in

Scouting the Enemy: Leicester City

Manchester United akan berhadapan dengan Leicester City pada pekan ketiga Premier League 2017/2018. Iblis Merah dituntut untuk mempertahankan tren positif yang sudah mereka buat dalam dua laga. Berikut adalah pratinjau singkat untuk laga terakhir bagi kedua kesebelasan sebelum jeda internasional.

Kapan dan di mana laga Manchester United vs Leicester City berlangsung?

Pertandingan akan dilakukan di Old Trafford pada Sabtu 26 Agustus 2017. Laga ini akan menjadi pertandingan terakhir yang berlangsung pada hari Sabtu. Sepak mula dimulai pada pukul 23.30 WIB. Laga yang akan dipimpin oleh wasit Michael Oliver ini bisa Anda saksikan melalui channel Bein Sports 1 dan RCTI.

Bagaimana sejarah singkat Leicester City?

Klub ini didirikan pada tahun 1884 oleh para pemuda dari sekolah Wyggeston School dengan nama Leicester Fosse. Pada 1895 mereka untuk pertama kali bermain pada Divisi Dua sebelum mereka merasakan Divisi Satu pada 1909. Pada musim 1994/1995, mereka merasakan kompetisi Premier League meski harus kembali terdegradasi pada akhir musim. Mereka sempat merasakan gelar Piala Liga pada musim 1996/1997 dan 1999/2000. Akan tetapi setelah prestasi tersebut mereka hanya satu kali bermain di Premier League sebelum kembali promosi hingga 2014.

Pada musim 2014/2015, The Foxes nyaris terdegradasi. Dalam sembilan pertandingan terakhirnya, mereka merebut tujuh kemenangan dan finis di urutan ke-14. Semusim setelahnya, mereka tampil mengejutkan dengan mengakhiri musim sebagai kampiun liga. Gelar pertama mereka setelah 132 tahun berdiri.

Bagaimana prestasi Leicester City musim lalu?

Setelah menjadi juara, mereka justru terperosok ke urutan 12. Mereka memecat Claudio Ranieri dan beberapa kali tampil tidak konsisten dalam beberapa laga. Beruntung, kehadiran Craig Shakespeare menyelamatkan mereka dalam 12 pertandingan pasca pemecatan Ranieri. Selain itu mereka dapat melaju hingga perempat final Liga Champions Eropa sebelum disingkirkan Atletico Madrid.

Siapakah manajer mereka dan bagaimana taktik permainannya?

Berhasilnya Craig Shakespeare menyelamatkan mereka musim lalu membuat ia dihadiahi kontrak permanen oleh manajemen Leicester. Musim ini akan menjadi musim penuh pertamanya berkari sebagai manajer. Sebelumnya karir pria 53 tahun ini lebih banyak menjadi asisten bagi beberapa klub seperti Hull City dan West Bromwich Albion.

Berbicara taktik permainan, satu hal yang harus diwaspadai oleh Manchester United adalah bola-bola silang yang diberikan melalui Riyad Mahrez dan Marc Albrighton di posisi sayap. Pada musim ini, lima gol yang sudah dilesakkan Leicester berasal dari sayap, entah melalui proses bola mati ataupun lewat umpan silang.

Siapa saja pemain kunci kedua kesebelasan?

Pekan lalu Henrikh Mkhitaryan tampil sangat baik dengan memberikan dua asis dalam kemenangan 4-0. Kapten Armenia ini jelas dituntut kreativitasnya dalam membangun serangan Iblis Merah. Selain itu, lini depan United sedikit diuntungkan karena banyak para pemain belakang Leicester yang absen karena cidera seperti Huth dan juga Wes Morgan yang diragukan tampil.

Sementara itu di sisi seberang, Leicester akan tetap mengandalkan Jamie Vardy sebagai sumber gol utama. Ia akan dibantu oleh Riyad Mahrez dan Marc Albrighton di sisi sayap. Jangan lupakan juga Shinji Okazaki yang kerap bergerak di belakang Vardy.

Siapakah yang akan mencuri perhatian?

Setelah tampil bagus pada dua laga sebelumnya, Paul Pogba jelas dituntut untuk bisa mengulangi penampilan apiknya pada laga ini. Leicester menjadi lawan pertama yang bisa dijebol Pogba dalam Premier League musim lalu. Selain itu pemain yang berpeluang mencuri perhatian di kubu Leicester adalah Harry Maguire. Pemain ini tampil sangat baik terutama pada laga terakhirnya ketika mencetak gol menghadapi Brighton.

Bagaimana rekor pertemuan kedua kesebelasan?

Kedua kesebelasan sudah bertemu sebanyak 124 kali. United masih memegang rekor dengan 64 kemenangan berbanding 33 milik Leicester City. Jika mengerucut pada pertemuan pada Premier League, mereka sudah bertemu 22 kali dimana 14 kemenangan milik United berbanding 2 milik Leicester. Musim lalu, mereka bertemu tiga kali yang semuanya berhasil dimenangkan oleh United. Salah satunya adalah kemenangan 2-1 di Wembley pada Community Shield.

Perkiraan Formasi

MANCHESTER UNITED

De Gea, Valencia, Bailly, Jones, Blind, Pogba, Matic, Mkhitaryan, Rashford, Mata, Lukaku

LEICESTER CITY

Schmeichel, Simpson, Maguire, Morgan, Fuchs, Ndidi, Drinkwater, Albrighton, Mahrez, Okazaki, Vardy

 

Facebook Comments

Written by Ajie Rahmansyah

Ajie Rahmansyah

Penulis yang seumur hidupnya mencintai Manchester United dan Sepakbola