OUR NETWORK

Cedera Paul Pogba Bukan Masalah Besar bagi Manchester United

Gelandang Manchester United, Paul Pogba, saat ini sedang absen karena mengalami cedera pergelangan kaki, dan diperkirakan akan sembuh –kemungkinan– pada Desember nanti. Namun, kendati begitu, hal ini bukanlah bencana bagi skuat Ole Gunnar Solskjaer. Bahkan, skuat Setan Merah tampak lebih baik tanpa kehadirannya.

Ini bukanlah klaim semata. Pasalnya, Manchester United baru-baru ini menampilkan penampilan paling meyakinkan di musim ini meski bermain tanpa kehadiran Pogba di lini tengahnya. Malah, alih-alih kehilangan, Solskjaer sendiri justru tidak khawatir dan mengungkapkan kalau Pogba memang perlu diistirahatkan terlebih dahulu sampai sebulan kedepan.

“Saya kira kami tidak akan melihat dia (Pogba) bermain sebelum Desember. Dia akan keluar sebentar. Dia perlu waktu untuk pulih sepenuhnya, jadi jangan berpikir dia akan kembali secepat mungkin. Mungkin, pertandingan melawan Sheffield United setelah jeda internasional adalah waktu yang tepat untuk memainkannya, tetapi saya tidak tahu, mungkin juga dia hanya bisa bermain saat bulan Desember,” tutur Solskjaer dikutip dari MEN Sports.

“Saya bukan dokter. Yang saya tahu dia sedang cedera dan membutuhkan penyembuhan. Dia memang memiliki masalah pada pergelangan kakinya, tapi itu tidak terlalu mengkhawatirkan. Masih ada proses kebugaran yang kami sediakan untuk Pogba, dan dia telah memberikan progres tentang potensi kesembuhannya hanya delapan hari setelah dia melakukan sesi yang kami berikan tersebut.”

Di sisi lain, Paul Pogba sendiri sempat mengunggah sesi latihan kebugarannya di akun Instagram pribadinya, dan hal inilah yang membuat Solskjaer tidak khawatir dengan keadaan anak asuhnya itu. Sementara itu, Solskjaer sendiri memang sedang meracik sedemikian rupa skutanya, terutama pada aspek lini tengahnya, demi membawa United kembali ke posisi 10 besar.

Karena sejauh ini United sedang melewati masa-masa kelam ketika harus terdampar di posisi papan bawah klasemen Premier League. Selama itu pula, Paul Pogba hanya membuat dua penampilan untuk United dalam 10 pertandingan terakhir, di mana satu pertandingan ketika menang melawan Rochdale di Piala Liga, dan satu lagi ketika meraih hasil imbang melawan Arsenal di Premier League.

Namun, sepanjang 10 pertandingan terakhir itu, United harus berjuang untuk mengambil poin di liga –yang kemudian menimbulkan pertanyaan dari banyak suporter dara para pundit sepakbola terhadap kinerja permainan mereka yang selalu kurang baik. Pasalnya, banyak poin yang mudah hilang begitu saja akibat dampak dari kurangnya kreativitas dan dorongan skema lini tengah tim utama Setan Merah.

Kehadiran Paul Pogba ini dinilai tidak memberi dampak positif apa-apa bagi lini tengah United. Oleh sebab itu, saat ini, United mulai menunjukkan bahwa ketidakhadiran Pobga (karena cedera) menjadi salah satu hal yang membuat mereka bisa kembali tampil dalam performa terbaik. Hal ini jugalah yang kemudian menjadi pendorong bagi tim Solskjaer untuk keluar dari ketergantungan pada permainan Pogba.

Di satu sisi, jika berkaca pada pertandingan terakhir mereka saat melawan Norwich City, peran Pogba rasanya memang tidak begitu penting bagi United, dan tampaknya hal seperti ini masih akan beranjut dalam beberapa minggu mendatang. Selain itu, sekarang sudah ada McTominay dan Fred yang muncul sebagai pahlawan baru bagi lini tengah United.

Berkat racikan-racikan skema baru yang dibuat, Ole Gunnar Solskjaer akhirnya mampu menemukan peran yang pas untuk Fred –setelah sebelumnya selalu gagal ketika memberi peluang kepada pemain berusia 26 tahun itu dalam beberapa pekan terakhir. Dan sekarang, ia mulai menjalin kemitraan yang baik dengan McTominay di pos lini tengah United.

Bahkan, McTominay sendiri sempat memuji penampilan rekan setimnya itu setelah pertandingan melawan Norwich City pada pekan ke-10 Premier League pekan lalu. Ia mengungkapkan bahwa Fred bermain sangat brilian, dan menurutnya, bekerja sama dengan pemain asal Brasil itu di lini tengah adalah hal yang mengesankan.

“Fred brilian hari ini (saat melawan Norwich City), kami bekerja sebagai pasangan yang serasi di lini tengah, dan kami semakin memahami bahwa kami adalah duet baru di lini tengah. Jadi, saya pikir dia hebat, dan dia harus mendapatkan kredit untuk penampilannya. Saya sangat tekesan dengan itu,” ungkap McTominay pasca pertandingan melawan Norwich.

Sementara itu, McTominay sendiri dinobatkan sebagai Man of the Match pada pertandingan tersebut, sedangkan Fred, dinilai sudah menunjukkan penampilan yang membaik dalam 10 hari terakhir setelah Solskjaer menempatkannya sebagai pengganti Pogba yang absen karena cedera. Semoga saja penampilan mereka berdua bisa terus baik selama beberapa minggu kedepan –sebagaimana yang selalu diharapkan para suporter United di musim ini.

Tidak terlepas dari itu, rangkaian pertandingan United berikutnya adalah melawan Chelsea, Bournemouth, Partizan dan Brighton, sebelum jeda internasional ketiga di parum pertama musim ini. Maka dengan begitu, Solskjaer setidaknya harus memberi keduanya (McTominay dan Fred) kesempatan lagi untuk membangun kemitraan yang lebih kuat di lini tengah menjelang kembalinya Pogba pada bulan Desember nanti.

Namun, seperti yang semua orang tahu, sejauh ini Paul Pogba masih belum berpengaruh positif pada sistem baru Solskjaer di musim ini. Jadi, jika skema permainan United bisa terus-terusan baik seperti apa yang mereka tampilkan di Carow Road pekan lalu, dan dengan ditambah konsistensi permainan dari McTominay dan Fred dalam membangun kemitraan di lini tengah, maka tidak ada alasan lagi bagi mereka untuk menyatakan kalau ketidakhadiran Pogba memang tidak berpengaruh sama sekali pada permainan tim.

Comments

Loading...