OUR NETWORK

Antonio Rudiger, Bek Muda AS Roma yang Sempat Ditaksir Duo Manchester

Pemain-pemain muda berbakat yang tampil cemerlang sepanjang musim 2016/2017 terus diincar oleh manajer Manchester United, Jose Mourinho. Salah seorang di antaranya yang masuk dalam daftar target pelatih berkebangsaan Portugal itu adalah Antonio Rudiger, bek klub Serie A Italia, AS Roma.

Sebenarnya, bek muda asal Jerman yang masih berusia 24 tahun itu sudah mulai mencuri perhatian banyak klub top Eropa sejak satu musim sebelumnya. Pada musim 2015/2016 itu, mantan pelatih Roma Rudi Garcia mulai memberikannya kesempatan dalam musim debutnya di Serie A itu.

Ketika itu, di awal musim 2015/2016 tersebut, Rudiger sendiri datang ke Roma hanya dengan status sebagai pemain pinjaman dari klub Bundesliga Jerman VfB Stuttgart. Namun, klub yang berjuluk I Giallorossi tersebut memang memiliki opsi untuk mempermanenkan status sang pemain dengan biaya transfer sebesar 9 juta euro. Alhasil, pemain kelahiran Berlin, Jerman, 3 Maret 1993 tersebut berhasil menunjukkan kualitasnya, sehingga statusnya pun dipermanenkan oleh manajemen Roma di akhir musim ini. Saat itu, Rudiger mencatatkan 37 penampilan dengan dua gol di semua ajang.

Pada musim panas 2016, Roma pun membayar biaya transfer sebesar 9 juta euro kepada Stuttgart yang merupakan klub profesional pertama Rudiger tersebut. Tak hanya itu, dia juga menerima bonus sebesar 500 ribu euro, yang termasuk dalam kontraknya yang berdurasi empat tahun itu.

Performa memukau Rudiger juga membuatnya mendapat panggilan dari pelatih Joachim Low untuk membela tim nasional Jerman di Euro 2016 Prancis, meski sebenarnya dia sudah menjalani debut sejak 2014. Sayang, Rudiger gagal ikut, karena mengalami cedera sebelum berangkat ke Negara Menara Eiffel.

Pada musim 2016/2017 lalu, pemain berkulit hitam keturunan Jerman-Sierra Leone ini kembali jadi andalan di lini belakang Roma. Ketika itu, jabatan Garcia sudah diambil alih Luciano Spalletti sejak awal 2016. Apalagi, dia juga bisa jadi solusi jika bek sayap mengalami cedera, baik di kanan maupun di kiri, meski lebih piawai di kanan.

Dalam 35 penampilannya di semua kompetisi musim lalu, dengan catatan tiga assist, Rudiger hanya dua kali tampil dari bangku cadangan. Selebihnya, dia selalu dipilih jadi starter oleh pelatih yang kini telah hijrah ke klub Italia lain, Inter Milan pada 9 Juni 2017 itu.

Data statistik itulah yang tentunya membuat Rudiger ditaksir oleh United, seperti diklaim oleh media Italia, Calciomercato. Bahkan menariknya, rival sekota The Red Devils, Manchester juga disebut ingin mendapatkan tenaga pemain bernomor punggung ‘2’ tersebut.

Calciomercato juga menilai kedua klub asal Manchester ini menganggap Rudiger sebagai bek yang pantas bermain di Premier League Inggris di masa depan. Namun, saat itu manajemen Roma sama sekali tidak menanggapi rumor tersebut, terutama karena musim masih berjalan, meski pun hanya menyisakan beberapa pertandingan lagi.

Sebelumnya, Chelsea juga sempat dikabarkan membidik Rudiger pada bursa transfer musim dingin 2017, seperti dilaporkan oleh Daily Telegraph. Bahkan, sebenarnya klub berjuluk The Blues tersebut hampir pasti mendapatkannya pada musim panas 2016, namun cedera lutut membuat kesepakatan transfer gagal terlaksana. Sang bek pun akhirnya tetap bertahan membela Roma hingga saat saat ini. Meski begitu, bukan berarti Chelsea sudah melupakannya. Buktinya, tim asuhan Antonio Conte yang baru menjuarai Premier League itu kabarnya masih siap untuk bersaing demi memboyong Rudiger.

Selain itu, ada pula Arsenal dan jawara Bundesliga, Bayern Muenchen, yang ikut dalam persaingan tersebut. Meski begitu, sepertinya Inter menjadi klub paling terdepan untuk bisa mendapatkan Rudiger. Keberadaan Spalletti yang kini akan menangani klub yang berjuluk I Nerazzurri itu menjadi alasan utama, karena dia punya hubungan yang sangat baik dengan mantan anak asuhnya tersebut. La Gazzetta dello Sport pun mengklaim bahwa Inter sudah mengajukan proposal tawaran 28 juta euro, setelah sebelumnya juga sempat menawarkan 20 juta euro yang langsung ditolak oleh Roma.

Klub pemiliknya sendiri sebenarnya sudah siap untuk kehilangan Rudiger, karena mereka harus pula mempertahankan bek lainnya, Kostas Manolas yang juga diminati Inter. Roma hanya mau melepas salah satunya, dan mereka memilih untuk memberikan izin bagi Rudiger.

Namun, klub kebanggaan warga ibukota Italia itu hanya mau melepas sang pemain dengan nilai minimal 40 juta euro, seperti dilansir Sky Sport Italia. United sendiri pun masih bisa untuk mendapatkan Rudiger jika benar-benar tertarik, karena memang belum ada kesepakatan antara Roma dan Inter. Namun, tim Setan Merah baru saja berhasil meminang bek muda lain asal Swedia, Victor Lindelof dari klub Portugal, Benfica.

Comments

Loading...