) telah ada kontak dengan agen saya dan menunjukkan peminatan yang tinggi. Namun sejumlah hal terjadi dan menurut saya Everton adalah tempat terbaik untuk saya saat ini. Dimana kemungkinan besar saya akan mendapat waktu bermain lebih banyak di Everton dibandingkan waktu saya di Manchester United dan itu adalah faktor terbesar dalam keputusan ini,” tutur Keane.

Bek tengah berkebangsaan Inggris ini sebenarnya telah cukup lama meninggalkan United. Tepatnya pada tahun 2015 silam ketika diboyong oleh Burnley, klub yang telah yakin dengan jasanya sewaktu dipinjam selama setahun penuh.

“Kalau boleh jujur, ketika sudah di Burnley untuk tiga tahun, saya bukan lagi penggemar utama Man United seperti yang dahulu. Jadi saya perlu mengenyampingkan hal tersebut dan berpikir secara rasional, apa yang paling baik untuk saya sebagai pesepakbola,” terang Keane.

Namun Keane mengakui bahwa keputusan untuk menolak United tersebut bukanlah keputusan yang mudah. Lantaran menurutnya keluarga besar Keane adalah penggemar berat Manchester United.

“Keluarga saya adalah penggemar berat Manchester United, maka ini bukanlah keputusan yang mudah. Ayah saya akan senang sekali jika saya meneken kontrak dengan United. Namun dia cukup senang ketika saya memilih Everton dan tidak ke Liverpool,” lanjut Keane.

Terbukti memang Everton adalah pilihan yang tepat bagi Keane untuk masalah waktu bermain. Di bawah asuhan Koeman, Keane menjadi pilihan utama dibandingkan dengan bek kawakan Everton, Phil Jagielka dan juga Ashley Williams.

Meski begitu, dilansir dari media yang sama Koeman menilai kepercayaan diri Keane menurun lantaran kesulitan-kesulitan yang dialami Everton dalam beberapa pertandingan terakhir. Dimana dari total 3 pertandingan terakhir, The Toffees telah kebobolan delapan gol. Sehingga rotasi duo bek sentral Everton masih diubah-ubah.

Belum lagi jadwal padat jua akan menjadi salah satu tantangan bagi Keane di musim ini. Everton tidak hanya berlaga di Premier League, namun juga bertanding di kompetisi Eropa yaitu, Europa League.

“Saya khawatir tentang agresivitas kami di lapangan dan juga cara kami bertahan. Jika saya lihat betapa sulitnya lini pertahanan lawan bagi para striker kami dan seberapa besar ruang yang kami berikan, membiarkan mereka bergerak, tidak mengikuti pemain lawan, tidak menjaga ketat, tidak agresif, itulah yang saya takutkan,” kata Koeman.

Selain itu Koeman yang semasa aktif bermain sebagai bek ini mengatakan kepercayaan diri pemain bertahan Everton tengah mengalami kesulitan, tidak terkecuali Keane.

“Kemudian tentu masalah kepercayaan diri, Michael Keane secara normal adalah bek tengah terbaik kami dalam hal penguasaan bola. Namun tampaknya sekarang ia punya keraguan dalam permainannya. Jika kamu punya keraguan dalam hal bertahan maka kamu akan alami kemunduran. Semua masalah kepercayaan diri,” jelas Koeman.

Menurut Koeman kekurangan kepercayaan diri Keane bisa terlihat dari penetrasi ke depan yang biasa ia lakukan. Di mana biasanya Keane yang mampu menggiring bola tersebut kerap kali membantu penyerangan dari lini belakang.

“Kamu tidak pergi, bahkan kamu akan mundur ke belakang jika sedang takut. Saat ini saya bisa menyebut lebih dari satu nama yang tidak menunjukkan permainan bagus dan tengah berjuang. Semuanya itu digabung membuat tim kami sedang lemah saat ini,” lanjut Koeman.

Pada hari Minggu besok (17/9), Keane untuk pertama kalinya akan bertandang ke Old Trafford dengan seragam Everton. Bersama Wayne Rooney dan Schneiderlin, Keane yang sudah terbiasa bermain di Old Trafford dapat menjadi ancaman bagi tim asuhan Mourinho.

Bagaimana menurut Anda?

Sumber : Daily Mail

Comments

Loading...