OUR NETWORK

Dukungan untuk Pep dan Klopp Naik, Wenger Turun Drastis

Kabar mengejutkan datang dari Arsene Wenger, yang mulai kehilangan kepercayaan dari fans Arsenal. Di sisi lain, kompetitornya di Premier League, Jose Mourinho, justru terus mendapat dukungan besar dari para fans Manchester United. Mengapa bisa begitu?

Menurut sebuah survei milik aplikasi Forza Football, hanya 36 persen saja suara dukungan dari penggemar Arsenal yang (masih) percaya pada Wenger, sementara Mourinho masih terus mendapat dukungan besar dari para pendukung United meski sempat bersiteru di paruh musim sebelumnya.

Manajer asal Prancis itu memiliki peringkat kepercayaan terendah dari enam manajer klub teratas Premier League di atas semua yang telah ditunjukkan selama musim ini berlangsung. Survei terhadap lebih dari 140.000 penggemar sepakbola dari 38 negara di lima benua, yang dilakukan oleh aplikasi Forza Football, mengeksplorasi sentimen penggemar tentang isu-isu kunci serta faktor dari tim sepakbola kesayangan mereka. Itu semua seperti apakah mereka memiliki kepercayaan pada manajer, skuad utama dan pemilik klub.

Data menunjukkan hanya 36 persen penggemar Arsenal yang masih menaruh kepercayaan terhadap Wenger dan sisanya menganggap jika ia merupakan orang yang pantas dipecat dari pekerjaannya sebagai manajer klub, setelah kalah 2-1 dari Bournemouth pada awal Januari lalu.

Tingkat kepercayaan tersebut menjadi yang terendah yang pernah tercatat selama musim ini. Persentase tersebut kemungkinan berfluktuasi menyusul konfirmasi transfer Henrikh Mkhitaryan ke Arsenal, dan sekaligus melihat Alexis Sanchez pindah ke Old Trafford dalam kesepakatan pertukaran transfer pemain.

Sementara itu, Jose Mourinho, yang sempat mendapat kecaman dalam gaya bermain Manchester United musim ini, masih mendapat dukungan sebanyak 64 persen dari fans klub, meski angka tersebut turun dari jumlah sebelumnya yang mencapai angka 84 persen pada awal Oktober.

Jurgen Klopp saat ini berada di puncak grafik persentase kepercayaan itu dengan jumlah 89 persen. Para pendukung Liverpool memiliki kepercayaan lebih kepada pria asal Jerman itu kendati penjualan 146 juta paun Philippe Coutinho ke Barcelona sempat terjadi pada bulan ini.

Klopp unggul di atas Pep Guardiola, yang saat ini memimpin Manchester City serta berhasil membawa timnya itu memuncaki klasemen sementara Premier League dengan 12 poin selisih dari peringkat dua, Manchester United.

Pada awalnya, Guardiola hanya memiliki 73 persen kepercayaan dari penggemar City di awal musim ini, namun, persentase tersebut merangkak naik sejalan dengan penampilan klub selama enam bulan terakhir. Angka 73 persen itupun berubah menjadi 85 persen.

Kemudian, ada para pendukung Tottenham yang memilki fluktuasi paling sedikit sepanjang musim ini dengan rating persentase dukungan per bulan untuk Mauricio Pochettino. Pochettino sendiri hanya sempat memiliki persentase tertinggi sebesar 88 persen dan terendah sebesar 83 persen.

 

Sumber : Sky Sports

Comments

Loading...