OUR NETWORK

Fakta Menarik 50 Stadion yang Ditaklukkan Manchester United di Premier League

Torehan 5-1 melawan Cardiff City tidak hanya sebatas debut manis seorang Ole Gunnar Solskjaer. Kemenangan yang disertai dengan permainan cantik tersebut juga masuk ke dalam buku sejarah Setan Merah. Cardiff Stadium, stadion pertandingan tersebut, adalah lokasi ke-50 yang berhasil ditaklukkan Manchester United sepanjang sejarah Premier League.

Di antara kontestan Premier League saat ini, ada dua stadion lagi yang belum bisa ditaklukan United sepanjang Liga Primer. Tempat tersebut adalah John Smith Stadium (Huddersfield Town), dan Amex Stadium (Brighton & Hove Albion). United masih punya peluang untuk menjadikan John Smith Stadium korban ke-51 mereka pada awal Mei nanti. Sedangkan untuk Amex Stadium, United harus menunggu setidaknya semusim lagi mengingat dalam dua perjumpaan di sana United selalu kalah.

Laga tandang pertama United di Premier League terjadi pada 15 Agustus 1992. Saat itu, mereka berhadapan dengan Sheffield United di Bramall Lane. Akan tetapi, skuad arahan Sir Alex Ferguson tersebut kalah 1-3. Kemenangan tandang pertama United terjadi di The Dell, markas Southampton, sembilan hari berselang. Dion Dublin mencetak gol tunggal saat itu sekaligus menjadi pemain kedua United yang mencetak gol di laga tandang.

Setelahnya, United cukup rajin meraih kemenangan di kandang lawannya. Apabila ada kandang yang tidak bisa ditaklukkan pada musim tersebut, maka United akan membalasnya pada pertemuan di musim berikutnya. Kekalahan di Bramall Lane sendiri dibalas tuntas pada musim 1993/1994.

Ada beberapa fakta menarik yang berhasil kami himpun setelah menyelidiki stadion-stadion tempat United meraih kemenangan di luar Old Trafford. Salah satunya adalah fakta yang menunjukkan kalau ada enam kesebelasan yang stadionnya berhasil ditaklukkan United sebanyak dua kali. Hal ini dikarenakan tim tersebut memutuskan untuk pindah ke stadion yang baru.

12 Stadion tersebut adalah The Dell dan St Mary (Southampton), Highbury dan Emirates (Arsenal), Maine Road dan Etihad Stadium (Manchester City), Filbert Street dan King Power Stadium (Leicester City), Burnden Park dan Reebok Stadium (Bolton Wanderers), serta Upton Park dan London Stadium (West Ham United).

Fakta menarik lainnya adalah markas Swindon Town, County Ground, menjadi satu-satunya stadion yang belum bisa dikalahkan United di Premier League. Satu-satunya pertemuan mereka terjadi pada 1993/1994. Saat itu, kedua tim bermain imbang 2-2. Swindon sendiri terdegradasi di akhir musim dan belum bisa kembali lagi ke divisi teratas hingga saat ini.

Para pendukung Swindon boleh berbangga atas torehan tersebut. Sementara Barnsley (Oakwell) dan Blackpool (Bloomfield Road) menjadi dua kesebelasan yang stadionnya sukses dikalahkan Setan Merah dalam pertemuan pertamanya dan satu-satunya karena mereka langsung terdegradasi pada musim itu juga dan belum bisa kembali lagi sampai sekarang.

Wimbledon sebenarnya menjadi kesebelasan yang stadionnya juga tidak bisa dikalahkan United. Akan tetapi, hal ini bukan dikarenakan United tidak pernah memenangi laga tandang setiap menghampiri markas mereka. Akan tetapi, sepanjang karier Wimbledon di Premier League (1992-2000), mereka menumpang di Selhurst Park yang sebenarnya adalah markas Crystal Palace.

Fakta terakhir datang dari para pelatih. Sepanjang sejarah Liga Primer, United sudah dipimpin oleh enam pelatih berbeda. Akan tetapi, tidak semuanya bisa menaklukkan kandang lawan yang belum bisa dikalahkan pelatih sebelumnya.

Sir Alex contohnya. Hingga ia pensiun, ia belum bisa meraih kemenangan di markas Swindon (County Ground) dan Burnley (Turf Moor). Turf Moor sendiri kemudian bisa ditaklukkan oleh Mourinho tujuh musim berselang. Sebelum dikalahkan oleh Solskjaer, David Moyes punya peluang untuk menang di kandang Cardiff. Akan tetapi, ia tidak bisa melakukannya karena hanya bermain imbang 2-2.

Hal serupa juga dirasakan oleh Louis Van Gaal. Ia tidak bisa menang di kandang Bournemouth pada pertemuan pertama mereka. Mourinho lah yang kemudian menumbangkan pemilik stadion tersebut di depan pendukungnya sendiri pada musim 2016/17.

Stadion-Stadion Tempat United Memenangi Laga Premier League di Luar Old Trafford

No Kandang Pemilik No Kandang Pemilik
1 The Dell Southampton 26 The Valley Charlton
2 City Ground Nottingham Forest 27 Pride Park Derby County
3 Goodison Park Everton 28 Valley Parade Bradford
4 Highbury Arsenal 29 Vicarage Road Watford
5 Loftus Road QPR 30 Stadium of Light Sunderland
6 Anfield Liverpool 31 Craven Cottage Fulham
7 Carrow Road Norwich City 32 St Mary Stadium Southampton
8 Highfield Road Coventry City 33 Reebok Stadium Bolton Wanderers
9 Selhurst Park Crystal Palace 34 The Hawthorns WBA
10 Villa Park Aston Villa 35 St Andrews Birmingham City
11 Hillsborough Sheffield Wed 36 Walker Stadium Leicester City
12 Maine Road Manchester City 37 Etihad Stadium Manchester City
13 Bramall Lane Sheffield United 38 Fratton Park Portsmouth
14 Boundary Park Oldham Athletic 39 JJB Stadium Wigan Athletic
15 White Hart Lane Tottenham Hotspur 40 Madejski Stadium Reading
16 Elland Road Leeds United 41 Brittania Stadium Stoke City
17 Portman Road Ipswich Town 42 KC Stadium Hull City
18 Ewood Park Blackburn Rovers 43 Emirates Stadium Arsenal
19 Stamford Bridge Chelsea 44 Molineux Wolverhampton
20 Filbert Street Leicester City 45 Bloomfield Road Blackpool
21 Upton Park West Ham United 46 Liberty Stadium Swansea City
22 Burnden Park Bolton Wanderers 47 Dean Court Bournemouth
23 St James Park Newcastle United 48 London Stadium West Ham United
24 Riverside Middlesbrough 49 Turf Moor Burnley
25 Oakwell Barnsley 50 Cardiff Stadium Cardiff City

 

Comments