Foto: Sky Sports

Persoalan posisi gelandang adalah perkara utama Manchester United yang perlu diselesaikan di musim panas ini. Beberapa waktu lalu, mereka sempat diakitkan dengan beberapa nama pemain, dan yang terbaru, kabarnya mereka sedang tertarik untuk merekrut Christian Eriksen.

Dengan kondisi United yang memang sedang ingin melakukan perombakan, nama Eriksen dinilai sangat cocok untuk dijadikan amunisi baru untuk skuat mereka. Permainan pemain asal Denmark ini disinyalir dapat meningkatkan peluang tim Setan Merah agar bisa lolos ke Liga Champions musim depan.

United perlu segera isi posisi kosong

Di samping itu, pihak United sendiri sudah mengizinkan empat gelandang mereka untuk meninggalkan klub di musim panas ini. Mereka mengumumkannya pada pekan lalu bahwa Juan Mata, Paul Pogba, Nemanja Matic dan Jesse Lingard semuanya resmi pergi secara gratis. Itu karena tak satu pun dari keempat pemain ini memperpanjang kontraknya di klub.

Ditambah lagi kehadiran Erik ten Hag juga mendorong keinginan United untuk segera merekrut gelandang. Bahkan manajer asal Belanda itu sudah ingin melakukan transfer pemain dan menyelesaikannya pada waktu yang tepat. Sehingga tidak mengherankan mengapa belakangan ini United dikaitkan dengan beberapa gelandang, seperti salah satunya adalah Frenkie de Jong.

Tapi selain pemain Barcelona barusan, ternyata mantan bintang Tottenham Christian Eriksen juga dikabarkan sangat menarik perhatian Ten Hag. Eriksen, setelah menderita serangan jantung di Euro 2020 setahun yang lalu, bermain untuk Brentford sejak akhir Januari 2022. Ia kembali ke Inggris setelah sebelumnya bermain di Italia untuk memperkuat pemain Inter Milan.

Christian Eriksen masih jadi pemain top

Uniknya, irama permainan Christian Eriksen di Premier League ternyata tidak hilang. Ia berhasil mencetak satu gol dan membuat empat asis dalam 11 pertandingan liga bersama The Bees. Eriksen juga sangat menunjukan kontribusinya dan turut membawa tim asuhan Thomas Frank itu finis di peringkat 13 klasemen. Ini merupakan catatan yang sangat impresif bagi klub promosi di musim perdananya di Premier League.

Di sinilah Erik ten Hag melihat bahwa Christian Eriksen memiliki bakat yang pas untuk skuatnya. Apalagi pemain asal Denmark itu pernah berlatih bersama skuat Ajax Amsterdam. Sebelum akhirnya ia mendapatkan kembali kebugarannya dari serangan jantung dan bergabung dengan Brentford.

Selama periode ini, Ten Hag kabarnya sudah sangat terkesan dengan keinginan yang ditunjukkan Eriksen selama latihan bersama tim asuhannya di Ajax. Wajar jika manajer asal Belanda itu berharap bisa membawanya ke Old Trafford. Masih terbilang masuk akal untuk merekrutnya. Karena sang pencipta saja telah menyembuhkan Eriksen dari penyakitnya. Dan mungkin ini pertanda kalau ia harus bergabung dengan Manchester United.

Menambah spirit persaingan di tim utama

Di sisi lain, empat gelandang senior Setan Merah sekarang sudah meninggalkan klub. Jadi Christian Eriksen bisa memberikan Erik ten Hag alternatif yang sangat brilian untuk lini tengahnya. Ia pun dapat diduetkan dengan Bruno Fernandes. Maka jika hal ini terealisasi, kombinasi kedua pemain ini mungkin akan menjadi duet yang mengerikan di Premier League.

Selain itu, kehadiran Eriksen juga akan memberikan persaingan bagi pemain di tim utama United seperti Donny van de Beek. Meskipun di satu sisi, tidak diragukan lagi ia akan kembali ke pangkuan sang mantan manajaernya Ten Hag. Dan dengan kehadiran Eriksen ini, diharapkan penampilan Van de Beek akan membaik dan mirip seperti ketika ia bermain di Liga Champions 2019 bersama Ajax.