OUR NETWORK

Apa Saja yang Dilakukan Manchester United Sebelum Menghadapi Laga Kandang?

Terkadang kita sering bertanya-tanya, apa yang dilakukan oleh para pemain United sebelum pertandingan dimulai? Pertanyaan tersebut muncul mengingat para pemain United harus datang ke stadion sekitar 45 menit atau bahkan satu jam sebelum pertandingan dimulai. Dilansir dari MEN, inilah persiapan yang dilakukan oleh para pemain jika menghadapi pertandingan kandang.

Roy Keane pernah berkata kalau kemenangan bisa diraih apabila tim memiliki persiapan yang baik sebelum laga. Gagal dalam melakukan persiapan, maka Anda siap-siap akan mengalami kegagalan. Untuk itu, persiapan harus dilakukan sebaik mungkin agar tim bisa meraih kemenangan.

Salah satu ritual menarik yang dilakukan sebelum laga kandang adalah mengumpulkan para pemain di Hotel Lowry. Tradisi ini sudah dilakukan Setan Merah selama bertahun-tahun. Di dalam hotel ini, beberapa pertemuan pun dilakukan. Hotel ini dipilih karena jaraknya begitu dekat dengan stadion Old Trafford.

Akan tetapi, di era Mourinho jadwal menginap disesuaikan dengan waktu pertandingan. Jika laga kandang dimainkan pada pukul delapan malam, maka para pemain United akan datang pada saat makan siang di hari pertandingan. Namun, jika laga dimainkan pukul 12.30 atau 16.00 maka para pemain akan diminta berlumpul pada setengah sembilan malam satu hari sebelum pertandingan. Hal ini sedikit berbeda dengan era kepelatihan Sir Alex yang meminta para pemain untuk bermalam sehari sebelum pertandingan.

Ada beberapa pemain yang masih mempertahankan tradisi tersebut. Ashley Young adalah salah satunya. Dia akan selalu menginap di Hotel Lowry sebelum teman-temannya yang lain datang. Sementara beberapa pemain memilih untuk ikut menyesuaikan jadwal seperti yang dilakukan oleh Mourinho.

Para pemain mendapat kebebasan untuk memilih mau datang ke Hotel Lowry dengan kendaraan pribadi atau dengan bus tim. Jika opsi kedua yang dipilih, maka para pemain diminta untuk berkumpul di Carrington terlebih dahulu sebelum berangkat ke hotel layaknya anak sekolah yang sedang bersiap untuk pergi study tour.

Di Lowry, pertemuan antara pemain dengan pelatih berlangsung sekitar 20 menit. Setelah selesai, para pemain kemudian meninggalkan hotel dua jam sebelum sepak mula untuk melakukan perjalanan ke Old Trafford yang berjarak tiga mil atau sekitar 5,5 kilometer.

United harus melakukan perjalanan secepat mungkin mengingat jalanan di kota Manchester sulit sekali untuk diprediksi. Kemacetan bisa datang sewaktu-waktu. Jika jalanan lancar, maka setengah jam adalah waktu yang paling cepat untuk sampai ke Old Trafford. Akan tetapi, United bisa sampai ke stadion 25 menit sebelum kick off seperti yang mereka alami di laga menghadapi Valencia yang membuat pertandingan mundur lima menit dari jadwal semula.

Karena tidak ingin terjebak macet lagi, para pemain sempat tidak melakukan pertemuan dengan pelatih di hotel ketika laga melawan Newcastle pekan lalu. Para pemain diminta untuk langsung berangkat ke stadion setelah menginap di hotel.

Setelah sampai di stadion, para pemain akan langsung masuk ke ruang ganti dan duduk sesuai nomor mereka masing-masing. Di sini para pemain akan diberi kebebasan untuk melakukan sesuatu yang bisa membuat mereka tenang. Salah satu yang sering dilakukan adalah mendengarkan musik. Ashley Young bertugas sebagai DJ untuk memilih lagu mana yang pantas didengarkan di ruang ganti.

45 menit sebelum kick off, para penjaga gawang akan masuk ke lapangan dengan pelatih Silvino Louro dan Emilio Alvarez. Pemain non kiper kemudian menyusul untuk melakukan pemanasan terpisah selama 18 menit. Kemudian, para pemain mulai melakukan segala metode latihan seperti sprint, kucing-kucingan, hingga sesi melakukan transisi menyerang ke bertahan dan sebaliknya.

Setelah selesai, para pemain kembali ke ruang ganti untuk instruksi terakhir dari Mourinho. Lucunya, Mourinho bukan menjadi satu-satunya orang yang memberikan kata-kata penyemangat. Biasanya para pemain senior, staf lain, hingga tukang pijat juga memberikan semangat kepada para pemain. Setelah itu, dengan inisiatif para pemain mereka akan berteriak “C’mon boys!”

Sumber: Manchester Evening News

Comments

Loading...