OUR NETWORK

David de Gea Bicara Soal Musim Ini dan Manchester United

Meski mendapatkan penghargaan pemain terbaik Manchester United musim ini, David De Gea masih menginginkan lebih banyak trofi untuk dimenangi MU dan negaranya. Pada awal pekan lalu, De Gea dinobatkan sebagai pemain terbaik United musim ini, untuk keempat kalinya. Penghargaan itu diraih setelah penampilannya yang membantu United masuk ke final Piala FA dan mengokohkan posisi kedua timnya itu di klasemen Premier League.

Menyikapi hal itu, dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Sky Sports, De Gea mengungkapkan beberapa hal dan salah satunya mengakui jika timnya masih belum mencapai target utamanya. Ia juga menegaskan bahwa bermain untuk klub seperti Manchester United tetap menjadi hak istimewa baginya, dan berambisi untuk menghentikan sang rival sekota mereka Manchester City di musim selanjutnya.

Disarikan dari Sky Sports, berikut kami sajikan wawancara lengkap David de Gea mengenai seluruh perasaannya soal koleksi empat penghargaan spesial dari Manchester United dan seluruh perjalanan karirnya.

Sky Sports: “Apa artinya penghargaan Player of The Year bagi Anda?”

De Gea: “Saya sangat senang. Ini luar biasa. Awalnya, saya tidak membayangkan diri saya memenangkan ini, bahkan satu dari piala ini. Namun sekarang, untuk memenangkan keempat penghargaan ini sangatlah fantastis. Yang bisa saya lakukan adalah berterima kasih kepada fans, berterima kasih kepada rekan-rekan setim saya dan berterima kasih kepada mereka atas kasih sayang yang telah mereka tunjukkan selama bertahun-tahun.”

Sky Sports: “Apa arti klub ini bagi Anda?”

De Gea: “Ini adalah cara saya hidup, menjadi bagian dari klub seperti Manchester United dan menjadi bagian dari sejarahnya. Ini adalah hak istimewa. Saya adalah bagian dari klub di mana begitu banyak legenda dan begitu banyak tokoh bersejarah telah melewati stadion ini selama bertahun-tahun. Ini adalah sesuatu yang saya nikmati sepanjang waktu. Hal ini adalah kesenangan, kehormatan, dan hak istimewa mutlak.”

Sky Sports: “Manajer Anda, Jose Mourinho, yakin jika ada yang salah ketika seorang kiper menang. Apakah kamu setuju dengan itu?”

De Gea: “Mungkin lebih baik jika seorang striker yang telah mencetak banyak gol yang seharusnya menang, atau mungkin gelandang tengah, tapi inilah sepakbola. Saya pikir sepakbola telah berkembang, dan saya pikir peran penjaga gawang semakin penting dalam permainan secara umum. Itulah yang terjadi tahun ini. Mungkin tahun depan, semoga seorang striker dapat memenangkannya.”

Sky Sports: “Berbicara tentang permainan Anda selama ini, bagaimana Anda menggambarkan seorang David de Gea yang baru pertama kali menandatangani kontrak untuk United?”

De Gea: “Saya masih seorang pemain muda baru yang berasal dari negara yang berbeda dengan budaya yang berbeda. Saya tidak berbicara bahasa Inggris, dan semuanya berbeda. Waktu itu sangat sulit. Meski ada saat-saat yang sulit, tetapi apa yang tidak pernah saya lakukan adalah melepaskan kepercayaan yang saya miliki dalam diri saya.”

“Saya harus percaya pada kemampuan saya sendiri, dan yang utama adalah bekerja dengan sangat-sangat keras dan berjuang untuk meningkatkan kemampuan. Saya pikir jika saya melihat ke belakang, saya adalah penjaga gawang yang lebih baik untuk klub biasa, dan lebih dewasa sebagai pribadi yang baik. Saya jauh berbeda dari David de Gea yang sudah banyak dikenal seperti sekarang.”

Sky Sports: “Musim ini, orang-orang banyak melihat penampilan Ederson, dan pemain seperti itu juga bermain baik dengan kakinya. Melihat hal ini, menurut Anda bagaimana perubahan gaya bermain kiper dalam lima atau 10 tahun terakhir?”

De Gea: “Ini adalah perubahan penting dalam permainan ini. Akibatnya, penjaga gawang harus meningkatkan setiap aspek permainan. Anda harus lebih bulat sebagai pemain. Setiap orang harus meningkatkan kualitas yang mereka miliki untuk menguasai bola, Anda harus memiliki kemampuan kaki yang baik, dan Anda harus bisa dianggap sebagai kiper serba bisa. Saya menganggap semua aspek menjadi penjaga gawang sebagai hal mendasar dalam pengembangan sisi secara keseluruhan.”

Sky Sports: “Anda sering dibicarakan sebagai kiper terbaik di dunia. Memangnya, kiper lain mana yang Anda lihat dan contoh?”

De Gea: “Setiap penjaga gawang memiliki kelebihan dan kualitas masing-masing. Yang saya suka lakukan adalah fokus pada setiap penjagaan terhadap bola. Anda dapat memilih bit dari setiap kiper di mana mereka sangat kuat, dan Anda dapat belajar dari hal-hal seperti itu. Ini adalah kasus melihat gambaran yang lebih besar, melihat kemampuan dan memasukkannya ke dalam skema permainan khas milik Anda.

Sky Sports: “Bagaimana Anda meringkas musim ini untuk tim?”

De Gea: “Tim belum cukup baik di musim ini. Namun cukup adil bagi kami berjuang ketika bisa bertahan di tempat kedua, dan semoga kami akan bangkit di musim depan. Yang jelas, kami belum menyelesaikan target kami yaitu memenangkan gelar Liga Premier. Untuk itulah kami semua masih berada dalam kekurangan signifikan.”

“Padahal, target itulah yang diinginkan para pemain di klub dan juga untuk menunjukkan pertanggungjawaban kami. Pun di Liga Champions, kami juga tidak berhasil memenangkannya. Jelas, dengan begitu Piala FA menjadi sangat penting. Ini celah trofi yang bagus untuk dimenangkan, dan kami semua akan memenangkannya. Kami adalah Manchester United, dan kami harus bertujuan untuk hal-hal yang lebih besar dan lebih baik. Inilah yang juga selalu menjadi fokus kami.”

Sky Sports: “Bagaimana Anda dan tim dapat menutup kesempatan rival seperti Manchester City di musim depan, dan apa persiapan Anda untuk menantang gelar dengan mereka?”

De Gea: “Musim depan adalah musim baru dan kami harus memperbaiki tim di sejumlah area. Tapi sekarang kami harus berjuang untuk mengakhiri musim ini dengan baik. Bukan hanya Manchester City, kami juga akan menantang tim besar lain di musim depan, lima atau enam tim, demi berjuang mendapatkan gelar Liga Premier. Ini adalah perjuangan, dan kerja keras bagi United.”

***

Terlepas dari interview eksklusif tersebut, David de Gea adalah seorang kiper terbaik di era sepakbola saat ini. Sulit sekali menyangkal kapabilitasnya di bawah gawang Manchester United. Maka menjadi wajar jika seorang kiper terbaik sepertinya menginginkan hasil yang terbaik pula untuk klubnya. Semoga saja, dengan penghargaan pemain terbaik yang sudah dikoleksinya sebanyak empat kali, menjadi penanda yang memberi dampak baik untuk pasukan Od Trafford di musim depan.

 

Sumber: Sky Sports

Comments