OUR NETWORK

10 Pencetak Gol Penalti Terbanyak MU Sepanjang Masa (1)

Mendapat penalti menjadi sebuah keuntungan besar bagi setiap tim dalam pertandingan sepakbola. Pasalnya, tendangan 12 pas ini punya peluang yang sangat besar untuk jadi gol. Namun, tidak semua pemain yang memiliki kemampuan untuk menceploskan bola ke gawang melalui titik putih, karena juga butuh mental yang kuat selain skill mengeksesusi bola-bola mati.

Biasanya, tendangan penalti dilakukan penyerang; selain juga kapten tim, demi target menambah pundi-pundi gol untuk merebut gelar top scorer. Berikut ini 10 pencetak gol penalti terbanyak Manchester United sepanjang masa.

  1. Ruud van Nistelrooy (27 gol)

10 Pencetak Gol Penalti Terbanyak MU

Penyerang timnas Belanda ini jadi ujung tombak tim Setan Merah periode 2001-2006, ketika masih dibesut oleh manajer legendaris Sir Alex Ferguson. Selama pengabdiannya di Old Trafford, Ruud van Nistelrooy berhasil menyarangkan 150 gol dalam 219 pertandingan di semua kompetisi, yang membawanya duduk pada peringkat 11 daftar pencetak gol terbanyak United sepanjang masa.

Namun, untuk urusan koleksi gol melalui titik putih, Nistelrooy tercatat sebagai pemilik gol penalti terbanyak dalam sejarah United. Pria yang kini berusia 41 tahun ini mampu membukukan 27 gol saat dipercaya mengeksekusi tendangan 12 pas. Alhasil, dia pernah mengklaim gelar top scorer Premier League Inggris 2002/2003, selain juga tiga kali di ajang Liga Champions saat masih membela United.

  1. Wayne Rooney (27 gol)

10 Pencetak Gol Penalti Terbanyak MU

Pencetak gol terbanyak sepanjang masa The Red Devils dengan 253 gol dalam 559 pertandingan di semua ajang selama 13 musim sejak 2004/2005 ini ternyata tidak kalah dalam mengeksekusi penalti. Buktinya, Wayne Rooney juga punya 27 gol lewat titik putih selama membela United, dan berbagi status dengan seniornya, Van Nistelrooy soal ketajaman dalam menyelesaikan tendangan 12 pas.

Tak hanya itu, Rooney juga duduk pada posisi runner-up pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Premier League sejauh ini dengan 208 gol dalam 476 laga, dan berpeluang menggeser Alan Shearer yang saat ini memimpin dengan 260 gol, karena masih aktif bermain di Everton. Namun, eks kapten tim Setan Merah yang kini berusia 32 tahun ini belum pernah sekalipun jadi top scorer kompetisi.

  1. Eric Cantona (18 gol)

10 Pencetak Gol Penalti Terbanyak MU

Sebagai seorang penyerang, Eric Cantona memang tidak setajam bomber United lain. Namun, tetap saja perannya sangat penting dalam mengatur serangan tim. Selama lima musim memperkuat The Red Devils sebelum pensiun pada 1997, eks bintang tim nasional Prancis ini hanya mengumpulkan 82 gol dalam 185 pertandingan di semua ajang, dan 18 gol di antaranya dicetaknya melalui titik putih.

Meskipun begitu, dalam urusan menciptakan peluang dan membantu rekan-rekannya mencetak gol, Cantona sangat piawai. Buktinya, pria yang kini berusia 51 tahun ini pernah mendapat penghargaan top leader assist di Premier League pada musim 1992/1993 dan 1996/1997. Makanya, sosoknya tak pernah bisa dilupakan, selain karena tendangan kung fu-nya ke arah fans lawan pada Januari 1995.

  1. Albert Quixall (17 gol)

Nama striker United era 1960-an ini memang tidak terlalu familiar bagi kebanyakan suporter United. Albert Quixall memperkuat tim Setan Merah pada periode 1958-1964 dengan mencatatkan 56 gol dalam 184 pertandingan di semua kompetisi. Dari koleksi golnya selama enam musim tersebut, 17 gol di antaranya berasal dari titik putih ketika dia dipercaya oleh manajer legendaris Sir Matt Busby.

Meskipun tidak terlalu dikenal selama bersama United, namun Quixall merupakan pemain penting bagi Busby ketika membangun kembali timnya setelah tragedi Munich 1958, yang menewaskan sejumlah pemain andalannya. Dia direkrut dari Sheffield Wednesday dengan biaya 45 ribu paun yang menjadi rekor transfer termahal Inggris di masa itu, dan membantu United menjuarai Piala FA 1963.

  1. Steve Bruce (17 gol)

10 Pencetak Gol Penalti Terbanyak MU

Steve Bruce merupakan bek tangguh yang jadi palang pintu andalan di masa awal kepemimpinan Ferguson di Old Trafford. Dia direkrut dari Norwich City pada 1987, atau setahun setelah kedatangan manajer asal Skotlandia tersebut. Meskipun bermain sebagai centre-back, ternyata pemain yang membela United selama sembilan musim hingga 1996 ini juga piawai dalam mengeksekusi penalti.

Terbukti, Bruce memiliki koleksi 17 gol yang dibukukannya melalui titik putih, dari total 51 gol dalam 414 pertandingan yang telah dijalaninya bersama The Red Devils di semua kompetisi. Menariknya, eks kapten ini menjadi satu-satunya bek dalam daftar 50 pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah United; total gol yang sama dengan catatan milik penyerang Gordon Hill dan gelandang Roy Keane.

Comments

Loading...