in

Keroposnya Lini Pertahanan Madrid yang Bisa Dimanfaatkan Manchester United

Setelah lebih dari dua pekan disibukkan dengan tur pramusim, Manchester United bersiap untuk melakoni partai Piala Super Eropa melawan Real Madrid pada Rabu (9/8) dini hari WIB. Laga Ini merupakan pertandingan resmi pertama musim 2017/2018 sekaligus merupakan kesempatan Jose Mourinho untuk menambah trofi lagi setelah Europa League yang diraih musim lalu. Apalagi, Madrid tengah mengalami masalah di lini pertahanan mereka.

Akan tetapi kedua tim datang ke Macedonia dengan situasi yang hampir mirip. Mereka sama-sama sedang menghadapi masalah di lini pertahanan. Iblis Merah kehilangan Eric Bailly dan Phil Jones yang diskorsing UEFA. Bailly dilarang bermain dua laga karena kartu merah melawan Celta Vigo musim lalu sementara Jones terkena hukuman karena tidak mengikuti tes doping pasca mereka mengalahkan Ajax.

Hal ini membuat juara Piala Super Eropa 1991 ini hanya memiliki Victor Lindelof dan Chris Smalling yang berposisi sebagai bek tengah murni. Kemungkinan besar mereka diturunkan dalam skema tiga bek ala Mourinho yang tampaknya akan menjadi pakem permainan United di musim mendatang. Daley Blind berpotensi akan diturunkan menemani dua pemain tersebut sebagai bek tengah ketiga.

Kedatangan Nemanja Matic memperkaya lini tengah United yang membutuhkan sosok pengatur serangan sekaligus pemutus serangan lawan. Kehadirannya tentu diharapkan dapat melindungi tiga bek utama yang dalam beberapa pertandingan pramusim masih suka membuat kesalahan. Selain itu Romelu Lukaku diharapkan bisa membuat gol di pertandingan ini.

Sementara di kubu El Real, performa mereka menuju musim 2017/2018 tidak terlalu baik. Dari empat pertandingan pra musim yang sudah dijalani, hanya satu kemenangan saja yang diraih (itupun lewat adu pinalti melawan MLS All Stars) sementara tiga laga berakhir dengan kekalahan. Lini pertahanan juga menjadi sorotan mengingat mereka kebobolan sembilan gol dari empat pertandingan uji coba.

Dari empat pertandingan tersebut, Zidane sendiri lebih banyak melakukan eksperimen terutama di lini belakang. Pria 44 tahun ini kerap menurunkan pemain utama di babak pertama lalu menurunkan pemain-pemain muda di paruh kedua. Akan tetapi baik pemain utama maupun pemain muda, Si Putih kerap kesulitan untuk menjaga gawang mereka agar tidak kebobolan.

Ketika melawan Barcelona di ICC, Zidane menurunkan kuartet Dani Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos dan Marcelo di lini pertahanan. Namun meski pemain ini kerap menjadi langganan sebagai pemain utama, gawang mereka sudah kebobolan dua kali hanya dalam waktu tujuh menit.

Di babak kedua, Zidane mengganti keempatnya dengan Nacho, Hakimi, Theo, dan Jesus Vallejo, di mana Madrid kembali kebobolan. Hal ini membuktikan bahwa lini pertahanan mereka sedang bermasalah.

Selain itu adaptasi para pemain Real Madrid tergolong lebih lambat dibanding para pemain United. Sergio Ramos baru kembali dari liburan pada akhir Juli. Sementara itu penampilan rekrutan baru El Real macam Jesus Vallejo, Marcos Llorente, Dani Ceballos, serta Theo Hernandez, masih kurang menggigit pasca kembali dari ajang Piala Eropa U-21.

Lini depan Real Madird juga mendapat sorotan. Dari lima gol yang dibuat di pra musim, tiga di antaranya dibuat oleh pemain yang berposisi di lini tengah. Mereka juga berpotensi tanpa Gareth Bale yang masih mengalami cedera. Sementara mega bintang mereka, Cristiano Ronaldo, kemungkinan besar belum akan diturunkan karena baru pekan lalu mengikuti latihan.

Meski datang dengan beberapa persoalan, namun Real Madrid tetaplah tim yang sangat berbahaya. Apalagi dalam laga ini memperebutkan sebuah piala yang otomatis membuat pertandingan tersebut menjadi lebih bergengsi.

Sergio Ramos mengungkapkan bahwa jika pertandingan tersebut memperebutkan sebuah piala maka seluruh pemain Real Madrid akan bekerja keras karena laga tersebut tensinya sangat berbeda. Ia berjanji bahwa penampilan juara La Liga musim lalu akan tampil berbeda menghadapi Manchester United.

Perkiraan Formasi:

MANCHESTER UNITED

De Gea, Lindelof, Smalling, Blind, Valencia, Herrera, Matic, Darmian, Mkhitaryan, Pogba, Lukaku.

REAL MADRID

Navas, Carvajal, Varane, Ramos, Marcelo, Casemiro, Kroos, Modric, Isco, Asensio, Benzema.

Facebook Comments

Written by Ajie Rahmansyah

Ajie Rahmansyah

Penulis yang seumur hidupnya mencintai Manchester United dan Sepakbola