in

21 Fakta Goodison Park

Goodison Park merupakan kandang Everton sejak 1892. Ada sejumlah konflik yang membuat stadion ini dikenang oleh Liverpuldian. Berikut kami sajikan fakta Goodison Park.

  1. Goodison Park memiliki kapasitas maksimal 40,157 penonton.
  2. Sebelum Goodison Park menjadi markas Everton, sebelumnya everton sempat menempati Anfield Road di tahun 1884 sampai 1892. Ketika di Anfield, Everton menjadi tim pertama yang memperkenalkan jaring gawang di sepakbola profesional.
  3. Stadion ini bernama Goodison Park karena stadion ini jaraknya dekat dengan Goodison Road.
  4. Pada musim panas 1895, sebuah tribun baru dibangun yang diberi nama Bullens Road dan menambahkan atap di tribun Goodison Road.
  5. Henry Hartley seorang arsitek dari Liverpool, merancang tribun Goodison Avenue yang di bangun di tribun selatan. Pada 1909 Archibald Leitch menjadi perancang Goodison Park.

    Goodison Park pada 1922 – Fakta Goodison Park
  6. Pada 1926, pembangunan tribun menjadi dua tingkat di tribun Bullens Road selesai. Di tingkat paling atas menggunakan kursi, sementara di tingkat bawahnya tidak menggunakan kursi.
  7. Goodison Park menjadi stadion pertama di Inggris yang menggunakan tempat istirahat (dugout). Pembangunan dugout tersebut selesai di tahun 1931.
  8. Stadion ini secara keseluruhan menjadi dua tingkat di semua tribunnya pada 1938 setelah tribun Gwladys Street End selesai di bangun.
  9. Tribun Gwladys Street mengalami kerusakan setelah terkena bom pada 1940. Biaya perbaikan tribun tersebut mencapai 5,000 paun.
  10. Pertandingan petama yang menggunakan lampu sorot terjadi pada 9 Oktober 1957 ketika Everton bertemu Liverpool yang di tonton oleh 58,771 penonton.
  11. Goodison Park menjadi stadion pertama yang menggunakan sistem “under-soil heating” di persepakbolaan Inggris. Pemasangan tersebut dipasang pada tahun 1958.

    Ilustrasi penggunaan under soil heating – Fakta Goodison Park
  12. Everton menjadi klub pertama di Inggris yang memasang papan skor di stadionnya. Pada 20 November 1971 Everton mengalahka nSouthampton¬†¬†dengan skor 8-0. Joe Royle mencetak 4 gol, David Johnson mencetak hat-trick dan Alan Ball mencetak 1 gol. Papan skor tersebut tidak memiliki cukup ruang untuk menampilkan nama pencetak gol, akhirnya di papan skor tersebut hanya bertuliskan skor dan “7 9 7 9 8 9 9 7” angka tersebut merupakan nomor punggung dari para pencetak gol.
  13. Tribun Goodison Road dibangun kembali selama musim 1969/1970. Tribun baru tersebut selesai di tahun 1971 dengan total biaya mencapai 1 juta paun.
  14. Tribun Goodison Road Stand, Gwladys Street Stand, Bullens Road Stand dan Park End Stand dibuat terpisah.
  15. Goodison Road Stand yang selesai dibangun pada tahun 1971, memiliki dua dek yang besar. Di dek paling bawah memiliki dua tingkat. Tiap dek atau tingkat masing-masing memiliki nama yang berbeda. Di dek tengah diberi nama Main Stand dan bagian depan dari Main Stand di sebut Family Enclosure, kapasitas maksimal di tribun ini mencapai 12,664. Tribun ini juga menjadi tempat untuk konferensi pers dan pernikahan.
  16. Bullens Road Stand berada di tribun bagian timur yang memiliki kapasitas 10,546. Tribun ini terdiri dari tiga bagian yaitu Upper Bullens, Lower Bullens dan the Paddock. Suporter tim lawan yang bertandang ke stadion ini di tempatkan di ujung tribun dekat tribun selatan.
  17. Howard Kendall Gwladys Street End berada di tribun bagian utara, Tribun ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Upper Gladys dan Lower Gladys, tribun ini memiliki kapasitas 10,611. Jika Everton memenangkan koin toss sebelum kick-off, sang kapten tim memilih untuk bermain menuju Gwladys Street End di babak kedua. Pada awalnya tribun ini memiliki nama Gwladys Street End namun pada 12 Juli 2016 nama Howard Kendall di tambahkan sebagai penghargaan terhadap dirinya yang menjadi manejer Everton paling sukses.
  18. Sir Philip Carter Park Stand berada di tribun bagian selatan. Pada awalnya nama tribun ini adalah Stanley Park End. Tribun ini memiliki kapasitas terendah dari tribun lainnya, Sir Philip Carter Park Stand hanya memiliki kapasitas sebanyak 5,750.

    Fakta Goodison Park
  19. Goodison Park berada 2 mil (3km) dari pusat kota Liverpool. Liverpool Lime Street Railway Station adalah stasiun kereta api utama terdekat dari stadion. Shuttle Bus selalu dipersiapkan jika ada pertandingan di Goodison Park dari stasiun kereta api Sandhills.
  20. Rekor penonton terbanyak di stadion ini mencapai 53,509 ketika Everton bertemu West Bromwich Albion dalam lanjutan Piala FA pada 1974.
  21. Gol terbanyak yang terjadi di stadion ini yaitu ketika Everton bertemu Sheffield Wednesday pada 17 Oktober 1931. Laga tersebut berakhir dengan skor 9-3.
Facebook Comments