in ,

Mengenal Lebih Dekat Calon Bintang United, Josh Harrop

Manchester United menurunkan sejumlah pemain mudanya saat menjamu Crystal Palace pada Minggu, putaran ke 38 Liga Premier pada 21 Mei 2017, dengan salah satu nama pemain yang paling mengesankan, Josh Harrop.

Bermain sejak peluit babak pertama dibunyikan, Josh Harrop dipercaya oleh sang pelatih, Jose Mourinho, untuk menutup penampilan Manchester United di Premier League dengan gemilang. Harrop yang dalam debutnya ini berhasil mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-15.

Melalui web resmi Manchester United, Harrop mengatakan, “Saya selalu memimpikan bahwa ini terjadi, dan saat ini adalah waktu yang tepat untuk mewujudkan mimpi saya tersebut. Saya sangat senang. Berada di atas awan!

“Semua keluarga saya ada di sini, teman-teman saya juga – saya sangat bahagia mereka bisa ikut bergembira bersama saya. Saya sudah berlatih sejak saya berusia delapan tahun untuk momen ini, jadi ketika mimpi saya ini menjadi nyata, saya berada di atas awan, tidak bisa berkata apapun.”

Nama Josh Harrop disebutkan pada konferensi pers sebelum pertandingan oleh Mourinho. Nama baru ini muncul dan semua orang mempertanyakan keputusan yang diambil The Special One, seperti biasa. Pertanyaan sejenis itu terjawab sudah seperempat jam pertama pertandingan yang berlangsung di Old Trafford tersebut. Setelah mendapat umpan dari Paul Pogba, ia melesat dari sisi kanan lini depan United lalu menerobos ke kotak pinalti melewati Martin Kelly dan melesatkan tembakan ke arah kiri penjaga gawang Palace, di mana Hennessey tak mampu menjangkaunya. Pemain kelahiran Stockport ini merayakan gol pertamanya di Liga Premier dengan gaya bertelepon sambil berlari ke sudut lapangan.

Ingin mengenal Josh Harrop lebih jauh? Berikut profil Harrop dan perjalanan singkatnya.

Profil

Harrop terlahir dengan nama  Joshua Andrew Harrop, namun sejak dia bergabung dengan Manchester United dia lebih dikenal dengan nama Josh Harrop. Pria ini lahir di Stockport 21 tahun lalu pada 15 Desember 1995. Sebagai pemain sepak bola professional, dia bermain sebagai gelandang dan bisa diposisikan di tengah dan di sisi kanan dan tengah lini depan.

Latar belakang

Pemuda Inggris tulen ini bergabung dengan Setan Merah secara resmi pada 1 Juli 2014 dengan Manchester United U23. Sebelum itu, dia menjadi salah satu punggawa skuat United U18 sejak 2012. Sejak saat itu dia diasuh oleh Warren Joyce dan berhasil mencatatkan 4 gol dari 11 pertandingan pada musim 2014/2015. Dia selanjutnya dipanggil untuk bermain bersama United U21 musim lalu namun hanya tampil sebanyak 13 kali, terkendala cedera yang dideritanya. Josh Harrop menarik perhatian Jose Mourinho dengan hat-trick yang mengesankan saat berada di tim U23 pada pertandingan melawan Tottenham Hotspur yang berakhir dengan skor 3-2.

Josh Harrop sudah tampil 21 kali bersama Manchester United U23. Selama perjalanannya tersebut, dia berhasil mencetak delapan gol  dan dua asis dari 1.832 menit pertandingan yang dijalaninya. Tiga gol terakhir Harrop ditorehkan saat United menjamu Tottenham di Old Trafford, satu gol saat bertamu di kandang Arsenal, dua gol di kandang Reading, satu gol saat menjamu Liverpool, satu gol di kandang Everton dan satu lagi saat menjamu Derby.

Menurut statistik yang direkam oleh transfermarkt.co.uk, dari 21 kali pertandingan, dia berperan sebagai gelandang serang sebanyak 11 kali dengan produksi 4 gol, 9 kali sebagai gelandang kanan dengan 4 gol, satu kali sebagai penyerang kedua dengan 1 gol dan satu kali sebagai sayap kanan dengan satu gol. Dari data ini bisa ditarik kesimpulan bahwa Harrop mampu menunjukkan performanya secara maksimal saat dia diposisikan sebagai gelandang kanan dan gelandang serang.

Gaya bermain

Selama bermain untuk Manchester United, Harrop merupakan playmaker sejati. Pemain bernomor punggung 43 di tim senior United ini terlihat lebih nyaman saat dia berada di tengah lapangan. Dia merupakan pemain yang cerdas, dia bisa membaca keadaan dengan cepat dan membuat keputusan.

Pemain muda yang satu ini sangat baik sebagai salah satu anggota tim, dia pandai memosisikan dirinya di daerah yang tidak dijaga pemain lawan. Harrop memiliki hasrat mencetak gol yang tinggi, pemain yang mengenakan jersey bernomor 7 di tim U23 ini dengan cepat menembakkan bola ke gawang begitu dia melihat peluang emas. Selain itu, dia juga tak jarang memberi umpan kepada pemain lain saat dia menilai serangan lebih efektif saat pemain lain berada di posisi yang lebih strategis.

Facebook Comments