OUR NETWORK

Kisah Para Pengguna Nomor 7 di Manchester United (1)

Setelah sempat kosong tanpa pemilik selama setahun sejak Januari 2017, akhirnya jersey bernomor punggung ‘7’ di skuat Manchester United sekarang telah terisi kembali. Bintang anyar Alexis Sanchez yang baru direkrut dari Arsenal pada bursa transfer musim dingin Januari 2018 ini akan jadi sosok pengguna nomor ‘7’ berikutnya di Old Trafford.

Striker internasional Chile yang juga bisa bermain sebagai winger itu tentu saja sangat beruntung bisa mendapatkan kepercayaan untuk mengenakan jersey nomor ‘7’ yang sangat legendaris karena pernah digunakan banyak pemain ternama tersebut.

Sanchez pun tak dapat menutupi rasa bahagia setelah dipercaya menggunakan nomor ‘7’. Pemain 29 tahun itu mengaku termotivasi meraih prestasi bersama United. “Ketika mereka memberi tahu saya bahwa Cristiano [Ronaldo], [Eric] Cantona dan David Beckham pernah memakainya, hanya dengan memikirkan nomor ‘7’ saja bisa membuatmu bermimpi untuk mengangkat trofi Liga Champions dan Premier League Inggris. Jadi ya, saya mewujudkan sebuah mimpi dan saya harap untuk memberi yang terbaik dan memenangkan banyak gelar bersama klub ini,” ungkap Sanchez kepada MUTV.

Lalu, apakah Sanchez yang direkrut dalam paket pertukaran Henrikh Mkhitaryan dengan kontraknya hingga Juni 2022 mendatang itu bisa membuktikan bahwa dirinya memang memiliki kualitas seperti para pendahulunya yang pernah memakai nomor ‘7’?

Faktanya, kostum nomor ‘7’ The Red Devils tak memulu identik dengan cerita indah. Meski memang populer sebagai angka keberuntungan, namun tak sedikit penggunanya yang mengalami kisah suram di Old Trafford. Mulai dari karier yang malah menurun drastis, hingga yang memilih angkat kaki. Berikut kisah para pengguna nomor ‘7’ United.

  1. Memphis Depay (2015-2017)

Winger internasional Belanda ini merupakan pemain terakhir yang mengenakan nomor ‘7’ di United sebelum Sanchez. Dia didatangkan oleh manajer Louis Van Gaal pada musim panas 2015 dalam usia masih 21 tahun. Namun, Memphis Depay digadang-gadang akan jadi bintang baru di Old Trafford. Selain itu, tentu dia juga punya modal besar lainnya sehingga dipercaya memakai nomor ‘7’. Ketika itu, Depay datang sebagai top skor dan juara Eredvisie Belanda 2014/2015 bersama PSV Eindhoven.

Pada musim debutnya, Depay memang mendapat banyak kesempatan, dengan membukukan 29 penampilan di liga domestik, dan total 45 penampilan di semua kompetisi. Namun, performa Depay masih jauh dibanding saat masih di Belanda. Bahkan, dia hanya mampu mencetak dua gol di Premier League. Ketika manajer Jose Mourinho masuk menggantikan Van Gaal di musim panas 2016, Depay pun tersisih, hingga terpaksa hengkang ke Olympique Lyon di Ligue 1 Prancis pada Januari 2017.

  1. Angel Di Maria (2014/2015)

Angel Di Maria secara mengejutkan menyeberang ke Old Trafford pada Agustus 2014 silam, setelah menjalani empat musim yang memuaskan bersama raksasa La Liga Spanyol Real Madrid; termasuk membawa klub tersebut menjuarai Liga Champions dan Copa del Rey pada musim terakhirnya. Dia direkrut Van Gaal dengan biaya 59,7 juta paun, yang menjadikannya salah seorang pemain termahal di Inggris. Winger internasional Argentina ini pun diberi kepercayaan memakai nomor punggung ‘7’.

Penampilan Di Maria bersama United pun sebenarnya tidaklah terlalu buruk, meski memang belum mencapai level terbaiknya selama di Santiago Bernabeu, markas Madrid. Namun, para pundit dan jurnalis malah menyebut dirinya sebagai salah satu pembelian terburuk pada musim itu. Secara mengejutkan pula, Di Maria tiba-tiba memutuskan untuk tak melanjutkan kontraknya selama lima tahun di Old Trafford, karena bergabung ke jawara Ligue 1 Paris Saint-Germain pada Agustus 2015.

  1. Antonio Valencia (2012/2013)

Pemain yang direkrut manajer legendaris Sir Alex Ferguson dari Wigan Athletic ini sudah membela tim Setan Merah sejak musim 2009/2010. Awalnya, Antonio Valencia mengenakan nomor punggung ‘25’. Namun, setelah tampil impresif dalam tiga musim perdananya dengan mempersembahkan trofi Premier League 2010/2011 dan Community Shield 2010, sang pelatih pun menawarkan nomor ‘7’ kepada bek kanan internasional Ekuador yang juga bisa bermain sebagai winger di sektor kanan ini.

Namun, Valencia hanya satu musim saja menggunakan nomor keramat tersebut. Musim berikutnya dia menanggalkan nomor ‘7’ sehingga kosong selama musim tersebut, dan kembali pada nomor ’25’ yang terus dipakainya hingga saat ini. Pemain 32 tahun itu pun kini jadi salah satu andalan Mourinho di sektor kanan timnya, baik sebagai winger namun lebih sering sebagai wingback. Bahkan, beberapa kali Valencia mendapat kepercayaan sebagai kapten tim, termasuk di final Liga Europa 2016/2017.

Comments