OUR NETWORK

Dean Henderson: Saya Ingin Menjadi Kiper Utama Manchester United dan Timnas Inggris

Manchester United baru saja memperpanjang kontrak salah satu penjaga gawangnya. Bukan David de Gea melainkan Dean Henderson. Kiper muda ini dikontrak hingga 2022 dengan opsi tambahan kontrak satu tahun. Jika melihat durasi kontrak yang diberikan, United memang menaruh harapan besar kepada penjaga gawang 22 tahun ini.

Berikut adalah kutipan wawancara Dean dengan MUTV yang kami kutip dari situs resmi klub.

Selamat atas kesepakatan baru Anda di United. Saya yakin itu akan melegakan bagi Anda untuk memiliki dua periode. Jangka pendek dan jangka panjang?

“Ya, aku tahu, terutama untuk diri saya dan keluarga saya. Rasanya seperti berada di bulan. Masuk pada usia 14 tahun, lalu bisa sampai ke tahap ini saya sangat bersemangat. Sebuah hal terbaik di dunia bisa bekomitmen bersama klub yang saya cintai.

Seperti yang Anda katakan, setelah berusia 14 tahun, apa yang terjadi kepada Anda?

“United masuk dalam darah saya. Sejak saya bergabung hingga saya duduk di sini sekarang, saya sudah belajar banyak. Saya tumbuh menjadi seorang pria dan saya benar-benar berterima kasih atas semua yang dilakukan klub kepada saya.”

Anda sudah bicara dengan Ole Gunnar Solskjaer. Apa yang dia katakan tentang masa depan Anda di klub?

“Dia hanya mengatakan kepada saya untuk terus maju dan melakukan apa yang bisa saya lakukan. Tidak ada alasan bagi saya untuk tidak membuat terobosan suatu hari nanti. Saya hanya bisa fokus pada diri saya sendiri dan tidak melihat hal-hal lain yang terjadi di sekitar saya. Pada akhirnya, hanya saya yang bisa membantu karier saya. Saya harus bekerja keras, hari demi hari, untuk bisa menjadi kiper yang terbaik yang saya bisa.”

Ini bukan kesepakatan jangka panjang karena Anda akan kembali ke Sheffield United dengan status pinjaman. Apakah itu keputusan mudah bagi Anda kembali ke sana?

“Itulah yang saya inginkan. Saya datang dan berbicara dengan manajer Sheffield, Chris Wilder pada akhir musim lalu ketika kami promosi. Saat itu, dia ingin menyelesaikan (peminjaman ini). Ia tahu saya adalah orang seperti apa. Bagus bagi dirinya untuk melihat saya di Premier League saat ini untuk membuktikan diri saya, karena sangat sulit jika melakukan itu (menjadi kiper utama) bersama United. Secara realistis, dipinjamkan kembali adalah pilihan bagus. Saya senang dengan keyakinan Sheffield United sehingga saya tidak sabar untuk kembali bermain bersama mereka.”

Saat musim pertama di Sheffield United, Anda sukses membawa mereka kembali ke Premier League…..

“Ya tentu saja. Sheffield United adalah klub besar dan bisa membawa mereka ke level atas setelah 12 tahun. Musim lalu adalah musim yang luar biasa.”

Seperti yang Anda katakan, ini tidak hanya sebatas soal Sheffield United yang bermain di Premier League melainkan mendapatkan menit bermain yang sangat penting, bukan begitu?

“Itulah langkah selanjutnya. Saya sudah merasakan hampir semua level liga, dan itu perjalanan sulit untuk mencapai Premier League. Saya sudah bekerja keras, saya memiliki keberanian untuk keluar ke tim lain demi mengembangkan kemampuan saya. Itu tidak mudah. Sekarang saya punya kesempatan untuk menikmati kompetisi level atas dan semoga saya bisa menunjukkan apa yang bisa saya lakukan.”

Apa rahasia Anda sukses sebagai pemain pinjaman?

