in

Setujukah Anda Bila Class of ’92 Mengambil Alih Manchester United?

Pada 2005 lalu, kepemilikan Manchester United berhasil di akuisisi oleh pengusaha asal Amerika, Malcolm Glazer. Saat itu banyak pendukung yang kontra terhadap pembelian Manchester United bahkan ada desakan terhadap Sir Alex Ferguson untuk menghentikan proses pembelian klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut.

Sebagai salah satu bentuk kekecewaan sebuah kelompok pendukung di Manchester, mendirikan sebuah klub semi profesional sebagai bentuk perlawanan. Klub tersebut bernama FC United of Manchhester.

12 tahun berlalu, FC United of Manchester tumbuh menjadi klub terbesar yang dimiliki oleh basis pendukung. Semangat pendirian FC United of Manchester sebagai bentuk perlawanan tampaknya kini sudah luntur. FC United of Manchester terus tumbuh dengan segudang prestasi dan Manchester United pun tetap menjadi milik Malcolm Glazer.

John Paul O’Neil penulis buku Red Rebels, The Glazers and FC Revolution percaya bahwa kepemilikan Manchester United akan beralih ke tangan orang yang dekat dengan Manchester United.

“Sejujurnya saya berfikir bahwa Class of 92 memiliki pandangan yang mantap untuk memiliki United suatu hari nanti,” ujar O’Neill dilansir dari Mirror.

Pada era yang sama, Glazers menerima lebih dari satu miliar poundsterling dari Manchester United, di sisi lain Glazer juga membawa tim berjuluk Setan Merah tersebut ke masalah utang sebesar 536 juta poundsterling.

O’Neill menambahkan, “Saya yakin mereka dapat menyangkalnya saat ini, tapi ini akan benar-benar terasa saat anda mengumpulkan (fakta) secara utuh. Neville bersaudara, Ryan Giggs, Paul Scholes, dan Nicky Butt, berhasil mengambil alih kesebelasan kecil non liga di kota Salford dan sekarang mereka mengetahui bagaimana menjalankan sebuah klub sepakbola dari sudut pandang praktis.”

“Kenapa? Apakah Salford City puncak ambisi mereka sebagai pemilik klub sepakbola?. Mereka jelas dalam skala yang jauh lebih kecil dari United, Namun pada tingkat itu memberi Class of 92 ilmu praktis dalam kepemilikan klub sepakbola.”

“Saya yakin David Beckham juga akan bergabung untuk tujuan yang sama. Dan ketika Anda melihat lebih dekat anda akan melihat mereka memiliki dukungan finansial yang besar. Hampir semua orang mengetahui bahwa pemilik Valencia berinvestasi di Salford City (klub yang dikelola oleh Class of 92). Tapi Lim cukup kecil jika dibandingkan dengan beberapa investor China yang membantu Gary Naville dan Ryan Giggs membeli tanah yang luas di pusat kota Manchester untuk pengembangan.”

“Bahkan jika saat ini Manchester United berharga 2-3 miliar poundsterling saya tidak berfikir bahwa membeli Klub (MU) menjadi sebuah masalah bagi investor yang mereka ajak berbisinis. Gary Neville berkata, saat dirinya masih melatih Valencia, dia tidak melihat masa depan yang panjang dalam manajemen sepakbola. Meskipun dia tidak mengakuinya, saya pikir, dalam lubuk hati paling dalam, menjadi pemilik United akan menarik perhatiannya dan beberapa anggota Class of 92 yang tersisa.”

Sumber: Mirror

Facebook Comments