in

24 Fakta St. James’ Park

St. James’ Park merupakan stadion yang berada di Newcastle Upon Tyne, Inggris, yang juga merupakan kandang dari Newcastle United. Berikut kami sajikan fakta St. James Park.

  1. Stadion St. James’ Park menjadi stadion terbesar ketujuh di Inggris, dengan kapasitas mencapai 52,405 penonton.
  2. Stadion St. James’ Park menjadi tempat Newcastle United melakoni laga kandang sejak 1892 dan digunakan sebagai stadion sepakbola sejak 1880.
  3. Menurut sejarah, terjadi konflik antara warga sekitar dengan dewan setempat ketika akan memperluas stadion.
  4. Selain digunakan untuk pertandingan sepakbola, stadion ini juga digunakan untuk pertandingan internasional yaitu dalam Olimpiade 2012. Pertandingan rugby juga pernah dimainkan di stadion ini.

    Pertandingan rugby – Fakta St. James’ Park.
  5. Newcastle Rangers menjadi klub sepakbola bertama yang bermain di St. James’ Park pada 1880. Lalu Newcastle West End mengambil alih St. James’ Park pada 1886. Newcaslte West End pada 1892 bergabung dengan sang rival Newcaslte East End dan menjadi Newcastle United.
  6. Penduduk setempat menolak pertandingan sepakbola diadakan di St. James’ Park.
  7. St. James’ Park dewasa ini disebut dengan Black and Whites, namun Newcastle United sesungguhnya bermain bermain dengan warna merah dan putih di St. James’ Park sampai 1904.
  8. Pada 1905, kapasitas stadion ini dilipatgandakan menjadi 60,000 dengan membangun tribun utama di the Barrack Road (sekarang Milburn Stand) dan beberapa tribun lain.
  9. Selama 1920 sampai 1930, rencana untuk membuat stadion menjadi dua tingkat dicetuskan oleh manajemen tim. Archibald Leitch ditunjuk sebagai arsitek dari St. James’ Park. Hasil dari perencanaan awal yaitu membangun atap di Leazes Terrace side ( Sir John Hall Stand). Lampu penerangan ditambahkan pada 1950-an, laga Newcastle United dengan Celtic menjadi laga pertama yang menggunakan lampu penerangan pada 25 Februari 1953.
  10. Sampai era 1960-an, kesulitan dalam perencanaan stadion berlanjut, yang berpuncak pada kurangnya pengembang untuk stadion membuat Newcastle United gagal untuk menjadi tuan rumah babak penyisihan grup Piala Dunia 1966 mendatang setelah perselisihan politik.
  11. Sampai awal 1990-an, manajemen tim hanya melakukan perluasan sederhana. Perselisihan menjadi hal biasa dan kurangnya keuangan terjadi karena performa Newcastle yang ikut memburuk. Pada Januari 1992, Sir John Hall mengambil alih Newcastle United.
  12. Tribun Sir John Hall dibangun untuk menggantikan tribun The Leazes End pada 1993. Tribun Gallowgate juga ikut dibangun ulang, tribun Milburn Stand direnovasi, lapangan, drainase, dan lampu sorot, diperbaiki. Dengan empat tribun all-seater, kapasitas maksimal St. James’ Park mencapai 36,610 pada 1995.

    Lampu penerangan – Fakta St. James’s Park
  13. Pada 1995 manajemen tim berencana untuk membuat stadion St. James’ Park menjadi 55,000 penonton.
  14. Pada 1998 pelebaran stadion mulai dikerjakan. Executive boxes di East Stand dihancurkan dan dipindahkan ke tribun Milburn dan beberapa ke tribun Gallowgate. Selama pembangunan, tribun tambahan dan atap dibangun. Pembangunan ini membuat kapastias maksimal stadion menjadi 52,143. Pembangunan selesai pada Juli 2000 dengan biaya yang dikeluarkan mencapai 42 juta paun.
  15. Pada akhir 2003, manajemen tim menandatangani kesepakatan dengan MGM Mirage untuk mengambil alih lahan di atas stasiun St. James Metro, di belakang tribun Gallowgate End untuk membangun sebuah komplek Super Casion seluas 93 m2. Namun rencana ini gagal karena jumlah Super Casino di inggris hanya diperbolehkan satu saja di Inggris dan pada Januari 2008, 5 juta paun dilunasi oleh klub tersebut kepada MGM.
  16. Pada 2005, tribun Gallowgate kembali dibangun dengan menambahkan bar baru di tingkat paling atas. Perluasan juga dilakukan untuk toko klub, museum klub, dan kantor baru.
  17. Tribun Gallowgate End berada di selatan dari lapang. Nama itu tercetus karena kedekatan dengan Old City Gallows.

    Gambaran St. James’ Park 1930 – Fakta St. James’ Park
  18. Tribun Leazes End secara resmi bernama Sir John Hall Stand. Tribun ini berada di utara dari lapangan. Nama tribun ini tercetus karena tribun ini berdekatan dengan Leazes Park.
  19. Tribun Milburn Stand  merupakan tribun utama yang berada di barat dari lapang. Nama tribun ini menjadi penghargaan bagi mantan pemain Newcastle pada 1950-an, Jackie Milburn.
  20. Tribun East Stand menjadi tribun paling kecil di St. James Park. Ketika Sir Bobby Robson meninggal, Newcastle berencana untuk mengganti nama tribun ini menjadi Sir Bobby Robson Stand. Namun sampai sekarang nama tribun ini belum resmi diganti.
  21. Lokasi St. James’ Park berdekatan dengan pusat kota atau hanya 500 meter dari Central Station.
  22. St. James’s Park juga digunakan sebagia tempat parade kemenangan Perang Dunia II pada 1945.
  23. Pada 15 Desember 1962 hingga 9 Maret 1963, tidak digelar pertandingan sepakbola di St. James’ Park karena Inggris mengalami musim dingin yang panjang.
  24. Lapangan di St. James’ Park terkenal karena miring dari utara ke selatan.
Facebook Comments