OUR NETWORK

Data dan Fakta Unik Suporter di Premier League Musim Ini

Suporter tidak akan pernah bisa dipisahkan dengan klub kesayangannya. Bahkan, tak sedikit pula yang memberikan seluruh dedikasi hidupnya, hanya demi memberikan kontribusi penuh sebagai ‘penyemangat’ untuk klub tercinta. Tak terkecuali para suporter kesebelasan Premier League.

Suporter kesebelasan Premier League sangatlah terkenal dengan fanatisme dan keantusiasannya. Bukan dua atau tiga barisan suporter saja yang memiliki karakteristik seperti itu, karena sebenarnya semua suporter Inggris demikian adanya. Namun terdapat pula di antaranya yang memiliki karakteristik khusus yang sudah sangat terkenal di seluruh penjuru antero tanah Ratu Elizabeth. Di antaranya adalah suporter Liverpool dan Manchester United.

Bahkan, dikutip dari Sky Sports, suporter Liverpool terpilih sebagai pasukan paling berisik di antara suporter lainnya termasuk Manchester United. Suporter klub yang bermarkas di Anfield itu juga justru sangat dikenal karena memiliki nyanyian-nyanyian favorit mereka. Fakta ini dibuat setelah lebih dari 4.000 suporter tim papan atas, mantan pemain, dan manajer, mengikuti sebuah survey yang dibuat oleh Barclays dan YouGov.

Mereka yang disurvei menempatkan fans Liverpool di urutan pertama untuk suporter dengan dukungan paling keras dan paling berisik saat bernyanyi. Pun dengan “You’re Never Walk Alone” yang menjadi lagu terbaik di atas lagu milik West Ham ‘I’m Forever Blowing Bubbles’ dan lagu Stoke City ‘Delilah’. ‘You’re Never Walk Alone’ juga dinobatkan sebagai lagu favorit yang sering dinyanyikan oleh suporter klub lain.

Untuk lebih jelasnya, dikutip dari Sky Sports, berikut kami sajikan data dan fakta deretan suporter paling berisik di Premier League.

Lima suporter paling berisik Premier League

Tim Ter-berisik di kandang Suporter yang sering menyanyikan lagu di kandang Ter-berisik di tandang Suporter yang sering menyanyikan lagu di tandang
Liverpool 1st 1st 1st 1st
Newcastle 2nd 3rd 2nd 3rd
Crystal Palace 3rd 2nd 5th 4th
Manchester United 4th 4th 3rd 2nd
Stoke 5th
West Ham 5th 4th 5th

 

Kemudian, lebih dari empat dari lima barisan suporter (dengan presentase 81 persen) mengatakan jika mereka merasa memiliki pengaruh positif saat berada di pertandingan langsung, dan sangat menikmati lagu-lagu favorit mereka ketika sedang berada di stadion.

Lagu favorit para suporter Premier League

Urutan Klub dan lagu
1st Liverpool – You’ll Never Walk Alone
2nd West Ham – I’m Forever Blowing Bubbles
3rd Stoke – Delilah

 

Bahkan, 86 persen barisan suporter mengatakan bahwa mereka percaya peran mereka adalah untuk mendukung klub kesayangan mereka secara lisan, ketimbang hanya duduk dan menonton saja. Rata-rata 36 persen dari barisan suporter tim-tim Premier League juga mengatakan jika mereka bisa menjadi pemain ‘ke-12’ untuk klub kesayangan mereka dengan ambisi yang sangat membara.

Hal paling penting yang diinginkan para suporter Premier League dari klub kesayangan mereka

Urutan Keterangan Presentase keseluruhan (urutan tim tertinggi)
1st Bermain dengan hati dan komitmen 28 (Everton, 37%)
2nd Meraih kemenangan 22 (Brighton, 31%)
3rd Bermain baik 18 (Burnley, 30%)
4th Memainkan sepakbola yang menghibur 13 (Arsenal dan Manchester United, 21%)

 

Tercatat juga, dalam voting pertandingan terbaik di musim ini, di mana para suporter membuat perbedaan paling besar untuk hasil akhir sebuah klub, hasil kemenangan 4-3 Liverpool atas Manchester City masih menjadi yang paling favorit yang dipilih oleh para suporter di Inggris.

 

Sumber: Sky Sports

Comments