Anthony Martial tidak diberi kepercayaan diri untuk sukses di Manchester United menurut mantan bintang Arsenal Emmanuel Petit.

Pemain berusia 21 tahun itu memang membuat 43 penampilan untuk United musim lalu, namun memiliki performa yang jauh lebih lemah di musim keduanya bersama Manchester setelah menjadi remaja termahal di dunia pada bulan September 2015.

Petit percaya bahwa Jose Mourinho, yang mengatakan pada bulan April bahwa Martial perlu ‘tampil lebih jauh lebih ke arahannya’ dan rekan satu timnya di Prancis tidak cukup percaya diri, yang berarti ia telah mengambil langkah mundur dalam karirnya untuk klub dan negara.

Walau ia telah memperlihatkan bakat besar di musim pertamannya berseragam Setan Merah, musim lalu justru Kylian Mbappe muncul dan mengambil tempatnya di timnas Prancis. Hal ini memunculkan ‘risiko’ serupa dengan perkembangannya sendiri saat Manchester United mengambil langkah untuk mendapatkan servisnya dari AS Monaco.

Martial dikeluarkan dari skuat Prancis untuk pertandingan Juni, sementara persaingan untuk tempat-tempat lain akan meningkat di United musim depan dengan perkiraan pemain sayap Ivan Perisic bakal didatangkan guna memperkuat lini serang.

Martial memang banyak menerima nasihat dan kritikan keras dari sang manajer, Jose Mourinho, karena perannya yang terlihat kurang kontribusi musim ini. Spekulasi tentang masa depannya di United pun akhirnya banyak dipertanyakan oleh publik Old Trafford.

Namun, hal tersebut tidak membuatnya menurunkan level permainannya. Meski banyak di kritik, ia tetap mampu mengakhiri musim keduanya dengan mengumpulkan 25 penampilan Premier League dan membintangi United pada  pagelaran piala liga serta turut serta dalam kemenangan memuaskan di Europa League.

Hal tersebut membuat mantan pemain Arsenal Emanuel Petit menganalisa kritikan Mou soal Martial di musim ini dan mengatakan kepada talkSPORT: “Martial sangat baik bulan-bulan pertama dengan Manchester United dan karena Mourinho telah mengelola tim, dia tidak berada dalam posisi yang sama lagi. Ini adalah risiko.”

“Bakat adalah sesuatu yang sangat penting dalam sepak bola namun Anda juga harus memiliki kepercayaan diri dari rekan satu tim dan manajer Anda. Anda harus tangguh dan kuat dalam pikiran Anda. Mbappe adalah pemimpin generasi ini. Saya akan sangat menyukainya (untuk bergabung dengan Arsenal). Saya ingat dua tahun yang lalu, kami memiliki contoh yang sama seperti yang ada pada diri seorang Martial.”

Memang bukan suatu hal yang tidak mungkin jika Martial bakal menjadi pemain yang tidak ada dalam rencana skuat Jose Mourinho untuk musim depan. United sendiri dikabarkan memburu beberapa pemain potensial untuk memperkuat lini serang dan hal itu menjadi sebuah ancaman bagi Anthony Martial yang bakal kesulitan mendapat tempat spesial di musim depan.

Facebook Comments