OUR NETWORK

5 Momen Terbaik Wayne Rooney di Timnas Inggris

Agustus 2017 lalu, Wayne Rooney memutuskan untuk mengundurkan diri dari timnas Inggris. Sebagai penghormatan atas apa yang dilakukan pencetak gol terbanyak timnas Inggris ini, berikut kami sajikan 5 momen terbaik Wayne Rooney di timnas Inggris.

  1. Membongkar pertahanan Kroasia (2004)

Jika Rooney saat berusia 16 tahun berhasil mencatatkan namanya di dalam negeri dengan gol ajaib melawan Arsenal, hal yang sama terjadi di Piala Eropa 2004. Usianya saat itu masih 18 tahun, tapi Rooney bermain tanpa beban dan fleksibel.

Dia menjadi ancaman pertahanan lawan dan menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Piala Eropa dengan dua gol yang dicetak dalam kemenangan 3-0 atas Swiss. Namun penampilan terbaiknya adalah dalam pertandingan terakhir melawan Kroasia.

Bermain dengan kebebasan sebagai seorang pesepakbola muda, Rooney mencetak dua gol menakjubkan, satu dari luar area penalti, kemudian bermain satu-dua dan berlari untuk mencetak gol.

  1. Memecahkan rekor Sir Bobby (2015)

Sir Bobby Charlton adalah legenda sepakbola yang dihormati, namun andai saja dia memiliki periode karir yang sama dengan Wayne Rooney, mungkin dia akan merasa kesal dengan apa yang ditorehkan mantan striker United tersebut. Rooney menjadi pemain yang memecahkan rekor gol untuk Inggris pada tahun 2015, kemudian mengikutinya menjadi pencetak gol terbanyak Manchester United di tahun 2017.

Hal tersebut membuat Sir Bobby menjadi orang pertama yang mengucapkan selamat kepada Rooney setelah dia menjaringkan gol melalui titik penalti melawan Swiss di Wembley. Sebenarnya, ini bukan gol yang krusial karena Inggris sudah lolos ke Piala Eropa 2016 berkat kemenangan 6-0 atas San Marino beberapa hari sebelumnya, pertandingan di mana Rooney berhasil menyamai rekor gol Sir Bobby.

  1. Inggris melawan Polandia (2013)

Untuk sampai ke Piala Dunia Brasil dan harus mendapatkan tempat pertama klasemen, Inggris harus melewati pertandingan menentukan. The Three Lions membutuhkan poin maksimal dari dua kualifikasi terakhir melawan Montenegro dan Polandia untuk memastikan tempat mereka di Amerika Selatan, dan paruh pertama dari pekerjaan itu selesai setelah kemenangan 4-1.

Di Wembley, Inggris wajib mengalahkan Polandia untuk lolos otomati, dan Rooney-lah yang sekali lagi mencetak gol penting dengan sundulan di menit ke-41. Steven Gerrard juga mencetak gol di babak kedua dan menambah dominasi permainan Inggris.

  1. Memecahkan kebuntuan di Piala Dunia (2014)

Pergi ke Piala Dunia Brasil 2014, Rooney memiliki catatn tanpa gol Piala Dunia sejak di ajang yang sama pada tahun 2006 dan 2010.

Tim asuhan Roy Hodgson tidak mampu mengalahkan Uruguay dalam pertandingan kedua, tertinggal 0-1 dan pertandingan terlihat alot dengan sisa waktu 15 menit di Sao Paulo. Namun akhirnya Rooney memberi harapan bagi Three Lions, saat dia menorehkan gol penyeimbang di menit ke-75 dari jarak dekat untuk mengakhiri mimpi buruk di Piala Dunia.

  1. Wayne Rooney jadi mimpi buruk Brasil (2013)

Tim nasional Inggris tampil luar biasa dalam pertandingan ini, berhasil membalaskan gol pembuka Fred melalui aksi Alex Oxlade-Chamberlain.

Lalu datanglah ‘Wazza’ yang memanfaatkan umpan terobosan dari James Milner, berlari ke arah gawang dan akhirnya kapten Inggris itu melepaskan tembakan jarak jauh yang indah.

Comments

Loading...