in

18 Fakta Stamford Bridge

Stamford Bridge merupakan stadion yang menjadi kandang Chelsea. Berikut kami sajikan 18 fakta Stamford Bridge.

  1. Stamford Bridge berada di Fulham, London, Inggris. Stadion ini terletak di dalam Moore Park Estate atau dikenal sebagau Walham Green atau juga disebut The Bridge.
  2. Stamford Bridge dibangun pada 1876. Stadion ini resmi dibuka pada 28 April 1877, lalu direnovasi besar-besaran pada 1904 dan 1998.
  3. Arsitek yang merancang Stamford Bridge adalah Archibald Leitch.
  4. Stamford Bridge memiliki kapasitas 41,663 yang membuatnya menjadi stadion terbesar kedelapan di Premier League.
  5. Chelsea berencana memperluas kapasitas menjadi 60,00 pada musim 2021/2022 mendatang. Saat perluasan dimulai Chelsea akan menjadikan Stadion Wembley sebagai markas mereka untuk sementara.
  6. Laga Chelsea melawan Arsenal pada 12 Oktober 1935 menjadi laga dengan penonton terbanyak di Stamford Bridge. Tercatat ada 82,905 penonton yang datang. Kala itu tribun dari Stamford Bridge belum menggunakan kursi satuan hingga bisa memuat 100,000 penonton.
  7. Nama Stamford Bridge diyakini berasal dari kata ‘Samfordesbrigge’ yang berarti ‘jembatan di Sandy Ford’. Peta abad ke-18 menunjukan sungai Stanford berada di sepanjang jalan yang sekarang menjadi jalur kereta api tepat di belakang tribun timur. Sungai ini memiliki dua jembatan lokal: Stamford Bridge di Jalan Fulham dan Stanbridge di Kings Road, sekarang dikenal sebagai Jembatan Stanley. Jembatan Stamford yang ada dibangun dari batu bata pada tahun 1860 dan sebagian telah direkonstruksi sejak saat itu.

    Rancangan desain Stamford Bridge yang baru – Fakta Stamford Bridge.
  8. Stamford Bridge awalnya ditawarkan ke Fulham FC. Namun mereka menolak karena alasan finansial. Setelah mempertimbangkan beberapa hal, Mears memutuskan untuk mendirikan klub sepakbika mereka sendiri.
  9. Stamford Bridge merupakan venue laga final FA Cup selama 1920 sampai 1922 sebelum berpindah ke Wembley Stadium pada 1923.
  10. Pada Oktober 1905 Stamford Bridge menjadi tempat bertanding Rugby Union. Pada 1914 Stamford Bridge juga menjadi tempat bertanding baseball.
  11. Tribun utara dikenal sebagai The Matthew Harding Stand. Nama tribun ini di dedikasikan kepada mantan direktur Chelsea, Matthew Harding, yang menginvestasi dan membantu mengubah klub pada awal 1990-an. Untuk beberapa pertandingan Champions League, tribun ini selalu terhalang oleh kendaraan dari beberapa media. Kapasitas maksimal dari tribun ini mencapai 10,884.

    Matthew Harding Stand – fakta Stamford Bridge.
  12. Tribun timur menjadi inti dari Stamford Bridge. Terowongan menuju lapang, ruang ganti, ruang konferensi pers, pusat media, audio-visual dan ruang komentator, berada di tribun ini. Sebelumnya di bagian bawah tribun ditempatkan untuk suporter lawan. Namun, pada awal musim 2005/2006, manajer Jose Mourinho meminta agar sebagian di tribun ini diisi untuk pihak keluarga untuk menaikan moral dan semangat tim. Suporter lawan di pindahkan ke tribun Shed End. Kapasitas maksimal tribun ini yaitu 11,000.
  13. Shed End merupakan tribun bagian selatan Stamford Bridge, tribun ini menjadi tempat favorit bagi “suporter garis keras Chelsea”. Tribun ini dihiasi dengan lampu dan lukisan para legenda Chelsea. Setengah dari tribun ini di khususkan untuk suporter yang bertandang ke Stamford Bridge. Kapasitas maksimal tribun ini yaitu 6,414.
  14. Tribun barat sempat direnovasi pada 1997. Tribun ini memiliki tiga tingkat dan deretan executive boxes yang membentang sepanjang tribun. Tribun ini juga memiliki area concourse atau dikenal sebagai ‘Great Hall’. Executive Boxes dikenal sebagai Millennium Suites, yang merupakan tempat bagi para tamu. Setiap boks dinamai dari mantan pemain Chelsea. Pada bulan Oktober 2010 sebuah patung emas Peter Osgood setinggi sembilan kaki buatan Philip Jackson, ditempatkan di tribun ini berdekatan dengan pintu masuk Millenium Suites.
  15. Centenary Museum berlokasi di Shed End. Pengunjung dapat mengunjungi WAGs Lounge dan menonton video pesan dari Richard Attenborough. Di musem ini juga terdapat sejarah klub dekade demi dekade seperti jersey, mantel Jose Mourinho, dan beberapa memorabilia lainnya. Di dinding museum ini terdapat motto dari Jose Mourinho yang bertuliskan “I am not from bottle. I am a special one”. Pada 6 Juni 2011, sebuah museum baru dibuka yang berlokasi tepat di belakang The Matthew Harding Stand. Museum baru ini menjadi museum sepakbola terbesar di London.
  16. Megastore merupakan toko yang berlokasi di barat daya stadion. Toko ini mempunyai 2 lantai, lantai pertama kebanyakan menjual pernak-pernik dan atribut untuk anak-anak. Di lantai kedua diisi dengan jersey latihan, mantel, dan jersey replika. Terdapat dua toko kecil lagi di Stamford Bridge, yaitu di gerbang masuk Stamford Bridge dan satu lagi di dalam museum baru yang berada di belakang The Matthew Harding Stand.
  17. Abu dari legenda Chelsea, Peter Osgood dikubur tepat titik di penalti pada 1 Oktober 2006.
  18. Fakta Stamford Bridge yang terakhir adalah stadion ini pernah diejek oleh sejumlah kesebelasan karena kualitas rumputnya yang buruk. 
Facebook Comments