in

7 Pemain Muda United yang Jalani Masa Peminjaman

Membangun tim masa depan dengan bakat-bakat muda yang berkualitas sama pentingnya dengan mendatangkan pemain-pemain bintang di setiap bursa transfer. Salah satu caranya adalah dengan memberi banyak pengalaman bermain yang kompetitif untuk para pemain muda United.

Namun, tentu tak semua pemain muda bisa diturunkan di tim utama. Oleh karena itu, pelatih terpaksa memilih untuk ‘menyekolahkan’ mereka ke klub-klub lain. Berikut 7 pemain muda United yang dipinjamkan pada musim 2017/2018 ini.

  1. Regan Poole (Northampton Town)

Bek tengah berusia 19 tahun ini sebenarnya sudah menjalani debut tim senior di musim 2015/2016 lalu ketika masih diasuh manajer Louis van Gaal. Ia didatangkan setelah dipinang dari klub League Two, kompetisi level keempat Inggris di awal musim, Newport County.

Ketika itu, Regan Poole dimainkan di Europa League pada Februari 2016. Itulah satu-satunya penampilannya bersama tim utama United hingga saat ini, karena lebih banyak diandalkan oleh tim U-23. Pada awal musim ini, manajer Jose Mourinho meminjamkannya selama setahun ke Northampton Town di League One, kompetisi level ketiga.

  1. Dean Henderson (Shrewsbury Town)

Meski beberapa kali masuk skuat United di Piala FA sebagai kiper kedua, namun Dean Henderson sekalipun melakukan debut profesional sejak promosi ke tim senior pada 2015 dalam usia 18 tahun.

Pada 2016, kiper jebolan akademi tim Setan Merah ini mulai dipinjamkan, termasuk pada musim lalu bersama Grimsby Town di League Two hingga akhir Januari 2017. Sedang musim 2017/2018, kiper 20 tahun yang turut memperkuat tim nasional Inggris saat menjuarai Piala Dunia U-20, Juni 2017 lalu ini akan kembali menjalani peminjaman selama semusim bersama Shrewsbury Town di League One.

  1. Sam Johnstone (Aston Villa)

Kiper jangkung berusia 24 tahun ini akan melanjutkan masa peminjaman di Aston Villa yang berlaga di Championship League, kompetisi level kedua Inggris. Separuh musim lalu, sejak Januari 2017, Sam Johnstone juga ‘disekolahkan’ ke klub tersebut dan jadi andalan dengan mencatatkan 21 penampilan di liga.

Musim ini, dia akan bahu-membahu dengan mantan kapten tim nasional Inggris John Terry yang baru datang dari Chelsea, untuk berjuang promosi ke Premier League Inggris. Sayangnya, meski sudah promosi ke tim senior sejak 2011 silam, sang kiper belum pernah membuat debut profesional.

  1. Devonte Redmond (Scunthorpe United)

Jebolan akademi United ini sudah berada di tim senior sejak 2015, namun belum sekalipun membuat debut, dan lebih banyak bermain di tim U-23. Musim 2017/2018, Devonte Redmond akan menjalani masa peminjaman untuk pertama kali. Mourinho ‘menyekolahkan’ ke klub League One, Scunthorpe United dengan durasi enam bulan sampai akhir Desember 2017 nanti.

Sejauh ini, dia sudah mencatat debut profesional pada laga pekan keempat sebagai pemain pengganti, meski hanya tampil semenit jelang laga berakhir. Selain itu, gelandang 20 tahun ini juga ikut main di dua laga Piala Liga Inggris.

  1. Cameron Borthwick-Jackson (Leeds United)

Peraih penghargaan Denzil Haroun Award alias pemain terbaik tim reserve United 2015/2016 ini sudah promosi ke tim senior pada musim tersebut. Bahkan, ketika itu Cameron Borthwick-Jackson mencatatkan 14 penampilan di semua kompetisi, setelah membuat debut pada 7 November 2015 di Premier League, dan debut starter lima minggu kemudian.

Sayang, musim lalu Mourinho memilih meminjamkannya ke Wolverhampton Wanderers di Championship, meski sempat dipanggil pulang awal Januari 2017. Musim ini, dia lagi-lagi disekolahkan ke Leeds United di kompetisi yang sama.

  1. Timothy Fosu-Mensah (Crystal Palace)

Bek yang bisa bermain sebagai gelandang bertahan ini bisa dibilang bernasib lebih baik dibandingkan pemain United lainnya yang dipinjamkan musim ini. Pasalnya, klub tempat Timothy Fosu-Mensah ‘disekolahkan’; Crystal Palace masih berlaga di Premier League.

Ini merupakan kali pertama mantan anggota akademi Ajax Amsterdam berusia 19 tahun ini menjalani peminjaman. Sebelumnya, sejak promosi ke tim senior pada musim 2015/2016 lalu, dia sudah membukukan 21 penampilan di semua ajang, dan ikut tergabung dalam tim yang menjuarai Piala FA 2015/2016 dan Liga Europa 2016/2017.

  1. Matty Willock (FC Utrecht)

Masa depan pemain bernama lengkap Matthew Anthony Willock ini baru jelas di hari terakhir bursa transfer musim panas 2017 ini. Dia akhirnya dipinjamkan ke klub Belanda, FC Utrecht. Sama seperti Fosu-Mensah, Matty Willock pun beruntung tetap bisa bermain di liga utama, meski bukan di Inggris. Dia akan membela klub tersebut hingga akhir musim.

Sebelumnya, gelandang 21 tahun ini sudah promosi ke tim senior sejak awal musim 2014/2015. Namun sayangnya, dia belum pernah mencicipi pertandingan debut profesional, meskipun musim lalu jadi andalan tim U-23 di Premier League 2.

Catatan: Andreas Pereira juga dipinjamkan ke Aston Villa.

Facebook Comments
Loading...

Written by Ade Marza

Ade Marza

Penikmat kopi dan sepakbola.