in

Leander Dendoncker, Gelandang Muda yang Jadi Target Baru Mourinho

Jose Mourinho memang telah mendapatkan gelandang bertahan untuk memperkuat Manchester United musim depan. Kecil kemungkinan Mou menambah stok gelandangnya karena Nemanja Matic dianggap sudah melengkapi lini tengah United. Meskipun begitu, kami akan memperkenalkan gelandang muda berkebangsaan Belgia, Leander Dendoncker.

Belum lama ini, dikabarkan bahwa Mourinho akan mengirim pencari bakat untuk menyaksikan langsung penampilan pemain berusia 22 tahun itu bersama klubnya, Anderlecht pada laga perdana Liga Belgia, seperti dilaporkan oleh surat kabar setempat De Morgen.

Jawara liga musim lalu itu akan melawat ke markas tim promosi, Royal Antwerp FC pada Sabtu (29/7/2017). Pengiriman pencari bakat ini menunjukkan bahwa Mourinho memang serius untuk memburu tanda tangan Dendoncker dan memboyongnya ke Theatre of Dreams, demi memperkuat lini tengah timnya yang agak keropos.

Dilansir Manchester Evening News, Mourinho sendiri disebut terpikat dengan kualitas Dendoncker, saat timnya menghadapi Anderlecth di babak perempat final Liga Europa musim lalu. Bahkan, pada pertemuan pertama manajer berjuluk The Special One itu sudah langsung jatuh hati.

Tidak hanya menunjukkan performa memukau, sang gelandang bernomor punggung ’32’ itu juga turut mencetak satu gol untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dalam laga yang dihelat di Belgia tersebut. Pada leg kedua yang berlangsung di Manchester, Dendoncker kembali bermain dan jadi andalan timnya.

Bakat Dendoncker sudah mencuat ke tingkat paling tinggi pada musim 2014/2015, setelah sempat dua musim hanya menghuni bangku cadangan. Pada musim tersebut, dia mulai menarik perhatian pelatih, sehingga mendapat cukup banyak kesempatan bermain bersama tim utama.

Dendoncker pun mencatatkan 38 penampilan di semua kompetisi dengan torehan dua gol. Sejak itu, jebolan akademi Anderlecht yang sudah menghuni tim junior sejak usia 14 tahun itu mulai menjadi pilihan utama pelatih. Hingga musim lalu, dia main dalam 56 laga dengan koleksi enam gol di semua ajang.

Sebenarnya, sebelum Mourinho datang ke Old Trafford dan menjabat pelatih kepala pada musim panas 2016 lalu, United juga sudah tertarik pada bakat pemain kelahiran 15 April 1995 itu. Ketika itu, pada April 2016, DHNnet melaporkan bahwa manajemen tim Setan Merah sudah mengirim pencari bakat untuk mengawasi penampilan dua bintang muda Anderlecht; selain Dendoncker sendiri, juga gelandang 20 tahun Youri Tielemans yang sekarang baru saja bergabung ke klub Prancis AS Monaco. Banderolnya pun pada saat itu diperkirakan juga belum terlalu mahal, hanya sekitar 6 juta paun saja.

Sekarang, biaya untuk mendatangkan Dendoncker sudah naik berkali-kali lipat. Anderlecht mematok harga tinggi untuk bisa mendapatkan jasa pemain yang sudah menembus tim nasional Belgia senior sejak 2015 saat masih berusia 20 tahun itu.

Nilainya ditengarai telah mencapai sekitar 34 juta paun. Alasannya sendiri, cukup masuk akal. Bukan hanya karena kini sudah banyak peminat Dendoncker, melainkan karena sang bintang baru saja membawa Anderlcht menjuara liga musim lalu, sehingga musim ini mereka bisa berlaga di Liga Champions. Siap-siap saja untuk merogoh kocek dalam-dalam.

Dendoncker sendiri kabarnya memberikan respon positif terhadap ketertarikan dari United. Dia pun mengaku ingin menguji kemampuannya bersama klub yang lebih besar, seperti The Red Devils. Oleh karena itu, makanya pemilik dua caps bersama tim nasional Belgia tersebut cukup berminat untuk hijrah ke Old Trafford.

Namun, keinginan United untuk meminang Dendoncker juga tidak tanpa batu sandungan. Pasalnya, ada raksasa Serie A Italia AC Milan yang tengah membangun kekuatan baru, dan runner-up Bundesliga Jerman RB Leipzig yang tampil mengejutkan pada musim lalu, yang juga menginginkan jasanya, dan telah pula mengirimkan pencari bakat untuk mengawasi Dendoncker.

Facebook Comments

Written by Ade Marza

Ade Marza

Penikmat kopi dan sepakbola.