in

Sokratis, Pelengkap Pertahanan Manchester United

Manchester United masih akan merekrut pemain bertahan bila memungkinkan. Berdasarkan ujaran media, United sedang mempertimbangkan pemain belakang Borussia Dortmund, Sokratis Papastathopoulos.

Setan Merah baru saja mengumumkan pemain yang baru mereka rekrut dari Benfica, Victor Lindelof. Pemain berdarah Swedia tersebut merupakan pemain bertahan dan dia sudah resmi menjadi salah satu tembok kuat United. Dirinya akan bersaing sekaligus bekerja sama dengan pemain-pemain belakang lain seperti Marcos Rojo, Eric Baily, Phil Jones atau Chris Smalling.

Meskipun skuat bertahan Setan Merah memiliki anggota baru, hal ini masih dirasa belum cukup untuk menjamin pertahanan United. Pasalnya, berkaca dari musim lalu, Jose Mourinho pernah beberapa kali tidak memasang bek murni dalam kesebelasannya di Premier League karena memang tidak ada pemain bertahan seperti itu yang bisa dipilih. Opsi yang ada sangat minim mengingat krisis cedera yang melanda tim asuhan United. Sampai-sampai Jose harus memanggil pemain bertahan dari akademi untuk mengisi kekosongan posisi yang ditinggalkan para pemain.

Ketertarikan United pada Sokratis sontak diberitakan bahwa pemain bertahan tersebut menjadi ancaman bagi eksistensi entah itu Phil Jones atau Chris Smalling. Ada beberapa poin yang menjadi nilai plus dari Sokratis terhadap kedua pemain berdarah Inggris tersebut.

Bakat dan kemampuan Sokratis sebagai pemain bertahan sudah tidak perlu diragukan lagi. Di Jerman, dia merupakan salah satu dari lima nama bek paling tangguh di Bundesliga. Pemain bertahan asal Yunani ini merupakan salah satu pemain kunci Dormund yang dipercaya untuk mengatur lini belakang klub Jerman tersebut.

Dua tahun lalu, Sokratis memang tidak bersinar seperti musim kemarin. Namun dirinya berhasil menjadi starter dengan jam terbang reguler di musim 2015/2016. Dia bahkan menjadi tumpuan pertahanan skuat Kuning Hitam ketika Mats Hummels hengkang dari Dortmund untuk Bayern Munich, rival abadi klub tersebut.

Musim ini sepertinya Sokratis akan menjadi satu-satunya pemain bertahan yang bersinar diantara pemain-pemain lini belakang lain. Pasalnya, nama-nama seperti Marc Bartra, Matthias Ginter dan Sven Bender kesulitan menunjukkan performa terbaik mereka dengan stabil. Sokratis menjaga daerah pertahanan tak tertembus dengan kerja keras dan semangat bertarungnya, sebuah ciri khas yang memang sering ditonjolkan oleh pemain bertahan asal Yunani.

Pemain yang satu ini terkenal dengan stamina yang tahan lama dan kompetensi untuk menghalau penyerang musuh yang memasuki daerahnya. Dia juga cepat dan memiliki keseimbangan tubuh yang bisa dipercaya. Keadaan ini jelas membuatnya pantas untuk bermain di kompetisi yang keras seperti Premier League.

Selain itu, Sokratis merupakan pemimpin yang cakap di lapangan. Dia menggiring rekan-rekannya untuk memenangkan piala DFB Pokal musim lalu dengan menguatkan pemain bertahan lain yang sedang banyak menerima kritik kala itu.

Mantan pemain Werder Bremen tersebut juga merupakan pemain yang masih bisa berkembang. Berkat peran pelatih yang baru datang ke Dortmund musim lalu, Thomas Tuchel, pemain bertahan yang berusia 29 tahun ini memiliki 89% akurasi umpan, setelah sebelumnya statistik mencatat hanya 79%. Masih ada lagi, Sokratis juga rajin membantu lini depan jika memang keadaan sedang gawat. Dia bahkan tak jarang membuka harapan baru di masa-masa genting dengan menorehkan namanya di papan skor. Musim lalu, Sokratis mencatatkan tiga gol di semua kompetisi, sebuah angka yang patut diacungi jempol untuk pemain bertahan yang sering bertengger di garis akhir pertahanan.

Hampir bisa dikatakan bahwa Sokratis merupakan pemain bertahan terbaik yang bisa dimiliki United saat ini dengan segala kemungkinan transfernya. Dengan pengalamannya bertemu penyerang-penyerang dari klub-klub besar Eropa, dia bisa dijadikan sebagai aset penting bagi Manchester United. Apalagi jika dipasangkan dengan Victor Landelof, Mou tidak perlu khawatir dengan pertahanan United selama beberapa waktu mendatang.

Menurut Anda, apakah Sokratis Papastathopoulos cocok bagi United? Perlukah United merekrutnya?

Facebook Comments