“Jadilah dirimu sendiri dan bermainlah layaknya klub itu adalah klub utamamu. Dan saya telah melakukan itu. Saya akan selalu menggunakan hati ketika bermain entah itu di United, Carlisle, Grimsby Town, Shrewsbury, atau Stockport County. Saya akan selalu menjadi pemain yang bersemangat dan saya ingin selalu tampil baik. Semoga suatu hari saya bisa melakukannya di Old Trafford, tempat saya selalu bermimpi bisa menjadi kiper utama.”

Anda sudah bermain di semua level sepakbola Inggris, seberapa pentingkah hal itu membantu perkembangan Anda saat ini?

“Semakin rendah Anda bermain, maka penjaga gawang semakin sulit bermain. Saya belajar hal itu di Grimsby, Shrewsbury, dan sekarang Sheffield United. Saya belajar di mana pun saya berada. Saya mendapatkan beberapa laga besar musim lalu seperti derby Sheffield (United vs Wednesday), melawan Leeds United di Elland Road. Pertandingan itu sangat menekan dan Anda hanya bisa menikmatinya. Semoga segala pengalaman itu membantu saya menjadi kiper di Manchester United.”

Seperti apa hubungan Anda dengan para pemain Sheffield United?

“Luar biasa, mereka adalah sekelompok pemain hebat. Semua orang ingin melakukan yang terbaik satu sama lain dan semua orang berada di arah yang benar. Saya pikir hal itu terjadi karena manajer. Dia membawa pengaruh bagus untuk klub ini bisa kembali ke Premier League. Semoga musim ini menjadi musim yang sukses bagi kami dan kami bisa melangkah sejauh mungkin.”

Selain menit bermain, apa target Anda untuk musim depan?

“Target? Sudah pasti mendapatkan tempat di skuad nasional Inggris. Mudah-mudahan tahun ini bisa menjadi tahun saya membuat terobosan. Selain itu, saya ingin membuat Sheffield United terbiasa dengan Premier League. Karena semuanya tergantung performa kami di liga.”

Solskjaer sudah berbicara tentang Anda, begitu juga Gareth Southgate. Anda juga sudah membuktikan diri Anda di divisi Championship, yang merupakan liga yang sulit. Bagaimana Anda menjaga diri Anda untuk tetap tenang dengan semua tekanan yang ada di sekitar?

“Anda harus ingat apa yang membuat Anda bisa sampai di level tersebut dan kemudian terus mempertahankannya. Saya bekerja keras setiap hari untuk menjadi yang lebih baik dari diri saya. Pada akhirnya, satu-satunya tekanan yang saya rasakan itu datang dari diri saya sendiri. Jika saya bisa menjadi yang terbaik, tidak ada alasan mengapa saya tidak bisa terus mengembangkan diri di sepakbola.”

Kembali membahas United, Anda berkomitmen untuk masa depan jangka panjang. Seberapa puaskah diri Anda?

“Selalu menjadi impian saya untuk bisa masuk ke tim utama, karena saya sudah memikirkan hal itu sejak usia empat atau lima tahun. Jarak itu (menjadi kiper utama United) semakin lama semakin dekat. Tinggal Anda yang harus bekerja secara profesional dan berkorban. Semoga suatu hari saya mendapatkan keberuntungan itu dan saya siap melakukannya.”

Apakah Anda belajar dari para pemain United lain?

“Ya, 100 persen. Di sini, Anda punya pelatih penjaga gawang terbaik dan itu adalah pelatih terbaik di dunia. Belajar dari beberapa kiper dan pelatih kiper adalah hal yang luar biasa. Tidak mudah untuk berhasil, tetapi semua orang di sini punya tekad untuk berhasil. Tinggal Anda bekerja keras dan mengambil semua pengetahuan yang Anda bisa dapat dari orang-orang seperti De Gea, Romero, dan Grant. Dari sana, Anda membangun diri Anda ke level berikutnya.”

Yang terakhir, apa tujuan akhir Anda?

“Bermain untuk United dan menjadi kiper nomor satu Inggris. Saya sedang berada di jalur yang benar jika saya terus mengembangkan dan mendapatkan keberuntungan. Jika saya mendapatkan keduanya, maka saya bisa mencapai level tersebut.”

Comments

Loading...