in

Pilih Mana Jose? Eric Dier atau Nemanja Matic?

Eric Dier dan Nemanja Matic menjadi dua pemain yang paling memungkinkan direkrut Manchester United musim ini.

Jose Mourinho masih berusaha membuat racikan tim yang ideal baginya di bursa transfer musim panas ini. Eric Dier dari Tottenham Hotspur dan Nemanja Matic dari sang jawara Premier League musim lalu adalah nama-nama besar yang saat ini kerap muncul berbagai media internasional. Antara Dier dan Matic, manakah yang lebih pas untuk berseragam merah khas Manchester United?

Jose Mourinho gagal menempati posisi terhormat di Premier League musim lalu dengan hanya finis di peringkat keenam. Hasil ini pun membuat Manchester United gagal memasuki kompetisi Eropa. Namun, gelar juara Europa League memberikan tiket otomatis bagi The Red Devils untuk tampil di Liga Champions musim depan.

Berkaitan dengan tanggung jawab yang besar, Mou harus mendapatkan beberapa pemain terbaik level dunia demi menjaga reputasinya sebagai The Special One. Sang manajer diyakini sedang mencari gelandang tambahan demi memaksimalkan rekrutan termahalnya, Paul Pogba, untuk musim mendatang.

Dua pemain tengah yang namanya kerap muncul ialah Eric Dier dan Nemanja Matic. Gelandang kondang asal Tottenham Hotspur dan Chelsea tersebut tentunya memiliki banderol yang memerlukan dana besar untuk mendapatkan tanda tangan mereka. Kedua pemain ini dinilai memiliki biaya transfer sekitar 50 juta paun dan Mourinho diyakini bersedia untuk menggelontorkan dana sebesar itu. Namun, dari kedua pemain andalan klub masing-masing itu, manakah yang lebih cocok berada di Old Trafford?

Bakayoko Direkrut, Nemanja Matic Dipersilakan ke Manchester United?

Di usianya yang ke 28, Nemanja Matic sedang menjalani musim keduanya di Stamford Bridge yang saat itu didatangkan oleh Jose Mourinho sendiri saat dirinya masih memimpin di London Biru dahulu.

Semenjak itu, pemain tim nasional Serbia ini telah berkontribusi secara aktif dalam memenangkan 2 piala liga dalam 3 tahun terakhir. Menurut The Sun, Chelsea diyakini akan segera mendatangkan Tiemoue Bakayoko yang memiliki posisi bermain yang sama dengan Matic.

Hal ini menunjukkan bahwa Matic akan diijinkan untuk pergi dalam waktu dekat. Bila kondisi ini dipadukan dengan hubungan baiknya dengan Mou, tentunya proses transfer akan lebih mudah dilakukan.

Sementara itu, Eric Dier yang masih berusia 23 tahun dan masih berusaha mendapat menit reguler di White Hart Lane dan di level internasional bersama negaranya. Lincah dan cerdas, gelandang ini merupakan aset besar bagi pelatih Spurs Mauricio Pochettino; di masa mendatang, dia akan menjadi pemain bintang di tanah Inggris.

Di musim 2016/2017, whoscored.com mencatatkan statistik yang menyebutkan bahwa Nemanja Matic merupakan gelandang bertahan yang ideal dibandingkan dengan Eric Dier. Meskipun torehan gol Eric lebih banyak dari Matic, pemain asal Serbia-lah yang lebih banyak berkontribusi bagi lini pertahanan dan penyerangan dilihat dari kepemilikan bola, umpan, tekel, dan ancaman. Matic juga dinilai lebih berbahaya oleh musuhnya, hal ini dibuktikan dengan jumlah pelanggaran yang diderita gelandang Chelsea tersebut.

Kedua pemain ini telah berada di Premier League untuk waktu yang cukup lama sehingga mereka tidak perlu lagi untuk beradaptasi dengan liga yang terkenal sangat kompetitif tersebut. Lebih disukai sebagai aset yang bisa bertahan lama di United, sepertinya Dier memiliki kesempatan lebih besar untuk bermain di bawah naungan Old Trafford.

Namun dari segi kematangan, Matic jelas lebih unggul dari Dier. Matic sudah mengetahui apa yang harus dilakukan di lapangan untuk memaksimalkan peran Pogba. Pemain dengan insting bertahan natural tersebut merupakan pesepakbola ideal bagi kebutuhan United.

Pemain Chelsea tersebut bisa berdiri sepanjang pertandingan di daerah pertahanan sambil sesekali membantu penyerangan. Statistik menunjukkan bahwa Matic kerap membantu penyerangan tanpa meninggalkan daerah bermainnya. Namun mungkin Matic hanya berguna dalam beberapa tahun saja. Ketika Matic sudah tidak lagi efektif, United harus kembali mencari gelandang pengganti.

Mungkin saat ini Dier masih harus dibentuk untuk menjadi pemain yang diinginkan Mou. Hal ini berarti Dier belum tentu efektif di beberapa musim pertamanya bersama Setan Merah. Namun setelah mencapai kematangannya, dia akan menjadi salah satu pemain kunci bagi United. Dengan usia yang berjarak satu tahun dengan Pogba, mungkin kedua gelandang ini akan menjadi pasangan emas di masa mendatang.

Menurut Anda, opsi mana yang lebih baik? Dier atau Matic?

Facebook Comments