in

Kisah Gary Neville yang Suka pada Atmosfer Sepakbola Indonesia

Instagram.com/baliunitedfc

Sepakbola Indonesia memang tidak punya prestasi yang membanggakan di level internasional. Bahkan, tim nasional Indonesia U-22 yang kini ditangani pelatih asal Spanyol, Luis Milla, baru saja gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2018. Meski begitu, ternyata tetap ada yang istimewa. Buktinya, pemain legendaris Manchester United, Gary Neville, pun kini bisa jatuh cinta pada sepakbola Indonesia.

Gary memang sedang berada di Tanah Air sepekan terakhir, tepatnya di Pulau Dewata, Bali. Pada Minggu (23/7/2017) malam waktu setempat. Dia sempat menyaksikan pertandingan Liga 1 Indonesia 2017, kompetisi tertinggi sepakbola Indonesia, antara Bali United dengan tamunya PSM Makassar, secara langsung di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali.

Kakak kandung dari eks pemain United lainnya, Phil Neville, tersebut datang sebagai tamu kehormatan dan duduk di kursi tribun VVIP, karena diundang langsung oleh pemilik sekaligus CEO Bali United, pengusaha Yabes Tanuri.

Sebelum pertandingan dimulai, Gary sempat menyalami pemain kedua kesebelasan satu per satu di lapangan hijau. Mantan kapten tim Setan Merah itu mungkin sempat merasakan kesan pertama yang biasa saja, karena ukuran dan kualitas stadion yang jauh kalah dari stadion-stadion di Eropa.

Namun, setelah pertandingan berjalan, ternyata Gary terlihat sangat antusias menikmati laga yang berlangsung panas tersebut. Bahkan, sesekali dia pun bertepuk tangan. Apalagi suporter tuan rumah memberikan dukungan penuh totalitas bagi Bali United sepanjang laga.

“Dia suka dengan atmosfer sepakbola Indonesia setelah menyaksikan pertandingan semalam,” ucap Yabes menyampaikan komentar dari Gary sehari setelah pertandingan tersebut,Senin (24/7/2017), seperti dilansir Kompas.com.

Fanatisme para suporter sepakbola Indonesia yang ternyata membuat eks jebolan akademi he Red Devils seangkatan David Beckham dan Ryan Giggs yang dikenal dengan julukan ‘Class of ‘92’ itu jatuh cinta pada sepakbola Indonesia. Sepanjang pertandingan suporter Bali United memang terus bernyanyi dan bersorak-sorai demi mendukung tim kebanggaan mereka itu.

Menurut penuturan Yabes, Gary sendiri berada di Bali atas undangan dari temannya. Kemungkinan pria yang dulu identik dengan nomor punggung ‘2’ selama 19 tahun membela United sepanjang karir profesionalnya itu juga sekaligus berlibur di pulau yang terkenal dengan keindahan alam dan pantai tersebut.

Terbukti di akun Instagram pribadinya, @gneville2 ada beberapa foto dirinya yang tengah bersantai di kawasan Ubud, Bali, termasuk juga sebuah video yang memperlihatkan Gary sedang berolahraga sepeda santai di sepanjang pedesaan yang tenang dan masih sangat asri tersebut.

 

Bali United ⚽️

Sebuah kiriman dibagikan oleh Gary Neville (@gneville2) pada

Gary pun sempat pula mendokumentasikan atmosfer dan suasana di stadion pada saat menyaksikan pertandingan Bali United. Pada dua video yang diunggahnya di akun Instagram-nya, terlihat para suporter tuan rumah memberikan dukungan penuh bagi timnya, baik sebelum maupun sepanjang laga yang akhirnya dimenangkan dengan skor 3-0 tersebut.

 

Jumping

Sebuah kiriman dibagikan oleh Gary Neville (@gneville2) pada

Video itu tentu saja juga dinikmati oleh rekan-rekan Gary di jejaring media sosial tersebut. Buktinya, sang sahabat, Beckham, diketahui juga sangat menyukai video kirimannya itu, terlihat pada like yang diberikan oleh akun @davidbeckham.

Atmosfer para suporter di stadion itulah yang kemungkinan membuat Gary merasa sangat kagum dengan sepakbola di Tanah Air, sehingga dia pun sampai ingin menggunggah dua video dan sebuah foto selama berada di stadion pada akun media sosialnya.

Pada kesempatan tersebut, pria kelahiran Manchester, 18 Februari 1975 itu juga sempat menyambangi ruang ganti Bali United dan berfoto bersama pelatih klub berjuluk Serdadu Tridatu itu, Widodo Chayono Putro beserta para staf dan ofisial tim. Foto tersebut tampak diunggah oleh akun resmi Instagram klub tersebut, @baliunitedfc.

Tak hanya Gary, beberapa pemain sepakbola dunia juga pernah mengungkapkan kekagumannya pada atmosfer sepakbola di Indonesia. Dilansir Indosport.com awal April 2017, dua jebolan Premier League Inggris yang notabene mantan kompetitor Gary, Michael Essien dan Carlton Cole sempat mengaku ‘merinding’ melihat antusiasme suporter sepakbola di Tanah Air.

Kini, kedua eks penggawa Chelsea itu membela Persib Bandung di Liga 1 Indonesia 2017. Terbaru, pernyataan eks anak asuh Jose Mourinho saat masih di Real Madrid, Esteban Granero, yang baru saja memimpin Espanyol pada laga uji coba di Indonesia. “Kami sangat bahagia bisa merasakan langsung atmosfernya,” ucapnya.

Facebook Comments

Written by Ade Marza

Ade Marza

Penikmat kopi dan sepakbola.