OUR NETWORK

Darah Asia yang Mengalir di Tubuh Manchester United

Sepakbola di Benua Asia terus menunjukkan perkembangan. Ini dibuktikan dengan banyaknya pemain Asia yang berhasil menembus liga top Eropa. Salah satu kesebelasan besear Eropa yang tak ragu mendatangkan pemain Asia adalah Manchester United. Terhitung sudah empat pemain Asia yang pernah singgah di Old Trafford hingga saat ini. Siapa saja mereka? Berikut adalah pemain Asia yang pernah bermain di United.

Dong Fangzhuo (2004 s/d 2008)

Dong Fangzhuo signs Manchester United contract

Mungkin nama Dong Fangzhuo tak banyak dikenal orang namun dialah pemain Asia pertama yang berlabuh di Old Trafford. Fangzhuo didatangkan dari kesebelasan Liga China, Dalian Shide, pada 2004 senilai 500 ribu paun; angka yang terbilang tinggi untuk pemain Asia kala itu. Namun sayang, harga yang cukup mahal tak membuat Fangzhuo mendapat tempat di tim utama United. Sehingga Fangzhuo pun dipinjamkan ke klub Belgia Royal Antwerp FC.

Dia membuat debut bersama Manchester United pada 2007 saat Man. United bertandang ke Stamford Bridge untuk melakoni laga final FA Cup melawan Chelsea. Pertandingan ini merupakan satu-satunya pertandingan Fangzhuo bersama United. Karena penampilannya yang tidak menunjukkan perkembangan akhirnya Fangzhuo pun dijual kembali ke Dalian Shide pada tahun 2008.

Park Ji-Sung (2005 s/d 2012)

park-ji-sung

Inilah pemain Asia paling fenomenal yang pernah bermain di Manchester United. Pemain berkewarganegaraan Korea Selatan ini mengawali karirnya di Eropa saat bergabung dengan PSV Endhoven pada musim 2003/2004. Dua musim di PSV Endhoven, Park Ji-Sung menunjukan permainan yang sangat gemilang. Hal inilah yang membuat Sir Alex Ferguson tertarik untuk mendatangkannya ke Old Trafford pada musim 2005/2006.

Semenjak kehadirannya di Old Trafford, Park Ji-Sung berhasil meraih berbagai macam gelar, baik gelar individu maupun untuk klub. Di level klub dia berhasil meraih kesuksesan bersama United dengan meraih empat trofi Liga Primer, tiga trofi Piala Liga Inggris, empat trofi FA Community Shield, satu trofi Liga Champions, dan satu trofi Piala Dunia Antarklub. Sedangkan untuk gelar individu dia berhasil dinobatkan oleh FIFA sebagai pemain Asia terbaik di Eropa pada 2007 dan diapun juga mencatat rekor sebagai pemain Asia pertama yang bermain di final Liga Champions dan memenanginya. Perjalanannya di Manchester United pun berakhir pada musim 2011/2012 dan memutuskan pindah ke Queens Park Rangers untuk bermain pada musim 2012/2013.

Shinji Kagawa (2012 s/d 2014)

park-jisung

Seolah meneruskan tren pemain Asia yang bermain di United, pada 2012 Manchester United kembali merekrut pemain berdarah Asia yaitu Shinji Kagawa. Pemain yang satu ini sudah mulai bermain sepakbola sejak umur lima tahun dan memulai karir profesionalnya di usia 17 tahun dengan menandatangani kontrak dari klub Cerezo Osaka.

Kagawa merupakan pemain penuh talenta. Dia dikenal memiliki teknik yang baik dalam menggocek bola. Sebagai seorang gelandang, Kagawa mampu bermain baik di sisi kanan maupun sisi kiri lapangan. Kecepatan dan kelihaiannya dalam mengelabui lawan membuatnya menjadi pemain yang sulit untuk dihentikan.

Pemain asal Jepang ini direkrut United pada musim 2012/2013 dengan harga 22 juta euro. Debutnya bersama Man. United yaitu saat melakoni laga melawan Amazulu FC saat tur pra musim Manchester United di Afrika. Pada Maret 2013, MU mengalahkan Norwich dengan skor 4-0 dan tiga dari empat gol tersebut dicetak oleh Shinji Kagawa. Ini menjadikannya sebagai pemain Asia pertama yang dapat mencetak hattrick di Liga Primer Inggris. Dia pun juga tercatat sebagai pemain Jepang pertama yang meraih gelar Liga Primer Inggris. Namun saat itu Kagawa mengalami penurunan performa sehingga pada Agustus 2014 Manchester United menjualnya ke Borussia Dortmund dengan harga £6,3 juta.

Mungkin pemain asal Armenia, Henrikh Mkhitaryan bisa saja masuk ke daftar pemain asia keempat yang bergabung dengan MU. Karena posisi geografis Armenia yang berada di lintas benua yakni Eropa-Asia. Namun Armenia memilih UEFA daripada AFC sebagai induk sepakbola mereka. Maka atas dasar itulah penulis tidak memasukkan Henrikh Mkhitaryan sebagai pemain Asia yang bermain di MU. Jadi itulah beberapa pemain Manchester United yang berasal dari Benua Asia. Tentunya kita akan terus menunggu siapa lagi talenta Asia yang akan bergabung bersama Manchester United.

Sumber : dailystar.co.uk, bolavaganza.com, unitedismyreligion.wordpress.com

Comments