in

Brian Brobbey, Wonderkid Ajax yang Jadi Rebutan Duo Manchester

Ketika bursa transfer musim panas 2017 sedang bergelora dengan sejumlah rumor kepindahan para pemain kelas atas, Manchester United ternyata tak hanya memikirkan kekuatan tim utamanya saja. Para pencari bakat tim Setan Merah rupanya juga terus bergerak memantau dan mengincar bakat-bakat muda di seluruh dunia untuk ditarik ke tim akademi, demi rencana jangka panjang Theatre of Dreams. Tim scout United memang tidak pernah berhenti melacak keberadaan pemain-pemain muda potensial untuk dikembangkan lebih baik lagi demi menyulap tim masa depan penuh bintang. Salah satunya adalah Brian Brobbey.

Nama Brian Brobbey muncul di antara sekian banyak remaja-remaja berbakat yang diintai tim scout dari The Red Devils. Jelas, namanya memang sama sekali tak dikenal, mungkin saja selain kubu Ajax Amsterdam, klub Eredivisie Belanda yang saat ini memilikinya.

Brobbey memang merupakan salah seorang anggota tim akademi klub berjuluk De Godenzonen itu. Dikutip dari laman Transfermarkt, saat ini pemain kelahiran Amsterdam, 1 Februari 2002 yang masih berusia 15 tahun itu memperkuat Ajax U-17, setelah baru saja mendapat promosi dari tim akademi pada tanggal 1 Juli 2017 yang lalu.

Brobbey sendiri belakangan ini memang menarik perhatian banyak klub papan atas Eropa, termasuk duo Manchester; Manchester United dan rivalnya Manchester City, dalam beberapa bulan terakhir.

Bermain sebagai penyerang, banyak pihak yang meyakini bahwa kini dia merupakan salah seorang pemain dengan prospek yang cemerlang di benua biru. Makanya, para pencari bakat dari klub-klub raksasa terus memantau perkembangannya. Dilansir The Sun, pada awal Mei 2017 lalu,pencari bakat dari Manchester City, Sebastian Arnesen rupanya sudah menyaksikan langsung penampilannya.

Pencari bakat yang juga merupakan putra dari mantan Direktur Olahraga Chelsea dan Tottenham Hotspur itu hadir dalam pertandingan uji coba internasional level junior, antara tim nasional Belanda U-15 menghadapi Jerman di Negeri Kincir Angin tersebut pada 4 Mei 2017 lalu. Ketika itu, Brobbey bermain sebagai bomber tim nasional Belanda junior. Meski gagal mencetak gol, namun pemuda yang berorangtuakan asal Ghana namun sudah menetap di Belanda tersebut berhasil menampilkan performa memukau. Pada pertemuan kedua, dua hari kemudian, Brobbey sukses mencetak satu gol.

Sejauh ini, Brobbey sudah mengoleksi empat gol dalam enam penampilannya bersama tim nasional Belanda U-15, sejak mencatatkan debut pada 31 Januari 2017 lalu dalam usia belum genap 15 tahun.

Tiga gol lainnya dicatatkan anak muda ini dalam laga debutnya tersebut, menghadapi tuan rumah Irlandia, juga dalam pertandingan uji coba, dalam kata lain dia sukses mencetak hattrick. Alhasil, timnya pun sukses memenangkan laga tersebut dengan skor telak 5-1. Dalam enam penampilan itu hingga saat ini, Brobbey tampil sebagai starter dalam tiga laga, sedangkan sisanya sebagai pengganti.

Tidak heran jika Brobbey menjadi salah satu prospek terpanas dalam sepakbola remaja di Eropa saat ini, meski pun statistik penampilannya bersama tim akademi Ajax memang belum tercatat. Namun, jagat sepakbola benua biru sudah sangat paham bahwa klub raksasa Belanda tersebut memang dikenal banyak melahirkan pemain top hingga dewasa ini. Beberapa nama penyerang jebolan Ajax malah sudah menjadi legenda, seperti Patrick Kluivert dan Dennis Bergkamp. Dalam laporannya, The Sun pun percaya Brobbey akan terus bersinar dan menembus tim utama dalam dua tahun ke depan.

Jika United berhasil meminangnya, tentu saja Brobbey pun bisa menjadi ujung tombak andalan tim Setan Merah di masa depan, layaknya Zlatan Ibrahimovic yang dulu juga pernah dibesarkan oleh Ajax.

Namun, hingga kini belum diketahui upaya yang telah dilakukan manajemen The Red Devils untuk mengangkut bakat muda kelas atas ini ke Old Trafford. Jika pun berhasil mengikatnya, masih harus menunggu lagi hingga Brobbey berusia 16 tahun, di mana dia sudah bisa mewakili dirinya sendiri, sesuai dengan peraturan yang berlaku di Eropa. Dia akan mengikuti jejak Timothy Fosu-Mensah, Tahith Chong, dan Daishawn Redan, jika benar-benar mendarat di Manchester merah.

Facebook Comments

Written by Ade Marza

Ade Marza

Penikmat kopi dan sepakbola.